Search

FAQ tentang Gizi

Updated: Jan 21, 2021

Frequently Asked Questions (FAQ) tentang Gizi:

1. Apa itu Body Mass Index?

2. Bagaimana cara membaca Label Informasi Nilai Gizi?

3. Bagaimana Cara Memakai Tangan untuk Mengukur Takaran Makanan?

Yuk mari kita jawabannya berikut ini!


1. Apa itu Body Mass Index?

Body Mass Index (BMI)

Body mass index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan salah satu cara untuk mengetahui rentang berat badan ideal YES Family dan memprediksi seberapa besar risiko gangguan kesehatan YES Family. Indeks Massa Tubuh alias BMI membandingkan berat badan dengan tinggi badan YES Family dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Misalnya, YES Family ingin mencari tahu apakah YES Family normal atau obesitas. YES Family memiliki berat badan 80 kilogram dan tinggi 1,75 m (175 centimeter). Pertama, kali kan tinggi badan dalam kuadrat: 1,75 x 1,75 = 3,06. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 80/3,06 = 26,1. Terakhir, bandingkan angka BMI Anda (26,1) dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini:

  • Di bawah 18,5 = Berat badan kurang

  • 18,5 – 22,9 = Berat badan normal

  • 23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)

  • 30 ke atas = obesitas


*Jangan Terlalu Mengandalkan Body Mass Index

BMI memang bisa dijadikan patokan agar seseorang waspada terhadap berat badan yang tidak normal. Salah satu kelemahan perhitungan BMI adalah hasil BMI ini bersifat umum. BMI juga tidak bisa memperhitungkan jumlah dan distribusi lemak tubuh yang penting untuk mengukur risiko YES Family terhadap berbagai penyakit kronis. Selain itu, BMI tidak bisa untuk memperhitungkan perbedaan etnis dan jenis kelamin (wanita cenderung memiliki massa lemak lebih banyak daripada pria), usia, tingkat aktivitas fisik, komposisi tubuh (berapa banyak perbandingan otot dan lemak tubuh), dan ukuran pinggang (lingkar pinggang di atas rata-rata adalah indikator lain dari obesitas dan risiko penyakit terkait). Artinya, BMI tidak sepenuhnya mewakili diagnosis menyeluruh dari kesehatan tubuh dan risiko penyakit YES Family. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter tentang risiko dan kekhawatiran Yes Family mengenai kondisi kesehatan terkait dengan berat badan YES Family.

Pentingnya Menjaga Berat Badan

Terlepas dari segala kekurangannya, perhitungan BMI baik diketahui terutama sebagai pengingat untuk menjaga berat badan. Jika YES Family memiliki berat badan kurang, YES Family bisa menggunakan suplemen vitamin penggemuk badan dan memperbaiki pola makan guna menggemukan badan. Sebaliknya, jika tubuh YES Family kegemukan, YES Family bisa mencoba diet sehat dan lebih sering olahraga. Dengan memiliki berat badan yang normal, keuntungan berikut bisa didapatkan.

  • Dapat melakukan aktivitas lebih banyak karena stamina lebih tinggi.

  • Meminimalkan seseorang dari risiko terkena nyeri sendi dan nyeri otot.

  • Memiliki pola dan kualitas tidur yang lebih baik.

  • Kinerja jantung akan lebih ringan.

  • Peredaran darah dan metabolisme juga akan lebih baik.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker tertentu.

  • Mengurangi kolesterol, trigliserida, glukosa darah, dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.


2. Bagaimana cara membaca Label Informasi Nilai Gizi?

CARA MEMBACA INFORMASI NILAI GIZI

Dalam setiap bahan makanan atau minuman yang YES Family akan beli, sebaiknya untuk mengetahui cara membaca informasi nilai gizi (nutrition facts) yang biasanya tertera pada label makanan, karena disini akan terlihat tabel informasi secara jelas gizi yang terkandung dalam pangan tersebut. Informasi Nilai Gizi ini sangat bermanfaat terutama bagi orang yang sedang dalam kondisi medis dan sedang membatasi asupan kalori setiap hari. Tetapi cara membaca nutrition fact ini terkadang membingungkan sehingga perlu ada yang harus diperhatikan :


Jumlah Sajian Per Kemasan

Satu kemasan makanan (satu bungkus atau satu kotak) biasanya memiliki lebih dari satu sajian. Jumlah sajian per kemasan menunjukan jumlah takaran saji yang terdapat dalam satu kemasan makanan. Ketika produk tersebut dikonsumsi lebih dari satu kali penyajian, tentunya kontribusi jumlah asupan dari kalori maupun semua nutrisi yang terdapat pada produk tersebut bisa lebih tinggi.

