Search

YES! TELEFARMASI

Updated: Sep 14, 2021

YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Hello YES Family!

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, mau konsultasi mengenai obat? Tapi ragu-ragu untuk berkunjung ke apotek langsung?


Tenang, Apotek Yes Farma menawarkan SOLUSI!

Sekarang konsultasi obat bisa #dirumahaja lho dengan layanan TELEFARMASI oleh Apoteker Jessica Aryanti dari Apotek Yes Farma! Nah, YES Family boleh bebas bertanya apapun tentang obat, kapanpun, dimanapun, tanpa perlu mengantri, dengan praktis, aman dan mudah dapat segera mendapatkan jawaban tentang obat!


TELEFARMASI DI MASA PANDEMI COVID-19

Sesuai dengan arahan pemerintah mengenai pelayanan kesehatan selama pandemi Covid-19, pelayanan kefarmasian oleh Apoteker secara tatap muka juga perlu dibatasi. Namun pelayanan kefarmasian masih tetap harus berjalan untuk memenuhi kebutuhan pasien melalui pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi. 


Pelayanan Kefarmasian di Era Digitalisasi

Pelayanan kefarmasian oleh Apoteker merupakan bagian penting dari pelayanan kesehatan. Apoteker sering menjadi kontak paling pertama dalam upaya memperoleh pelayanan kesehatan, terutama untuk pasien yang melakukan pengobatan secara mandiri. 


Apa itu Telefarmasi?

Telefarmasi merupakan bentuk dari pelayanan kefarmasian dimana Apoteker dan Pasien tidak berada di lokasi yang sama namun dapat berinteraksi menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. 


Pelayanan kefarmasiaan yang umum diberikan melalui telefarmasi antara lain :

  1. Skrining order obat

  2. Penyiapan obat

  3. Peracikan obat

  4. Pelayanan informasi obat

  5. Konseling tentang obat

  6. Pemantauan terapi obat

Manfaat Teknologi Telefarmasi dalam Pelayanan Kefarmasian

Salah satu manfaat utama adalah bahwa banyak daerah terutama yang terpencil yang tidak memiliki akses ke pelayanan farmasi atau apoteker akan menikmati layanan karena pengenalan layanan telefarmasi ini. Telefarmasi adalah salah satu cara yang akan dinikmati oleh banyak orang yang tinggal di daerah terpencil terutama jika Yes Family tidak mampu mendapatkan ahli dasar dalam perawatan farmasi sehingga mengurangi biaya perjalanan ke tempat lain untuk layanan yang sama. Pasien juga di konseling, dan pemberian obat dipantau dari waktu ke waktu sehingga memastikan obat-obatan sedang digunakan. Setiap fasilitas yang dekat dengan titik pemberian layanan akan mendapat manfaat dengan mendapatkan apoteker lain sehingga meminimalkan biaya mempekerjakan karyawan penuh waktu. Karena permintaan untuk memberikan layanan, kadang-kadang mungkin sulit untuk mendapatkan seseorang yang memenuhi syarat untuk mengirimkan informasi yang dibutuhkan secara menyeluruh. Ini mendorong kesalahan yang dibuat ketika memberikan layanan kepada penduduk setempat karena mereka hanya akan mendapatkan seseorang dengan pengetahuan yang kurang tentang pekerjaan. Banyak pasien tidak akan menerima informasi yang diperlukan sehingga menghambat mereka untuk lebih memahami masalah kesehatan.


Pemanfaatan Teknologi dalam Pelayanan Kefarmasian

Dalam pemanfaatan teknologi dibagi menjadi dua yaitu, peluang dan ancaman dalam pelayanan kefarmasian.

  • PELUANG

  1. Efisiensi dalam waktu dan biaya

  2. Memperluas jangkauan pelayanan

  3. Fleksibilitas dalam pelayanan

  4. Cakupan area Apotek menjadi lebih luas 


  • ANCAMAN

  1. Aspek legal

  2. Cyber Crime (Penyalahgunaan Data)

  3. Operator error (jaringan dan perangkat)

  4. Error

  5. Misuse (penyalahgunaan)

  6. Abuse of Medication (penyalahgunaan obat)

Regulasi Pelayanan Telefarmasi

Layanan telefarmasi harus bekerja sama dengan profesi kefarmasian dan memastikan asuhan kerfarmasian berlaku sesuai dengan standar, antara lain :

  1. Resep elektronik ditulis oleh dokter dan bisa digunakan hanya untuk 1 (satu) kali pelayanan resep dan tidak boleh diulang (iter) tanpa persetujuan dari dokter.

