Search

PROTOKOL ISOLASI

Updated: Sep 10, 2021

Protokol Isolasi Bantu Cegah Penyebaran COVID-19, Inilah yang Perlu Diterapkan!


Jumlah pasien yang terinfeksi virus COVID-19 kian hari kian terus bertambah. Agar tingkat penyebarannya tidak semakin parah, pemerintah menyarankan masyarakat untuk tetap berjaga-jaga dan menerapkan protokol selama isolasi, terutama bagi yang mengalami gejala COVID-19.


Protokol kesehatan dikeluarkan oleh Pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi penularan akibat COVID-19. Pasalnya, virus Corona mudah sekali menyebar dan dapat menyebabkan gejala yang berat dan berakibat fatal.

Protokol Isolasi yang Perlu Diterapkan

Isolasi dilakukan selama setidaknya 10 hari atau hingga YES Family memenuhi kriteria sembuh dari COVID-19. Berikut adalah hal-hal yang perlu YES Family lakukan selama isolasi sesuai anjuran pemerintah:

Tetap di kamar isolasi

Apabila sedang melakukan isolasi, YES Family disarankan untuk tidak melakukan aktivitas di luar tempat YES Family melakukan isolasi tersebut dan YES Family harus tetap berada di dalam kamar isolasi. Bila tadinya YES Family memiliki gejala dan sembuh dalam waktu kurang dari 10 hari, YES Family tetap harus melakukan isolasi dengan menunggu hingga masa isolasi selesai.


Gunakan masker medis

Meski YES Family berada di tempat isolasi, sebaiknya YES Family tetap menggunakan masker. Cara memakai masker yang benar :

  1. Pastikan masker menutup mulut, hidung dan dagu. Bagian yang berwarna berada di sebelah depan.

  2. Tekan bagian atas masker supaya mengikuti bentuk hidung dan tarik ke belakang di bagian bawah dagu.

  3. Lepaskan masker yang telah digunakan dengan hanya memegang tali dan langsung membuangnya ke tempat sampah yang tertutup.

  4. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir setelah membuang masker.

  5. Hindari menyentuh area masker saat menggunakannya.

  6. Sebaiknya jangan kembali menggunakan masker atau ganti secara rutin apabila kotor atau basah.


Jaga jarak

Pada kondisi tertentu terutama pada YES Family yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19 sebaiknya tetap berada dalam satu ruangan dan melakukan jaga jarak atau physical distancing.


Cuci tangan

Langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar :

  1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir yang bersih.

  2. Gunakan sabun antiseptik secukupnya.

  3. Gosok kedua telapak tangan terlebih dahulu.

  4. Selanjutnya, dengan telapak tangan kiri, bersihkan punggung dan sela-sela jari tangan kanan. Lakukan cara yang sama di tangan kiri.

  5. Pertemukan kembali kedua telapak tangan, lalu bersihkan sela-sela jari kedua tangan.

  6. Bersihkan pula punggung jari-jari dengan cara menggenggam dan menggosok kedua tangan.

  7. Jangan lewatkan bagian ibu jari. Gosok area tersebut dengan cara memutar.

  8. Bilas sabun hingga bersih.

  9. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu.


Terapkan etika batuk

Saat ingin bersin atau batuk, sangat penting untuk mengetahui etika. Hal ini dilakukan agar penularan virus tidak terjadi. Pertama, saat YES Family merasa ingin bersin dan batuk segera ambil tisu untuk menutup hidung dan mulut. Setelah itu, buang tisu tersebut. Bagi yang tidak membawa tisu, jangan menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan. Namun gunakan bagian dalam siku atau lengan atas. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apabila tidak ada hand sanitizer dengan bahan alkohol sangat diperlukan.

Periksa suhu tubuh

Pada saat melaksanakan isolasi disarankan untuk rutin memeriksa suhu tubuh setiap pagi dan sore hari, khususnya apabila mengalami demam. Peningkatan suhu tubuh yang semakin parah perlu diwaspadai sebab berbahaya apabila tidak ditangani. Dan suhu tubuh normal untuk orang dewasa adalah 36,5-37,5 derajat celcius.

Periksa saturasi oksigen dan denyut nadi

Saturasi oksigen normal pada rentang 96-100%. Jika YES Family mengalami sesak atau mengalami gangguan pernapasan maka saturasi oksigen akan turun dan sebaiknya segera untuk berkonsultasi dengan dokter. Sedangkan denyut jantung normal pada orang dewasa adalah antara 60-100 kali per menit. Jika lebih lambat atau lebih cepat dari rentang tersebut maka segera untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Pantau laju nafas

Memantau laju napas itu sangat penting untuk mengetahui apakah YES Family sedang mengalami kesulitan dalam bernapas atau tidak. Frekuensi napas normal pada orang dewasa biasanya sekitar 12-20 napas per menit.

Penuhi kebutuhan cairan

Saat melakukan isolasi sebaiknya YES Family tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih setidaknya sehari 8 gelas.