AKG (Angka Kecukupan Gizi)

AKG merujuk pada kebutuhan energi harian rata-rata yaitu sebesar 2000 kalori. AKG menunjukkan jumlah kadar nutrisi baik dalam satuan berat seperti milligram (mg) atau gram (gr), maupun penyajian dalam bentuk persentase (%) AKG. Setiap nutrisi memiliki rekomendasi jumlah konsumsi harian masing-masing, sedangkan persentase AKG diperoleh berdasarkan proporsi kandungan nutrisi dalam sajian, dibandingkan rekomendasi jumlah konsumsi harian. Kebutuhan nutrisi harian dikatakan terpenuhi jika % AKG dari nutrisi tersebut mencapai 100%. Ketika suatu nutrisi memiliki persentase AKG adalah kurang dari 5%, tentunya kandungannya adalah rendah. Tetapi ketika suatu nutrisi yang tertulis adalah lebih dari 20%, kandungannya berarti tinggi.

Kalori Total Per Sajian

Kalori total menunjukkan seberapa banyak energi yang akan didapat dari setiap sajian makanan. Semakin banyak sajian yang dimakan, semakin besar jumlah kalori yang akan diperoleh. Kalori harian yang biasanya merujuk angka kebutuhan kalori per hari atau sebesar 2000 kalori. FDA mengelompokan kadar kalori dalam kemasan sebagai berikut:

  1. Rendah, jika kadar kalori mendekati atau sekitar 40

  2. Sedang, jika kadar kalori mendekati atau sekitar 100

  3. Tinggi, jika kadar kalori mendekati atau sekitar 400


Kandungan Nutrisi yang Harus Dibatasi

Terdapat beberapa kandungan nutrisi yang harus dibatasi dari konsumsi makanan kemasan adalah lemak jenuh, lemak trans, gula tambahan, dan garam (natrium/sodium). Jika berlebihan, maka akan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi dan kanker. Oleh karena itu, carilah makanan kemasan dengan kandungan nutrisi tidak baik tersebut kurang dari 5% AKG. Dan, perlu diketahui beberapa nutrisi seperti lemak jenuh atau lemak trans tidak memiliki % AKG, maka YES Family perlu membatasi asupannya hingga kurang dari 20 gram perhari.


Kandungan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi

Beberapa nutrisi seperti vitamin, protein, mineral dan serat sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan nutrisi setiap hari, mencegah berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Misalnya, dalam pemenuhan kebutuhan AKG dari kalsium dapat mencegah pengeroposan tulang, zat besi (iron) dapat mencegah anemia, dan Vitamin C untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, pilihlah makanan atau minuman dalam kemasan dengan label kecukupan nutrisi sekitar 20% AKG atau lebih.


Kandungan Nutrisi Tambahan

Karbohidrat serta gula fruktosa dan sukrosa merupakan nutrisi tambahan atau tidak diperlukan dalam jumlah yang terlalu banyak. Karena, tubuh dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Misalnya, karbohidrat dapat dipenuhi dari gula, sayuran berserat, gandum utuh, dan nasi, sedangkan fruktosa dan sukrosa dapat diperoleh dari konsumsi buah-buahan.

Perhatikan Juga Daftar Komposisi Makanan

Makanan yang dibuat lebih dari satu bahan makanan biasanya memiliki daftar komposisi dan pada umumnya daftar komposisi tersebut diurutkan dari jumlah terbanyak hingga yang paling sedikit. Kadar komposisi juga biasanya mencantumkan bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tersendiri. Misalnya, jika YES Family ingin mengurangi konsumsi gula, hindari juga makanan yang menggunakan bahan pemanis buatan atau gula tambahan seperti aspartam dan corn syrup.

Bandingan Label Informasi Nilai Gizi Antara Dua Produk Makanan

Jika YES Family bingung dalam memilih antara dua makanan kemasan, baik jenisnya maupun merknya, YES Family bisa membandingkan isi kandungan nutrisi tersebut pada label kemasan makanan tersebut. Hal ini bertujuan untuk melihat perbedaan kadar asupan nutrisi pada suatu produk. Misalnya, suatu makanan mungkin memiliki kadar dan %AKG mineral yang sama, namun memiliki kandungan lemak dan kalori yang berbeda. Dengan membandingkannya, tentu YES Family dapat mengetahui jumlah kalori yang lebih sesuai dengan YES Family.

