Search

GOLONGAN OBAT

YES! KENALI GOLONGAN OBAT

Pemilihan obat harus sesuai dengan anjuran dari dokter/apoteker karena tanpa penggunaan yang benar, obat bisa membahayakan nyawa. Mari kenali golongan obat agar tidak salah menggunakan obat.


Perlu YES Family ketahui bahwa obat-obatan yang dijual di pasaran memiliki berbagai jenis atau golongan, fungsi, dan kegunaannya masing-masing tergantung dari penyakit/keluhan yang sedang dirasakan. Ada beberapa obat yang tidak dapat dibeli secara bebas , melainkan harus dengan resep dokter.


GOLONGAN OBAT

Obat yang beredar di Indonesia digolongkan berdasarkan regulasinya dan masing-masing mempunyai lambang. Pemilihan obat harus sesuai dengan anjuran dari dokter. Maka dari itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membuat aturan dan klasifikasi obat, diantaranya :


Obat Bebas

Obat bebas ditandai dengan lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi hitam. Ini menunjukkan bahwa obat tersebut dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. Obat dijual bebas di Apotik dan toko obat berizin. Obat-obatan yang dapat dibeli secara bebas biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit yang memiliki gejala ringan.


Obat Bebas Terbatas

Obat jenis ini sebenarnya masih bisa dibeli tanpa resep dokter. Obat dijual bebas di Apotik dan toko obat berizin. Penggunaan obat ini pun harus mengikuti aturan pengobatan yang tertera pada kemasan dan jumlah obat yang dapat dibeli pun terbatas. Selain itu, terdapat 6 jenis obat bebas terbatas, yaitu:

  1. P No.1 : Awas! Obat keras. Bacalah aturan memakainya.

  2. P No.2 : Awas! Obat keras. Hanya untuk kumur, jangan ditelan.

  3. P No.3 : Awas! Obat keras. Hanya untuk bagian luar badan.

  4. P No.4 : Awas! Obat keras. Hanya untuk dibakar.

  5. P No.5 : Awas! Obat keras. Tidak boleh ditelan.

  6. P No.6 : Awas! Obat keras. Obat wasir, jangan ditelan.


Obat Keras

Obat keras hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan hanya di beli di Apotik. Golongan obat ini ditandai dengan lingkaran merah dengan garis tepi berwarna hitam dan huruf K di tengah yang menyentuh garis tepi. Obat golongan ini hanya dijual di Apotek dan harus dibeli menggunakan resep dokter. Obat-obat keras yang termasuk kategori DOWA (Daftar Obat Wajib Apotek) dapat diperoleh tanpa resep hanya jika diberikan langsung oleh Apoteker. Obat psikotropika juga termasuk golongan obat keras, wajib ditebus hanya dengan resep dokter.

Obat Narkotika

Obat narkotika ini hanya boleh dijual di Instalasi Farmasi atau Apotek. Obat golongan narkotik mempunyai simbol seperti tanda plus dengan lingkaran berwarna merah. Dan harus dibeli menggunakan resep dokter. Ketentuan penyimpanan dan pengawasan distribusinya sudah diatur oleh Undang-Undang. Selain itu juga, obat narkotika ini dapat menyebabkan perubahan kesadaran dan menimbulkan ketergantungan yang membahayakan sehingga penggunaannya wajib di bawah pengawasan medis.

Itulah beberapa jenis penggolongan obat berdasarkan regulasinya yang harus YES Family ketahui sebelum menggunakannya. Perhatikan juga cara pakainya dan tanggal kadaluarsa dari obat tersebut. Jika masih memiliki pertanyaan mengenai simbol yang tertera pada obat-obatan yang akan dibeli boleh tanyakan langsung kepada Apoteker atau tenaga kerja kesehatan yang berada di Apotek Yes Farma.



*PROMO YES! PAKET MULTIVITAMIN*

Bagus untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh & membantu mempercepat pemulihan!

Saran jadwal minum multivitamin setiap hari:

✅ 1 butir Vit D3-1000 sesudah makan PAGI

✅ 1 butir Hevit Plus sesudah makan SIANG

✅ 1 butir Hevit C sesudah makan MALAM


Mengandung kombinasi multivitamin yang memenuhi kebutuhan multivitamin harian:

✅ Vitamin C - 1000 mg

✅ Vitamin D3 - 1000 IU

✅ Zinc - 20 mg

✅ Vitamin E - 30 IU

✅ Vitamin B1 - 15 mg

✅ Vitamin B6 - 25 mg

✅ Vitamin B12 - 40 mcg

HARGA PROMO

YES! Paket Multivitamin = Rp 50.000

(masing² 1 strip untuk diminum selama 10 hari)


Terima kasih banyak!

Semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh, sehat selalu.


Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner

SehatQ partner

Special thanks to :

Design apt. Jesslyn Aryanti
Article Friska Ayuningtyas
Editor apt. Jessica Aryanti
9 views0 comments

Recent Posts

See All