Search

Say NO to Drugs, Say YES to a Healthier You!

Updated: Jun 17, 2021

"Say NO to drugs, Say YES to a healthier you!"

Bahaya narkoba bukan hanya pada perilaku dan kondisi psikis penggunanya. Narkoba juga bisa membahayakan kesehatan tubuh secara umum, bahkan bisa menimbulkan gangguan yang sifatnya permanen pada berbagai organ tubuh.

Berawal dari rasa penasaran dan kesenangan sesaat, banyak pengguna narkoba yang justru terjebak dalam jeratan obat-obatan terlarang ini. Rasa kecanduan tersebut seiring waktu dapat merusak kesehatan mental dan fisik atau bahkan keselamatan diri penggunanya. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui bahaya narkoba sehingga tidak tergoda untuk mencoba atau bahkan menggunakannya.


Apa itu NARKOBA?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain narkoba, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Narkoba adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan.


Kenapa Bisa Bikin Kecanduan?

Ada banyak jenis narkoba dan masing-masing jenis narkoba itu sendiri memberikan efek yang berbeda pada otak dan tubuh. Narkoba mengandung zat kimia yang dapat berikatan dengan reseptor yang ada di otak dan di tubuh. Ikatan antara zat aktif narkoba dengan reseptor di otak menyebabkan otak mengeluarkan zat bernama neurotransmitter tertentu yang menimbulkan efek pada tubuh tergantung dari jenis narkoba tersebut.


Dengan penggunaan narkoba berulang kali, jumlah reseptor zat narkoba dalam tubuh akan semakin banyak. Akibatnya, orang tersebut akan mengalami keinginan untuk menggunakan narkoba lagi setelah efek narkoba tersebut habis. Tidak hanya itu, semakin lama tubuh akan mengalami toleransi terhadap dosis narkoba tersebut. Karena itu, untuk mendapatkan efek seperti sebelumnya, pecandu narkoba membutuhkan dosis narkoba yang lebih besar. Jika tidak dipenuhi, tubuh akan memberikan efek kebalikan sehingga orang tersebut akan mengalami rasa yang sangat tidak nyaman di tubuhnya.

Hal inilah yang membuat seseorang yang sudah kecanduan sangat sulit untuk lepas dari narkoba. Seseorang yang sudah mengalami kecanduan narkoba tidak dapat berhenti menggunakan narkoba begitu saja.

Apa saja Bahaya Kecanduan Narkoba?


Dampak Fisik

Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik, karena terjadinya kerusakan pada sistem saraf pusat dan organ-organ tubuh, diantaranya :

- Gagal Ginjal - Kanker Hati - Radang Paru-Paru - TBC - Hepatitis B dan Hepatitis C - HIV/AIDS - Cacat Janin - Gangguan pada Jantung


Dampak Psikologis

Dampak yang akan timbul pada pecandu narkoba antara lain lamban dalam bekerja, ceroboh, sering tegang dan gelisah, hilang kepercayaan diri, penuh curiga, menjadi ganas atau tingkah laku yang brutal, sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, cenderung akan menyakiti diri sendiri bahkan hingga bunuh diri.


Dampak Sosial

Dampak sosial yang akan timbul pada pecandu narkoba yaitu seperti mengganggu ketertiban umum, dikucilkan oleh lingkungan, merepotkan dan menjadi beban keluarga, pendidikan menjadi terganggu, selalu menghindari kontak dengan orang lain, tidak peduli dengan norma dan nilai yang ada, melakukan tindakan kekerasan baik fisik, psikis maupun seksual dan juga mencuri.

Bahaya narkoba tidak hanya berdampak buruk bagi kualitas hidup saja, tetapi juga kesehatan fisik dan mental penggunanya. Oleh karena itu, jangan pernah sesekali untuk mencobanya dengan alasan apapun itu. Narkoba bukan solusi! Melainkan justru dapat menimbulkan masalah yang lebih besar dalam segala aspek kehidupan.


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Semoga layanan dan fasilitas ini dapat mempermudah YES Family dalam mengakses produk kesehatan dengan lebih nyaman, aman dan praktis!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner



Special thanks to :

Art → apt. Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

33 views0 comments

Recent Posts

See All