Search

CERDAS BER-SWAMEDIKASI

YUK CERDAS BER-SWAMEDIKASI!

Apa itu Swamedikasi?

Swamedikasi berarti mengobati segala keluhan pada diri sendiri dengan obat-obat sederhana yang dapat dibeli bebas di Apotek atas inisiatif sendiri (tanpa nasihat dokter). Penggunaan obat yang sesuai dengan aturan dan kondisi YES Family akan mendukung penggunaan obat yang tepat. Pengobatan sendiri pun harus sesuai dengan kondisi yang sedang dialami dan sebaiknya difasilitasi oleh apoteker atau profesional kesehatan lainnya yang siap melayani di Apotek.

Tahukah YES Family??

66% orang sakit di Indonesia melakukan swamedikasi sebagai usaha pertama dalam menanggulangi suatu penyakit. Apalagi dalam masa pandemi seperti saat ini, yuk lebih bijak dan cerdas dalam menerapkan swamedikasi demi pengobatan yang aman, efektif dan berkualitas!

Penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas dalam pengobatan sendiri (swamedikasi) harus mengikuti prinsip penggunaan obat secara umum, yaitu penggunaan obat secara aman dan rasional. Swamedikasi yang bertanggung jawab membutuhkan produk obat yang sudah terbukti keamanan, khasiat dan kualitasnya, serta membutuhkan pemilihan obat yang tepat sesuai dengan indikasi penyakit dan kondisi pasien.

Ayo Cek!!

Apakah YES Family pernah melakukan kesalahan ini pada saat swamedikasi?

  • KESALAHAN 1 : Membeli obat keras tanpa resep dari dokter (yang bukan termasuk Daftar Obat Wajib Apotek dan tidak diserahkan oleh apoteker).

  • KESALAHAN 2 : Mengonsumsi obat dengan makanan atau minuman yang dapat menghilangkan khasiat obat (dapat menyebabkan interaksi obat).

  • KESALAHAN 3 : Mengonsumsi obat dengan jangka yang panjang (tanpa pemantauan dari dokter atau profesional medis lainnya).

  • KESALAHAN 4 : Mengonsumsi obat dengan dosis lebih dari yang seharusnya (overdosis dapat menyebabkan efek samping dan keracunan obat).


Terdapat cara cerdas berswamedikasi yang harus diperhatikan antara lain :

  • Penggunaan obat tidak digunakan untuk terus menerus.

  • Gunakan obat sesuai dengan anjuran yang tertera pada etiket ataupun brosur.

  • Apabila YES Family setelah mengonsumsi obat tersebut, namun menimbulkan reaksi alergi maka sebaiknya hentikan penggunaan obat tersebut dan segera untuk konsultasikan dengan dokter ataupun apoteker.

  • Hindari menggunakan obat orang lain walaupun gejala penyakit yang dirasakan sama.

Inti dari swamedikasi adalah pemilihan dan penggunaan obat dari diri sendiri, untuk diri sendiri sebagai langkah awal mengatasi gejala penyakit. Apotek merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang berperan penting dalam swamedikasi. Jika ada yang ingin didiskusikan dalam pemilihan obat swamedikasi, jangan sungkan untuk bertanya kepada Apoteker Apotek Yes Farma. Sebagai seorang profesional kesehatan dalam bidang kefarmasian, Apoteker mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan bantuan, nasehat dan petunjuk kepada masyarakat yang ingin melakukan swamedikasi, agar dapat melakukannya secara bertanggung jawab.


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan, vitamin, suplemen dan kesehatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

Design → Jesslyn Aryanti

109 views0 comments

Recent Posts

See All