Search

TIPS MATA SEHAT PADA NEW NORMAL

Menjaga lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata. Beberapa tips mudah bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata YES Family pada new normal.


WASPADA COMPUTER VISION SYNDROME!

Di tengah masih meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah memutuskan untuk melaksanakan aturan new normal. Menjalankan protokol kesehatan selama new normal sangat penting, karena jumlah kasus positif masih sangat tinggi hingga saat ini. Sekolah dan beberapa tempat kerja menerapkan proses belajar dan bekerja di rumah. Hal tersebut membuat kita harus menatap layar smartphone atau laptop dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya, kita pun lebih berisiko mengalami Computer Vision Syndrome. Computer Vision Syndrome (CVS), atau sering juga disebut sebagai visual fatigue dan digital eye strain, merupakan sebuah istilah untuk kumpulan gejala yang berhubungan dengan gangguan mata akibat penggunaan perangkat elektronik berbasis komputer, seperti laptop, dekstop, handphone, dan tablet. Gejala yang biasanya menyertai CVS adalah rasa lelah atau pegal pada mata, penglihatan kabur atau ganda, dan mata merah, kering, atau terasa panas. Bahkan pada beberapa kasus, dapat disertai sakit kepala, leher, pundak, dan punggung.

Jadi, apakah yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan mata pada tuntutan kebiasaan new normal?


YES! Agar mata tetap sehat, lakukanlah tips ini!

Tidak sedikit orang lupa dan tidak sadar bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting. Merawat kesehatan mata sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Berikut adalah beberapa tips mata sehat pada new normal :

1. JANGAN GUNAKAN GADGET SAMBIL TIDURAN

Memainkan smartphone sambil tiduran tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Hal yang sering terjadi adalah membuat mata menjadi rabun jauh atau minus. Karena ketika sinar atau radiasi layar smartphone tepat berada diatas bola mata, hal tersebut akan meningkatkan kerusakan pada retina mata dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. 


2. ATURAN 20-20-20

 Menatap layar komputer dan smartphone terlalu lama dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome. Gejalanya dapat berupa mata kering, mata terasa pegal, sakit kepala, nyeri pada leher, bahu dan punggung, sulit fokus menatap kejauhan, pandangan menjadi kabur. Jika harus bekerja atau belajar dengan menggunakan komputer dan smartphone sepanjang hari, maka lakukanlah tips 'Aturan 20-20-20', yaitu beristirahatlah SETIAP 20 MENIT, alihkanlah pandangan untuk melihat objek SEJAUH 20 KAKI (6 meter) SELAMA 20 DETIK, yang bermanfaat untuk mengurangi ketegangan pada mata. Jika mata terasa kering, sebaiknya hindari ruangan ber-AC dan lebih sering untuk mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes pengganti air mata untuk melembapkan mata.


3. ATUR KECERAHAN LAYAR

Hal lainnya yang perlu diperhatikan agar dapat menjaga kesehatan mata adalah mengatur kecerahan layar. Cahaya yang dihasilkan oleh komputer dan smartphone terlalu silau dapat memberi dampak buruk radiasi terhadap kesehatan mata. Lalu pilihan alternatifnya adalah menggunakan filter layar saat bekerja atau belajar. Selain itu juga dapat menyesuaikan pencahayaan di ruangan agar mata tidak mudah tegang. 


4. JAGA JARAK PANDANG

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar mata tetap sehat yaitu dengan menjaga jarak pandang saat penggunaan layar elektronik. Mata harus bekerja lebih keras ketika melihat dari jarak yang terlalu dekat dibanding jauh, sehingga menjadi lebih mudah lelah. Pastikan jarak pandang ke layar 60 sentimeter dan pastikan posisi layar sedikit kebawah. 


5. ASUPAN VITAMIN MATA

Asupan makanan sehari-hari ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mata. Biar indra penglihatan ini selalu sehat, cobalah untuk rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E, asam lemak omega 3, zinc dan lutein. Terdapat juga kandungan nutrisi yang dapat dikonsumsi seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk. Jika perlu, bisa juga menggunakan vitamin mata berupa obat tetes mata. Selain itu, cara menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Bila mata sudah terasa gatal atau menjadi merah dapat diatasi dengan obat tetes untuk iritasi mata ringan dan jika perlu juga dikompres. Jika YES Family merasa terkena seperti butiran pasir di mata, maka bilas dengan cairan khusus pencuci mata atau cairan irigasi mata.

Demi mata sehat, dapatkan kebutuhan mata dan suplemen mata seperti Eyevit, Matovit dan berbagai vitamin mata lainnya di Apotek Yes Farma!


6. RUTIN PERIKSA MATA

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali. Sebab dengan rutin memeriksakan mata bisa memantau kondisi bagian mata dan gangguan atau masalah kesehatan mata yang muncul bisa segera ditangani. Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 35 tahun disarankan untuk memeriksakan mata setiap 1 tahun sekali. Itu berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penyakit usia lanjut seperti glaukoma dan katarak. Sedangkan anak-anak harus rajin memeriksa mata setiap 2 tahun sekali untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan dalam belajarnya. 


Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang cukup penting untuk semua orang, terutama pada masa new normal ini yang mengharuskan pekerja kantoran dan pelajar untuk melakukan tugasnya di rumah. Apabila sudah mulai merasakan gejala-gejala yang membuat penglihatan terganggu, segera periksakan mata YES Family ke dokter supaya dapat segera diketahui penyebab dan penanganannya.


Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai cara menjaga kesehatan mata atau ingin menanyakan info seputar vitamin dan sediaan obat mata, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!


Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

67 views0 comments

Recent Posts

See All