Search

Agar Patuh Minum Obat? CERDAS!

YES! REMINDER : HARI APOTEKER SEDUNIA

Kepatuhan pasien dalam minum obat (patient compliance) memegang peranan yang sangat penting untuk tercapainya tujuan pengobatan. Apabila YES Family tidak patuh dalam menjalankan pengobatan yang sesuai dengan petunjuk profesional medis, maka akan berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan, khususnya bagi para YES Family yang memiliki penyakit kronis seperti gagal jantung, diabetes (gula darah tinggi), hipertensi (tekanan darah tinggi), dislipidemia (kolesterol tinggi), gagal ginjal.

Apa itu Ketidakpatuhan Minum Obat?

Ketidakpatuhan minum obat (non compliance) merupakan kondisi terjadinya kegagalan pasien untuk mengikuti aturan penggunaan obat dengan tepat sesuai anjuran dokter. Seorang pasien dapat dianggap patuh minum obat ketika mampu menjalankan rangkaian terapi pengobatan sesuai anjuran dokter, seperti mengonsumsi obat secara rutin, mematuhi jadwal kunjungan selanjutnya, dan tidak menghentikan atau mengubah pengobatan tanpa persetujuan dokter.

Apa saja Dampak Ketidakpatuhan Minum Obat?

  • Kondisi medis atau penyakit mengalami perburukan

  • Biaya perawatan yang meningkat akibat perburukan atau komplikasi penyakit

  • Pada sebagian kasus dapat berakibat fatal, bahkan menyebabkan kematian


Cara Minum Obat yang Tepat

Pada saat akan mengonsumsi obat pastikan YES Family mengonsumsi obat tersebut sudah tepat. Dalam artian, tepat dosis, tepat waktu, dan tepat cara penggunaanya seperti dibawah ini :


Patuhi Jadwal Minum Obat

Obat umumnya diberikan dengan beberapa jenis aturan pakai, misalnya 3 kali sehari. Hal ini berarti obat diminum setiap 8 jam sekali dalam sehari. Jika YES Family lupa mengonsumsi obat disarankan untuk segera mengonsumsi obat bila jeda jadwal minum obat berikutnya tidak terlalu dekat. Namun jika jedanya sudah dekat, maka konsumsilah obat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat. Selain itu, beberapa jenis obat ada yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum, setelah atau bersamaan dengan waktu makan. Maka pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat tersebut agar obat dapat bekerja dengan efektif.

Gunakan Weekly Pillbox

Agar mudah dalam mengonsumsi obat setiap harinya, sebaiknya YES Family menggunakan weekly pill box agar tidak terlewatkan jadwal minum obat.

Pakai Reminder Alarm

Untuk membantu YES Family mengingat waktu saat mengonsumsi obat, YES Family bisa memanfaatkan smartphone sebagai pengingat minum obat yang tepat.

Tanyakan pada Apoteker

Apabila YES Family masih kurang mengerti mengenai bagaimana cara mengonsumsi obat, sebaiknya YES Family menanyakan kepada Apoteker yang berada di Apotek Yes Farma. Supaya saat YES Family akan mengonsumsi obat tersebut sesuai dosis yang sudah ditentukan oleh dokter.

Cara Cerdas Minum Obat "Tanya 5 O"

Kementerian Kesehatan telah mempromosikan tagline "tanya lima O". Melalui tagline ini diharapkan YES Family dapat lebih aktif lagi mencari informasi tentang obat, baik kepada tenaga kesehatan khususnya tenaga farmasi, maupun dari sumber informasi lainnya yang valid dan terpercaya, seperti kemasan obat atau referensi resmi. “Tanya Lima O” merupakan 5 pertanyaan minimal yang harus terjawab sebelum menggunakan obat, yaitu:


1. OBAT ini apa NAMA dan KANDUNGANnya?

YES Family hendaknya mengetahui dan mengenali jenis obat apa yang akan dikonsumsi. Diharapkan dapat memahami obat tersebut termasuk obat generik atau bukan, termasuk golongan obat keras atau obat bebas, dan apa kandungan obat tersebut. Jika obat menggunakan nama dagang, diharapkan YES Family memahami bahwa beberapa nama dagang yang berbeda memiliki kandungan yang sama, sehingga YES Family memahami bahwa khasiat obat ditentukan oleh zat berkhasiat yang isi kandungannya sama.