Selain label nutrisi, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan tersebut. Jangan sampai YES Family membeli atau mengonsumsi produk yang sudah melewati masa berlaku, karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.



3. Bagaimana Cara Memakai Tangan untuk Mengukur Takaran Makanan?

Tangan Sebagai Takaran Makanan

Ketika akan mengonsumsi makanan YES Family disarankan untuk sesuai dengan kebutuhan kalori. Namun, ketika sudah tahu perkiraan kebutuhan kalori harian pun, cukup sulit untuk menakar kalori pada makanan yang akan dikonsumsi. Lalu bagaimana cara menakar kalori harian? YES Family bisa menggunakan ukuran telapak tangan untuk mengira-ngira kalori dalam makanan baik jenis karbohidrat, protein, serat maupun lemak. Dengan prinsipnya, asupan YES Family harus seimbang setiap harinya.

Takaran Sajian untuk Protein

Untuk ukuran takaran tangan pada protein ini adalah satu telapak tangan. Namun, biasanya kebutuhan protein antara laki-laki dan perempuan pun tentu akan berbeda. Laki-laki membutuhkan 2 ukuran telapak tangan dengan kira-kira 40-60 gram protein yang dibutuhkan. Sedangkan, perempuan membutuhkan 1 ukuran telapak tangan sekitar dengan 20-30 gram protein per harinya. Contohnya seperti, telur, ayam, ikan, keju dan tempe.

Takaran Sajian untuk Sayuran

Ukuran takaran tangan pada sayuran yaitu satu tangkup tangan untuk sayuran matang dan dua tangkup tangan untuk sayuran mentah. Sayuran ini dapat YES Family konsumsi seperti wortel, buncis, bayam, kembang kol, kangkung, sawi dan brokoli.


Takaran Sajian untuk Karbohidrat

Untuk ukuran takaran tangan pada protein ini adalah satu kepal tangan. Namun, biasanya ukuran porsi makan antara laki-laki dan perempuan berbeda. Laki-laki membutuhkan 2 ukuran kepal tangan dengan kira-kira 40-60 gram karbohidrat yang dibutuhkan. Sedangkan, perempuan membutuhkan 1 ukuran kepal tangan sekitar dengan 20-30 gram per harinya. Contohnya seperti, nasi, mie, kentang, kacang-kacangan, buah-buahan, ubi, singkong dan gandum.

Takaran Sajian untuk Lemak

Untuk ukuran takaran tangan pada protein ini adalah satu ibu jari. Namun, biasanya ukuran porsi makan antara laki-laki dan perempuan berbeda. Laki-laki membutuhkan 2 ibu jari dengan kira-kira 15-25 gram lemak yang dibutuhkan. Sedangkan, perempuan membutuhkan 1 ibu jari sekitar dengan 7-12 gram lemak per harinya. Contohnya seperti, minyak, mentega, selai kacang, biji-bijian, minyak zaitun dan minyak wijen.

Untuk menghadapi situasi saat ini, pastikan pola makan yang sehat dan olahraga secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga berat badan YES Family agar tetap ideal. Dan, pastikan saat YES Family sebelum mengonsumsi makanan atau minuman kemasan untuk terlebih dahulu mengecek informasi nilai gizi yang tertera. Selain itu, cukupi kebutuhan kalori harian dengan cara menakar kalori pada makanan yang akan dikonsumsi dengan cara YES Family bisa mengukur porsi makanan menggunakan telapak tangan agar asupan YES Family tetap seimbang.


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan, vitamin, suplemen dan kesehatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti




Referensi :

https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-menghitung-indeks-massa-tubuh-body-mass-indeks/ https://www.alodokter.com/pemahaman-seputar-indeks-massa-tubuh https://promkes.kemkes.go.id/ketahui-cara-membaca-informasi-nilai-gizi-disini https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-membaca-label-informasi-nilai-gizi-pada-kemasan-makanan/#gref https://klasika.kompas.id/baca/menentukan-porsi-makan https://food.detik.com/info-sehat/d-4385307/ini-cara-praktis-mengukur-porsi-makan-dengan-tangan https://akutahu.com/post/atur-porsi-makan-dengan-tangan

26 views0 comments

Recent Posts

See All