Search

HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL 2021 : WAR ON DRUGS

Updated: Jun 19, 2021


UPAYA PENCEGAHAN NARKOBA & PENGOBATAN PECANDU NARKOBA


Dampak buruk narkoba tidak perlu diragukan lagi. Namun, kasus penyalahgunaan narkoba justru semakin meningkat setiap tahunnya. Ada banyak beberapa faktor yang mempengaruhi kemungkinan penyalahgunaan atau kecanduan narkoba.


Pemicu Penyalahgunaan Narkoba

Pemicu penyalahgunaan narkoba umumnya terjadi karena rasa ingin tahu yang tinggi. Di sisi lain, kondisi ini juga dapat dialami oleh penderita gangguan mental. Selain rasa ingin tahu dan menderita gangguan mental, terdapat pula beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan resiko seseorang melakukan penyalahgunaan narkoba, diantaranya :

  • Memiliki teman atau grup yang pecandu narkoba

  • Mengalami masalah ekonomi

  • Pernah mengalami kekerasan fisik, mental atau seksual

  • Memiliki masalah dengan hubungan keluarga, kerabat atau pasangan


Upaya Pencegahan Kecanduan Narkoba

Kecanduan atau penyalahgunaan narkoba dapat saja terjadi saat seseorang merasa kehilangan kendali atau kemampuan untuk berhenti mengonsumsi narkoba tersebut setelah merasakan ketergantungan. Maka dari itu, ada beberapa upaya untuk mencegah terjadinya kecanduan narkoba diantaranya :

  • Jangan pernah mencoba menggunakan narkoba, kecuali untuk alasan pengobatan dan terapi.

  • Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh.

  • Memilih lingkungan pergaulan yang baik.

  • Melakukan kegiatan yang positif, seperti berolahraga ataupun mengikuti kegiatan organisasi yang memberikan pengaruh positif.

  • Gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga ataupun melakukan aktivitas positif yang lainnya.

  • Jika memiliki permasalahan, jangan gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluarnya.


Upaya Pengobatan Kecanduan Narkoba

Penggunaan narkoba yang sudah mengalami kecanduan, tidak akan mudah lepas dari obat tersebut. Diperlukan langkah yang cepat untuk mengatasi kecanduan narkoba dengan menghubungi lembaga resmi pemerintahan yaitu BNN. Secara umum, ada 4 langkah yang dilakukan untuk mengatasi kecanduan narkoba diantaranya :


1. Pemeriksaan

Pemeriksaan ini dilakukan tidak hanya oleh dokter tetapi oleh terapis juga. Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami dan adakah efek samping yang muncul. Jika seseorang yang menggunakan narkoba mengalami depresi atau bahkan gangguan perilaku, maka terapis akan menyembuhkan efek tersebut baru melakukan rehabilitasi.


2. Detoksifikasi

Mengatasi kecanduan harus dengan beberapa tahapan dan salah satu yang cukup berat adalah detoksifikasi. Disini seseorang yang sudah kecanduan narkoba harus 100% berhenti menggunakan obat-obatan berbahaya tersebut. Reaksi yang dirasakan pun akan cukup menyiksa mulai dari rasa mual hingga badan akan terasa sakit. Disamping itu juga, pecandu akan merasa tertekan karena tidak ada asupan obat penenang yang dikonsumsi seperti biasa. Selama proses detoksifikasi, dokter akan meringankan efek yang tidak mengenakan tersebut dengan memberikan obat. Disamping itu, pecandu juga harus memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi serta mengonsumsi makanan bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh. Lamanya proses ini sangat bergantung pada tingkat kecanduan yang dialami serta niat dan tekad yang dimiliki oleh seorang pecandu untuk sembuh.

3. Stabilisasi

Setelah proses detoksifikasi berhasil dilewati, selanjutnya dokter akan menerapkan langkah stabilisasi. Tahapan ini bertujuan untuk membantu pemulihan jangka panjang dengan memberikan resep dokter. Tidak hanya itu, pemikiran tentang rencana kedepan pun diarahkan agar kesehatan mental tetap terjaga dan tidak kembali terjerumus dalam bahaya narkoba.

4. Pengelolaan Aktivitas

Jika sudah keluar dari rehabilitasi, pecandu yang sudah sembuh akan kembali ke kehidupan normal. Diperlukan pendekatan dengan orang terdekat seperti keluarga dan teman agar mengawasi aktivitas mantan pemakai narkoba. Tanpa dukungan penuh dari orang sekitar, keberhasilan dalam mengatasi kecanduan obat terlarang tidak akan lancar. Banyak pemakai yang sudah sembuh lantas mencoba menggunakan kembali obat-obatan tersebut karena pergaulan yang salah. Karena itulah, pengelolaan aktivitas sangat penting agar terhindar dari pengaruh negatif.


Atasi Dengan Layanan Rehabilitasi BNN

Pecandu atau penyalahgunaan narkoba akan dipulihkan sepenuhnya baik dari segi fisik maupun mental. Layanan yang disediakan oleh Balai Besar ini cukup menyeluruh, tidak hanya untuk penyembuhan fisik dan mental saja tetapi juga kerohanian. Beberapa di antaranya :


Rehabilitasi Medis

Rehabilitasi secara medis meliputi detoksifikasi, pemeriksaan kesehatan, penangan efek buruk dari penyalahgunaan narkoba, psikoterapi dan rawat jalan.


Rehabilitasi Sosial

Aktivitas yang dilakukan pada tahapan ini meliputi seminar, konseling individu, terapi kelompok dan static group.

Kegiatan Kerohanian

Tahapan ini bertujuan untuk mempertebal mental pecandu agar semakin kuat mempertahankan niat untuk sembuh dari kecanduan.


Peningkatan Kemampuan

Kegiatan di lembaga ini juga diisi oleh aktivitas positif salah satunya adalah dengan mengasah skill yang dimiliki oleh pecandu agar rasa tak enak karena tidak mengonsumsi obat-obatan akan teralihkan.

Dukungan dari keluarga dan kerabat sangatlah berpengaruh. Pasien dianjurkan untuk bersikap terbuka dan jangan ragu untuk menyampaikan apa yang ingin dikeluhkan. Hal tersebut dapat membantu pasien dalam mempercepat proses pemulihan. Narkoba bukan solusi! Melainkan justru dapat menimbulkan masalah yang lebih besar dalam segala aspek kehidupan.


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Semoga layanan dan fasilitas ini dapat mempermudah YES Family dalam mengakses produk kesehatan dengan lebih nyaman, aman dan praktis!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner


Special thanks to :

Art → apt. Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti




Referensi :

https://bnn.go.id/4-langkah-cara-mengatasi-kecanduan-narkoba/

https://tanahlautkab.bnn.go.id/tips-cara-mencegah-penyalahgunaan-narkoba/

https://bnn.go.id/pencegahan-penyalahgunaan-napza/

https://www.alodokter.com/penyalahgunaan-napza

68 views0 comments

Recent Posts

See All