2. OBAT ini apa KHASIATnya?

Tujuan suatu pengobatan dengan menggunakan obat tertentu dapat tercapai jika obat yang diberikan sudah sesuai dengan indikasi atau penyakit yang YES Family rasakan. Selain itu juga, diharapkan dapat memahami indikasi atau khasiat dari obat yang dikonsumsi.


3. OBAT ini berapa DOSISnya?

Efek yang dihasilkan oleh suatu obat di dalam tubuh, juga tergantung pada dosis yang digunakan. Obat yang diberikan dengan dosis berlebih dapat melampaui ambang batas keamanan, sedangkan dosis yang diberikan kurang dapat menyebabkan efek terapi tidak akan tercapai. YES Family dapat mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.


4. OBAT ini bagaimana cara MENGGUNAKANNYA?

Ada berbagai bentuk sediaan obat yang digunakan sesuai dengan tujuannya. Obat yang digunakan melalui mulut (oral), hendaknya tidak digunakan melalui bagian lain misalnya pada kulit. Sebaliknya, obat luar yang digunakan tidak melalui mulut harus sesuai dengan cara penggunaannya. Misalnya obat suppositoria digunakan melalui anus, sebaiknya tidak boleh ditelan. Obat juga hendaknya digunakan pada durasi waktu yang sama dalam satu hari. Misalnya obat yang harus digunakan 3 kali sehari, seharusnya digunakan setiap 8 jam setiap harinya. Hal ini untuk memastikan obat tersedia dalam darah dengan kadar yang merata dalam satu hari. Dengan demikian efek pengobatan yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan.


5. OBAT ini apa EFEK SAMPINGnya?

Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping tertentu yang seringkali tidak diharapkan. Ada efek samping yang sering terjadi seperti mengantuk sehingga harus menghindari berkendara jika sedang mengonsumsi obat tersebut, atau ada juga mengiritasi lambung sehingga harus digunakan setelah makan. YES Family hendaknya waspada terhadap efek samping obat, jika YES Family merasakan ada efek samping pada saat mengonsumsi obat tersebut, maka segera hentikan dan segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terdekat.

Pentingnya untuk menghabiskan obat yang sudah diresepkan oleh dokter dan jangan mendadak berhenti mengonsumsi obat rutin tanpa seizin dari dokter, meskipun YES Family sudah merasa lebih sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah gejala penyakit muncul kembali. Bila YES Family masih bingung dengan cara minum obat yang baik atau belum memahami aturan obat yang sedang dikonsumsi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker, ya.


PENUHI KEBUTUHAN MULTIVITAMIN YES FAMILY!

Bagus untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh & membantu mempercepat pemulihan!

Saran jadwal minum multivitamin setiap hari:

✅ 1 butir Vit D3-1000 sesudah makan PAGI

✅ 1 butir Hevit Plus sesudah makan SIANG

✅ 1 butir Hevit C sesudah makan MALAM


Mengandung kombinasi multivitamin yang memenuhi kebutuhan multivitamin harian:

✅ Vitamin C - 1000 mg

✅ Vitamin D3 - 1000 IU

✅ Zinc - 20 mg

✅ Vitamin E - 30 IU

✅ Vitamin B1 - 15 mg

✅ Vitamin B6 - 25 mg

✅ Vitamin B12 - 40 mcg

Harga Paket Multivitamin = Rp 55.000

(masing² 1 strip untuk diminum selama 10 hari)


Terima kasih!

Semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh, sehat selalu.


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Semoga layanan dan fasilitas ini dapat mempermudah YES Family dalam mengakses produk kesehatan dengan lebih nyaman, aman dan praktis!


Say YES to a healthier you!



Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner



Special thanks to :

Art → apt. Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

20 views0 comments

Recent Posts

See All