Makan makanan bergizi

Dalam panduan Kemenkes tentang makanan gizi seimbang, yaitu dalam satu porsi piring terdapat empat isi sebagai berikut :

  1. Makanan pokok seperti nasi, ubi, singkong, jagung dan lain sebagainya.

  2. Lauk-pauk seperti ikan, daging ayam, daging sapi, telur, dan lain sebagainya.

  3. Buah-buahan, sangat lebih baik dimakan dengan cara langsung bukan di jus dengan campuran kental manis ataupun gula.

  4. Sayuran, semua jenis sayuran, baik untuk tubuh jika dicuci bersih dan dimasak dengan cara yang tepat.

Perlu juga diingat, sayur dan buah harus dicuci dengan bersih dahulu, lauk-pauk dimasak dengan matang, dan upayakan untuk menghindari gula, garam dan lemak yang berlebihan.

Kegiatan Harian Selama Isolasi

Ventilasi yang baik

Pastikan saat YES Family sedang melakukan isolasi memiliki jendela kamar untuk mendapatkan sirkulasi udara dan matahari yang masuk kedalam ruang isolasi.


Berjemur matahari

Sinar matahari menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Rajin cuci tangan

Setelah YES Family menyentuh benda apapun sebaiknya segera untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.

Olahraga rutin

Sebaiknya YES Family rajin berolahraga untuk memelihara fungsi organ hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. YES Family bisa melakukan olahraga setiap 3-5 kali setiap minggunya.


Makan bergizi seimbang

Pastikan YES Family mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang. YES Family dapat mengonsumsi makanan 3 kali sehari dan terpisah dengan keluarga. YES Family dapat memilih varian makanan setiap harinya supaya tidak bosan pada saat akan mengkonsumsinya.

Kegiatan Harian Selama Isolasi

Pisahkan cucian kotor

Pakaian yang YES Family gunakan harus dicuci secara terpisah dengan orang yang sedang melakukan isolasi lainnya. Adapun proses pencucian pakaian yang wajib diperhatikan saat mencuci pakaian :

  1. Selalu gunakan sarung tangan dan masker saat mencuci

  2. Cuci pakaian menggunakan deterjen dan air dengan suhu 60-90 derajat Celcius, lalu segera dikeringkan

  3. Segera cuci tangan setelah mencuci pakaian kotor

  4. Cuci atau desinfektan keranjang cucian dan area sekitar tempat pencucian menggunakan cairan desinfektan


Bersihkan kamar setiap hari

Sebaiknya YES Family membersihkan kamar setiap harinya agar kamar tetap bersih dan nyaman selama melakukan isolasi. Apabila YES Family akan membersihkan kamar sebaiknya menggunakan APD (minimal masker medis dan sarung tangan) supaya YES Family tetap aman saat membersihkan kamar .

Cuci alat makan

Selama menjalani isolasi, YES Family disarankan untuk menggunakan perlengkapan seperti piring, gelas, garpu dan sendok secara terpisah. Begitu juga dengan perlengkapan mandi. Segera mencuci alat makan sendiri setelah digunakan.

Periksa suhu tubuh dan saturasi oksigen

Termometer penting untuk memantau suhu tubuh YES Family saat isolasi. Sementara oximeter digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan mewaspadai happy hypoxia (berkurangnya jumlah oksigen didalam tubuh tanpa menimbulkan gejala). YES Family dapat melakukan pemantauan suhu tubuh dan kadar gula oksigen secara berkala.

Tidur di kamar isolasi khusus

Selama melakukan isolasi, YES Family disarankan untuk berada di kamar yang terpisah dengan penghuni lainnya. Kamar disarankan memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik. Sebisa mungkin, usahakan kamar isolasi mandiri tidak dimasuki oleh penghuni yang lain.

Nah, sudah tahu cara mengisolasi diri sendiri ketika sakit atau berstatus sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan). Yuk, lakukan beberapa cara diatas demi mencegah terjadinya penyebaran virus corona pada orang-orang di sekitar kita. Mari bersama-sama melawan COVID-19 dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia dengan cara senantiasa patuh menerapkan protokol kesehatan!


PENUHI KEBUTUHAN MULTIVITAMIN YES FAMILY!

Bagus untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh & membantu mempercepat pemulihan!

Saran jadwal minum multivitamin setiap hari:

✅ 1 butir Vit D3-1000 sesudah makan PAGI

✅ 1 butir Hevit Plus sesudah makan SIANG

✅ 1 butir Hevit C sesudah makan MALAM


Mengandung kombinasi multivitamin yang memenuhi kebutuhan multivitamin harian:

✅ Vitamin C - 1000 mg

✅ Vitamin D3 - 1000 IU

✅ Zinc - 20 mg

✅ Vitamin E - 30 IU

✅ Vitamin B1 - 15 mg

✅ Vitamin B6 - 25 mg

✅ Vitamin B12 - 40 mcg

Harga Paket Multivitamin = Rp 55.000

(masing² 1 strip untuk diminum selama 10 hari)

Terima kasih!

Semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh, sehat selalu.



YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Semoga layanan dan fasilitas ini dapat mempermudah YES Family dalam mengakses produk kesehatan dengan lebih nyaman, aman dan praktis!


Say YES to a healthier you!



Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner



Special thanks to :

Design → apt. Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

8 views0 comments

Recent Posts

See All