Search

QnA YES Family : "Bedanya Apoteker dengan Dokter?"




PERBEDAAN APOTEKER DENGAN DOKTER


Walaupun ketika sedang berpraktik, Apoteker dan Dokter terlihat mirip karena sama-sama menggunakan masing-masing jas keprofesiannya, tetapi Apoteker dan Dokter adalah dua profesi yang berbeda lho! Walaupun sama-sama merupakan profesional di bidang kesehatan, namun Apoteker dan Dokter memiliki fungsi dan kewenangan yang berbeda lho!


Nah,

Apakah YES Family sudah dapat membedakan antara tugas Apoteker dengan Dokter?

Apa saja yang bisa dikonsultasikan kepada Dokter? Sedangkan, informasi apa saja yang bisa didapatkan dari Apoteker melalui layanan konsultasi obat?

TUGAS DOKTER DAN APOTEKER


DOKTER

Dokter merupakan ahli profesi yang berperan dalam memberikan saran pencegahan, diagnosis, dan penanganan atas kondisi medis yang dialami pasien. Secara umum, dokter juga memegang peranan penting dalam memberikan perawatan medis awal dan berkelanjutan kepada pasien dari segala kelompok usia. Secara singkat terdapat juga beberapa tugas dokter diantaranya :

  1. Dokter dapat melakukan pemeriksaan secara fisik untuk dapat mendiagnosis dan menentukan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan.

  2. Dapat meresepkan obat-obatan berdasarkan penyakit yang sedang pasien rasakan.

  3. Mampu memberikan vaksinasi dan juga perawatan tentang luka.

  4. Memberikan edukasi atau rehabilitasi medis dasar pada pasien, guna mencegah komplikasi suatu penyakit.

  5. Dapat melakukan pemeriksaan penunjang sederhana seperti tes urine dan tes darah.


APOTEKER

Apoteker adalah salah satu bagian dari tim pelayanan kesehatan profesional yang bekerja di suatu farmasi, baik farmasi di komunitas (apotek), klinik, rumah sakit ataupun industri farmasi. Secara umum, apoteker berperan sangat penting khususnya dalam penyampaian informasi obat untuk memastikan pasien memahami cara menggunakan obat secara tepat. Perlu diperhatikan bahwa Apoteker TIDAK berwenang untuk menuliskan resep. Diagnosis penyakit dan peresepan obat adalah ranah profesi Dokter. Jadi, terdapat beberapa yang tercakup sebagai tugas Apoteker secara umum diantaranya :

  1. Menjelaskan mengenai cara pemakaian obat yang YES Family butuhkan.

  2. Menjelaskan mengenai efek terapi dan efek samping dari suatu obat.

  3. Bertugas dalam memantau keamanan suatu penggunaan obat.

  4. Berperan dalam memfasilitasi YES Family yang melakukan swamedikasi (pengobatan mandiri ke apotek) sebagai penanganan awal suatu gejala penyakit.

  5. Menyiapkan obat sesuai dengan resep dari dokter. Membuat salinan resep jika diperlukan untuk kepentingan penebusan sisa obat pada resep.

  6. Menjaga kualitas obat dan memastikan penyimpanan obat dengan tepat.

Dokter dan Apoteker memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Dalam penerapan pelayanan kesehatan, Apoteker dan Dokter perlu berkolaborasi dan bekerja sama untuk memberikan pengobatan yang terbaik demi mewujudkan terapi yang aman, berkhasiat dan berkualitas bagi pasien.


Intinya, rekomendasi petunjuk praktis jika YES Family mengalami sakit :

1.) Pertama-tama disarankan untuk mengunjungi Dokter lalu sampaikanlah keluhan kondisi yang YES Family rasakan kepada Dokter. Tujuan berkonsultasi dengan Dokter adalah agar dapat diperiksa penyebab penyakitnya (diagnosis). Kemudian, Dokter akan menyarankan solusi pengobatan yang disampaikan melalui resep dokter.

2.) Setelah itu, tebuslah resep tersebut ke Apotek Yes Farma. Lalu, simak penjelasan tentang obat oleh Apoteker agar YES Family dapat memahami betul mengenai pengobatan yang akan dijalani. Jika masih ada yang ingin ditanyakan seputar informasi tentang pengobatannya, tanyakanlah kepada Apoteker!

3.) Lalu, patuhilah minum obat sesuai petunjuk Dokter dan Apoteker, maka diharapkan pengobatan yang dijalankan dapat membawa kesembuhan bagi YES Family.


Jadi,

Apakah ada yang masih bingung bedanya Apoteker dengan Dokter?

Kalau masih bingung juga tidak apa-apa kok :) Jika tertarik untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi kami berikut ini:


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner

548 views0 comments

Recent Posts

See All