  2. Pelayanan resep elektronik dilaksanakan oleh Apoteker dengan mengacu pada standar pelayanan kefarmasian pada masing-masing jenis fasilitas pelayanan kefarmasian.

  3. Pengantaran dilakukan melalui jasa pengantaran atau penyelenggara sistem elektronik kefarmasian dengan memenuhi unsur keamanan dan kerahasiaan.

  4. Apoteker pada fasilitas pelayanan kefarmasian yang menerima resep elektronik wajib menyampaikan informasi sediaan farmasi kepada pasien secara tertulis atau melalui sistem elektronik.


Syarat Pengantaran Telefarmasi

  • Menjamin keamanan dan mutu sediaan farmasi diantar

  • Memastikan sediaan farmasi, alat kesehatan dan suplemen kesehatan yang diantarkan sampai ketempat yang dituju

  • Menjaga kerahasiaan pasien dengan mengirimkan obat dalam wadah yang tersegel, tertutup, dan tidak tembus pandang

  • Mendokumentasikan serah terima sediaan farmasi, alat kesehatan dan suplemen kesehatan 

  • Pengantaran melengkapi dengan dokumen pengantaran dan nomor telepon yang dapat dihubungi

Pemanfaatan Telefarmasi di Indonesia

Peluang dari pemanfaatan teknologi telefarmasi ini cukup besar di wilayah Indonesia yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. Telefarmasi ini diterapkan agar dapat membantu pelayanan farmasi menjadi lebih baik. Teknologi telefarmasi di dalamnya menggunakan media fitur chat atau video call sehingga sudah pasti membutuhkan jaringan internet yang stabil sehingga pelayanan farmasi melalui telefarmasi bisa optimal. Kini, di Indonesia telah tersedia aplikasi buatan Indonesia yang berfungsi seperti layaknya telefarmasi seperti Halodoc, MOS Health dan GoApotik. Aplikasi tersebut dapat menghubungi ahli pelayanan kefarmasian yang profesional yang mendapatkan Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek. Dengan adanya aplikasi telefarmasi tentu akan membantu Yes Family untuk mengatasi masalah kesehatan. Dengan begitu, kini Apotek Yes Farma telah tersedia fitur telefarmasi untuk membantu Yes Family dalam mengatasi masalah kesehatan seperti alergi, demam, pilek, atau masalah kesehatan lainnya. Yes Family dapat berkonsultasi dengan Apoteker Apotek Yes Farma melalui aplikasi telefarmasi, yaitu :

  • Halodoc

  • Goapotik

  • MOS Health

  • Tokopedia

  • Via fitur live chat pada www.apotekyesfarma.com

  • Via Chat Whatsapp

  • Via Telepon atau Video Call

Penerapan pelayanan telefarmasi dapat berupa pemberian informasi obat berikut dengan makanan atau minuman dan aktivitas yang disarankan atau juga dihindari saat sedang mengkonsumsi obat, layanan konseling mengenai masalah kesehatan kepada pasien, serta pemantauan kepatuhan pasien serta efek terapinya. Dengan begitu Yes Family dapat berkonsultasi dengan Apoteker Apotek Yes Farma melalui aplikasi fitur di atas tanpa harus bertemu langsung dengan Apoteker Apotek Yes Farma.


Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.


YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

PENUHI KEBUTUHAN MULTIVITAMIN YES FAMILY!

Bagus untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh & membantu mempercepat pemulihan!

Saran jadwal minum multivitamin setiap hari:

✅ 1 butir Vit D3-1000 sesudah makan PAGI

✅ 1 butir Hevit Plus sesudah makan SIANG

✅ 1 butir Hevit C sesudah makan MALAM


Mengandung kombinasi multivitamin yang memenuhi kebutuhan multivitamin harian:

✅ Vitamin C - 1000 mg

✅ Vitamin D3 - 1000 IU

✅ Zinc - 20 mg

✅ Vitamin E - 30 IU

✅ Vitamin B1 - 15 mg

✅ Vitamin B6 - 25 mg

✅ Vitamin B12 - 40 mcg

Harga Paket Multivitamin = Rp 55.000

(masing² 1 strip untuk diminum selama 10 hari)

Terima kasih!

Semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh, sehat selalu.


Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

1,849 views0 comments

Recent Posts

See All