Search

WASPADA DEMAM BERDARAH!

Updated: Jun 22

#WASPADADEMAMBERDARAH

Hello, YES Family!

Sudah masuk musim hujan ya... Yuk, lebih waspada terhadap penyakit-penyakit yang biasa menyerang di musim hujan ini. Salah satunya ialah DEMAM BERDARAH.

APA ITU DEMAM BERDARAH?

Demam berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus.


Apa saja fase Demam Berdarah?

Pasien DBD biasanya akan mengalami 3 fase, mulai dari gejala muncul untuk pertama kalinya hingga pemulihan. Berikut adalah ketiga fase demam berdarah tersebut :


1. Fase Demam (Febrile Phase)

Fase demam adalah fase pertama demam berdarah yang terjadi segera setelah virus mulai menginfeksi. Gejala paling khas yang muncul adalah demam tinggi hingga 40 derajat celcius yang muncul tiba-tiba biasanya berlangsung selama 2-7 hari. Selain itu juga, gejala yang biasanya muncul seperti munculnya ruam kemerahan khas demam berdarah pada seluruh badan dan wajah, nyeri dan infeksi tenggorokan, penurunan nafsu makan, hingga mual dan muntah. Gejala awal inilah yang menyebabkan penurunan jumlah sel darah putih dan trombosit. Maka selama fase pertama ini, YES Family dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih dan mencukupi cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

2. Fase Kritis (Critical Phase)

Setelah melewati fase demam, banyak diantara YES Family merasa dirinya telah sembuh karena suhu tubuhnya mulai turun. Padahal justru fase ini yang sangat berbahaya, karena kemungkinan bisa terjadi kebocoran dan pendarahan plasma darah yang akan menyebabkan syok dan berpotensi mengancam nyawa. Fase kritis dapat terjadi 3-7 hari sejak demam. Pada fase ini pasien dapat mengalami penurunan tekanan darah yang drastis serta pendarahan pada kulit, hidung dan gusi.

3. Fase pemulihan (Recovery Phase)

Apabila YES Family telah melewati fase kritis, umumnya akan kembali mengalami demam. Namun, tidak perlu khawatir fase ini merupakan tanda-tanda bahwa demam berdarah mulai sembuh. Masa penyembuhan demam berdarah juga dapat dilihat dari peningkatan nafsu makan, sakit perut mereda, jumlah trombosit dan sel darah putih akan kembali normal.

TAHUKAH ANDA?

YES Family perlu tahu nyamuk Aedes Aegypti lebih suka menggigit pada siang atau pagi hari.

BAGAIMANA CARA PENULARANNYA?

Penularan DBD terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus betina yang sebelumnya telah membawa virus. Nyamuk biasanya bertelur di sekitar genangan air yang bersih seperti wadah penampungan air. Ketika di siang atau malam hari, nyamuk ini berburu makanan dengan menggigit manusia. Nah, jika nyamuk terinfeksi virus akan berpindah ke manusia melalui gigitan.

TANDA DAN GEJALA

Tanda-tanda dan gejala demam berdarah mungkin akan bervariasi pada setiap pasien, tergantung pada tingkat keparahan serta fase DBD yang dilewati. Pada umumnya, gejala demam berdarah akan muncul dalam waktu 4-10 hari setelah YES Family digigit nyamuk pertama kali. Berikut adalah tanda dan gejala DEMAM BERDARAH, diantaranya :

  1. Demam tinggi hingga 40 derajat celcius yang berlangsung hingga 5-7 hari.

  2. Sakit kepala parah, nyeri di belakang mata, nyeri pada sendi dan tulang.

  3. Mual dan muntah.

  4. Munculnya ruam pada kulit.

  5. Penurunan jumlah sel darah putih dan penurunan trombosit.

  6. Kadang terjadi pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, pendarahan saluran cerna, kencing berdarah dan pendarahan berat saat menstruasi.

