Search

Agar Jantung Tetap Sehat? CERDIK!

Updated: Sep 10, 2021

YES! REMINDER : HARI JANTUNG SEDUNIA


Jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti. Jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, sudah seharusnya YES Family menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusaknya.


Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat, dianjurkan juga untuk rutin olahraga, menjaga berat badan ideal, dan tidak merokok. Hal ini karena beberapa langkah tersebut merupakan metode yang efektif untuk membantu fungsi jantung.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Perilaku CERDIK

Kementerian Kesehatan mengajak YES Family semua untuk melakukan perubahan sederhana dalam aktivitas sehari-hari dengan melakukan perilaku CERDIK, yaitu :

  • C : Cek Kesehatan Rutin

  • E : Enyahkan Asap Rokok

  • R : Rajin Aktivitas Fisik

  • D : Diet Seimbang

  • I : Istirahat Cukup

  • K : Kelola Stress

Agar jantung YES Family tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, ikuti beberapa tips menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan perilaku CERDIK seperti berikut ini :


Enyahkan Asap Rokok

Jangan merokok! Jika terlanjur, berhentilah!

Merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok sendiri, namun orang-orang disekitar YES Family yang menghirup asap rokok juga lebih beresiko mengalami penyakit tersebut. Dalam jangka waktu setahun setelah YES Family berhenti merokok, risiko serangan jantung akan menurun hingga setengahnya dibandingkan dengan orang yang masih aktif menggunakan rokok.

Rajin Aktivitas Fisik

Tetap Aktif!

Usahakan untuk YES Family aktif secara fisik atau rutin berolahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan bisa menjadi sarana penghilang stress juga. Sempatkan waktu YES Family untuk melakukan olahraga selama 90-150 menit setiap minggunya. Salah satu cara mencapai target ini dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam 3-5 hari seminggu. Pilihan olahraga ini dapat berupa jalan kaki, jogging atau sekedar naik turun tangga.

Diet Seimbang (1)

Atur Berat Badan!

Menjaga berat badan sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan jantung YES Family. Selain itu juga, menjadi terlalu gemuk atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit jantung. Pilihlah pola diet atau makan YES Family yang sehat, seimbang, rendah lemak, gula dan garam. Salah satunya YES Family dapat mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran (makanan berserat) yang dapat dikombinasikan sesuai dengan selera YES Family. Selain itu juga, rutin untuk mengontrol Body Mass Index secara berkala.

Diet Seimbang (2)

Makan Lebih Banyak Serat!

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membantu menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung. Serat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang dan sereal. Penuhilah kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari atau juga 2-3 porsi dalam sehari. Perlu YES Family perhatikan juga bahwa konsumsi makanan berserat juga seharusnya dilakukan secara bertahap. Sebaiknya jangan makan sayuran dalam jumlah banyak sekaligus. Saat mengonsumsi serat, minumlah lebih banyak air putih untuk melancarkan pencernaan.

Diet Seimbang (3)

Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh!

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah secara otomatis akan meningkatkan risiko terkenanya penyakit jantung. Pilihlah produk daging yang rendah lemak dan susu low fat. Ubah cara memasak dari menggoreng dengan minyak menjadi memanggang, merebus dan mengukus.

Diet Seimbang (4)

Kurangi Konsumsi Garam!

Untuk menjaga tekanan darah agar tetap sehat, hindari pemakaian garam di meja makan atau gunakan sedikit garam pada masakan. Perlu diperhatikan juga kadar garam pada makanan siap santap, karena hampir semua garam yang dikonsumsi berasal dari makanan yang YES Family beli. Selalu periksa label pada makanan terutama makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi jika memiliki lebih dari 1.5 gram (0.6 gram sodium) per 100 gramnya.

Diet Seimbang (5)

Konsumsi Ikan!

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu pembentukan sel-sel darah dan jantung, menyehatkan sistem peredaran darah dengan melancarkan sirkulasi darah. Konsumsi ikan paling tidak 2 kali dalam seminggu, usahakan satu porsi ikan yang kaya minyak ikan. Ikan-ikan seperti makarel/tenggiri, sarden, tuna dan salmon merupakan sumber lemak omega-3.

Menjaga kesehatan jantung dapat dimulai dengan membiasakan gaya hidup sehat. Selain beberapa tips di atas, YES Family juga disarankan untuk mengelola stress dan memeriksakan kesehatan secara rutin ke dokter/fasilitas kesehatan agar kesehatan jantung YES Family tetap terjaga dan terpantau.

DAILY HEALTHY HEART CHECKLIST :

  1. Minum air putih

  2. Konsumsi buah 2-3 porsi

  3. Konsumsi sayur 3-5 porsi

  4. Aktivitas fisik minimal 30 menit

  5. Stretching

  6. Senyum & tertawa

  7. Tidur selama 7-8 jam

Pada dasarnya, selain menjaga kesehatan dengan membiasakan gaya hidup sehat YES Family juga perlu mencatat daftar periksa jantung sehat secara harian supaya YES Family dapat memantau kesehatan jantung lebih dini. Dengan menerapkan gaya hidup sehat penting juga untuk menjaga ketenangan tubuh dan pikiran sehingga YES Family bisa terhindar dari stress. Coba luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Atau bisa juga menyalurkan pada meditasi, yoga atau sekadar menenangkan diri jika ada kesempatan.



PENUHI KEBUTUHAN MULTIVITAMIN YES FAMILY!

Bagus untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh & membantu mempercepat pemulihan!

Saran jadwal minum multivitamin setiap hari:

✅ 1 butir Vit D3-1000 sesudah makan PAGI

✅ 1 butir Hevit Plus sesudah makan SIANG

✅ 1 butir Hevit C sesudah makan MALAM


Mengandung kombinasi multivitamin yang memenuhi kebutuhan multivitamin harian:

✅ Vitamin C - 1000 mg

✅ Vitamin D3 - 1000 IU

✅ Zinc - 20 mg

✅ Vitamin E - 30 IU

✅ Vitamin B1 - 15 mg

✅ Vitamin B6 - 25 mg

✅ Vitamin B12 - 40 mcg

Harga Paket Multivitamin = Rp 55.000

(masing² 1 strip untuk diminum selama 10 hari)

Terima kasih!

Semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh, sehat selalu.


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Semoga layanan dan fasilitas ini dapat mempermudah YES Family dalam mengakses produk kesehatan dengan lebih nyaman, aman dan praktis!


Say YES to a healthier you!



Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner



Special thanks to :

Art → apt. Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

37 views0 comments

Recent Posts

See All