Search

STOP MEROKOK!

STOP MEROKOK!

SEBELUM TERLAMBAT!!

BAHAYA MEROKOK BAGI TUBUH MANUSIA


Pasti YES Family sudah tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”, bukan? Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Merokok dilarang lantaran banyaknya bahaya merokok yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Bahaya merokok sudah terbukti dapat menyebabkan berbagai penyakit kronik seperti jantung koroner, kanker paru hingga stroke. Pada kenyataannya, penyakit-penyakit tersebut baru sebagian dari bahaya merokok bagi kesehatan. Setiap rokok yang dihisap, dapat meningkatkan resiko YES Family terkena penyakit jantung. Diperkirakan, setidaknya sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.


ILUSTRASI : MEROKOK DAPAT MENGHENTIKAN MASA DEPAN!

Kandungan pada Rokok yang Berbahaya

Mengapa rokok begitu berbahaya dan apa saja efek negatif lainnya dari rokok? Bahaya merokok dapat ditimbulkan dari kandungan-kandungan yang terdapat pada sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Setidaknya, 60 dari bahan kimia tersebut mampu menyebabkan kanker. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok, di antaranya:


Karbon Monoksida

Zat yang tidak bisa terlihat atau terasa ini, kerap ditemukan pada asap knalpot mobil. Zat ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen, sehingga menghalangi suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. Karbon monoksida ini cenderung membuat YES Family merasa kehabisan nafas dan juga menjadi lebih mudah lelah.

Tar

Ketika sedang merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terhisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru dan berdampak negatif pada kinerja rambut halus yang melapisi paru-paru. Padahal, rambut tersebut bertugas untuk mendorong kuman serta partikel asing lainnya keluar dari paru-paru. Tar dalam asap rokok mengandung berbagai bahan kimia karsinogen, yang dapat memicu perkembangan sel kanker di tubuh.

Gas Oksidan

Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaan oksidan dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Benzene

Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia. Selain bahan-bahan diatas masih banyak kandungan zat kimia beracun pada sebatang rokok seperti arsenic (digunakan untuk pestisida), formalin atau formaldehid (digunakan sebagai pengawet mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata tajam) dan amonia.

Berbagai Gangguan Kesehatan Akibat Merokok

Kandungan zat kimia yang terdapat dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga orang-orang di sekitar YES Family. Bahaya merokok bagi kesehatan diantaranya yaitu :

Gangguan Kardiovaskular

Ketika sedang merokok, YES Family akan lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi jika perokok wanita yang sedang mengkonsumsi pil KB. Saat merokok, YES Family memasukkan zat-zat berbahaya yang berdampak buruk bagi tubuh, khususnya jantung, contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang dapat masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan meningkatkan kemungkinan terjadinya penggumpalan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhadap organ tubuh yang lainnya. Bahaya merokok juga bisa dirasakan oleh orang yang tidak merokok sama sekali. Asap rokok bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker paru-paru pada perokok pasif, yaitu orang yang tidak merokok namun tetap menghirup asapnya.

Menghambat Aliran Darah

Kandungan nikotin dalam sebatang rokok dapat membuat darah menjadi lebih kental, karena itulah nutrisi, mineral dan oksigen yang disebarkan melalui darah tidak bisa diserap banyak dan optimal oleh tubuh. Dampak rokok ini mengakibatkan peradangan pada bagian luar maupun organ dalam tubuh jadi lebih lama untuk disembuhkan.

Kolesterol Tinggi

Merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di tubuh. Dan sebaliknya, kadar kolesterol jahat (LDL) pun akan meningkat. Merokok pun meningkatkan kadar kolesterol total dan trigliserida yang sama artinya dengan menimbun lemak di tubuh.

Berbagai Jenis Kanker

Tak hanya kanker paru-paru yang menjadi bahaya merokok bagi kesehatan. Bahkan berbagai jenis kanker lainnya pun bisa saja terjadi termasuk kanker serviks bagi perempuan, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker mulut, kanker darah hingga kanker ginjal.

Lambung

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian kerongkongan YES Family. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak menuju arah yang salah, yaitu naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung atau GERD. Beberapa resiko penyakit lainnya yang dapat terjadi pada yang merokok adalah ulkus atau tukak lambung dan kanker lambung.

Paru-Paru

Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Karena bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang kemudian bisa menjadi sel kanker. Dan penyakit serius lainnya adalah bronkitis, pneumonia dan emfisema.



Bisakah Mengurangi Bahaya Merokok Terhadap Kesehatan?

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk penurunan daya tahan tubuh menjadi lebih parah. Saat seseorang berhenti merokok, sebagian besar sistem kekebalan tubuhnya akan kembali membaik dengan sendirinya. Hal ini umumnya akan berjalan optimal selama orang tersebut tidak terserang penyakit infeksi yang serius seperti pneumonia dan mengalami kerusakan organ saluran pernapasan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahaya rokok terhadap kesehatan saat YES Family sedang mencoba berhenti merokok, di antaranya:

  • Perbaiki pola makan, dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral akan mempercepat pemulihan daya tahan tubuh. Bila memang diperlukan YES Family bisa mengkonsumsi dengan suplemen tertentu.

  • Penuhi asupan Vitamin D, karena Vitamin D merupakan komponen penting dalam mempertahankan daya tahan tubuh dan YES Family dapat memenuhi asupan Vitamin D dari paparan sinar matahari ataupun mengkonsumsi buah buahan dan sayuran.

  • Olahraga, dengan aktif bergerak akan membantu memperlancar sirkulasi oksigen yang bermanfaat pada fungsi jantung serta pembuluh darah sehingga dapat memperbaiki sistem imun tubuh.

Bahaya merokok yang bisa dirasakan sehari-hari adalah batuk-batuk, sesak napas, lebih mudah lelah, lebih rentan terhadap infeksi, ataupun mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari hingga merasa kelelahan pada pagi hari. Mungkin YES Family sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh, namun tetap saja tidak menghentikan kebiasaan merokok karena merasa saat ini kesehatan YES Family masih baik-baik saja. Perlu diingat, merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya YES Family, orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena turut menghirup asap rokok yang beracun. Oleh karenanya, segera hentikan kebiasaan yang merugikan ini.



YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Art → Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti


14 views0 comments

Recent Posts

See All