  7. Pembengkakkan kelenjar getah bening.

  8. Nafsu makan menurun.


CARA PENANGANAN

Pengobatan DBD disesuaikan dengan kondisi setiap pasien, baik dirawat di rumah atau di opname. Ada baiknya, lakukan hal-hal berikut sebagai penanganan awal untuk mencegah agar tidak semakin parah :

  • Memberikan cairan dalam jumlah banyak, seperti oralit

  • Kompres agar panasnya turun dan memberikan obat penurun panas

  • Minum suplemen dan vitamin serta konsumsi makanan yang sehat

  • Istirahat yang cukup

  • Jika demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat

  • Jika tidak bisa makan atau muntah terus menerus dan kondisi bertambah parah, segera bawa ke rumah sakit

BAGAIMANA UPAYA PENCEGAHAN DBD?

Kasus demam berdarah terjadi karena perilaku hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah merebaknya wabah DBD, salah satu caranya adalah dengan melakukan gerakan 3M, yaitu :

1) Menguras

Menguras merupakan kegiatan membersihkan atau menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, toren air, drum, vas bunga. Dinding bak maupun penampungan air sebaiknya digosok untuk membersihkan dan membuang telur nyamuk yang menempel pada dinding tersebut. Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan menguras ini harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan ditempat kering selama 6 bulan.

2) Menutup

Menutup merupakan kegiatan menutup rapat semua penampungan air seperti bak mandi dan drum, yang dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk diantaranya nyamuk Aedes Aegypti.

3) Mengubur

Mengubur dan memusnahkan barang bekas yang ada disekitar rumah dengan menguburnya di dalam tanah agar tidak membuat lingkungan semakin kotor dan dapat menjadi sarang nyamuk.

Jangan lupa juga terapkan plusnya!

Bentuk upaya pencegahan tambahan, diantaranya :

  1. Pasang kasa nyamuk di pintu dan jendela dan menggunakan krim anti nyamuk, boleh juga menggunakan minyak sereh untuk mencegah YES Family digigit nyamuk pada saat akan tidur.

  2. Gunakan semprotan anti nyamuk, terutama di kolong meja, tempat tidur dan di belakang furniture.

  3. Oleskan lotion anti nyamuk pada kulit ketika berdiam di tempat yang terbuka.

  4. Biarkan matahari masuk ke dalam rumah.

  5. Bersihkan secara rutin semua tirai dan karpet yang dapat mengumpulkan debu, karena nyamuk suka bersembunyi ditempat yang berdebu.

  6. Jika memiliki kebun, tanaman tumbuh-tumbuhan berbau yang tidak disukai nyamuk misalnya serai, lavender dan kemangi.

  7. jangan biarkan baju dan handuk menggantung terlalu lama. Handuk dan baju kotor merupakan tempat yang digemari nyamuk.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI

Jika sudah melakukan pencegahan dan pengobatan sendiri di rumah, tetapi demam berdarah masih menyerang dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera kunjungi dokter untuk memeriksakan diri. Penanganan sedini mungkin akan membantu mencegah munculnya gejala lebih parah.


YES Family, ayo kita selalu menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan! Tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan!!



YES! PAKET MULTIVITAMIN

Bagus untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh & membantu mempercepat pemulihan!

Saran jadwal minum multivitamin setiap hari:

✅ 1 butir Vit D3-1000 sesudah makan PAGI

✅ 1 butir Hevit Plus sesudah makan SIANG

✅ 1 butir Hevit C sesudah makan MALAM


Mengandung kombinasi multivitamin yang memenuhi kebutuhan multivitamin harian:

✅ Vitamin C - 1000 mg

✅ Vitamin D3 - 1000 IU

✅ Zinc - 20 mg

✅ Vitamin E - 30 IU

✅ Vitamin B1 - 15 mg

✅ Vitamin B6 - 25 mg

✅ Vitamin B12 - 40 mcg

HARGA PROMO

YES! Paket Multivitamin = Rp 50.000

(masing² 1 strip untuk diminum selama 10 hari)


Terima kasih banyak!

Semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh, sehat selalu.


Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner

SehatQ partner

Special thanks to :

Design apt. Jesslyn Aryanti
Article Friska Ayuningtyas
Editor apt. Jessica Aryanti
17 views0 comments

Recent Posts

See All