Search

YES! ANTI-MAGER

Hello YES Family!

Hayoo~ Siapa yang sering mager sambil rebahan dengan handphone dan jaringan WiFi yang cepat? Tentunya banyak orang yang masih suka terlena dengan kemudahan dalam mengakses internet, games hingga berbagai hiburan dengan teknologi yang membuat kebanyakan orang semakin betah berdiam diri dengan gadget-nya tanpa menggerakan tubuhnya. Tahukah YES Family apabila kebiasaan ini dibiarkan, maka bisa berujung pada gaya hidup tidak sehat lho! Mau tahu apa alasannya, yuk kita bahas disini!


Apa yang dimaksud gaya hidup sedentari atau MAGER?

Pada era teknologi yang canggih pada saat ini, manusia dimanjakan dengan sesuatu yang serba mudah. Di satu sisi kemudahan tersebut membuat YES Family menjadi kurang beraktivitas. Maka dengan hal inilah yang memunculkan tipe gaya sedentari yang berarti kurang melakukan aktivitas fisik yang berarti atau sering disebut dengan istilah malas gerak atau mager


Dengan kata lain, gaya hidup seseorang yang terindikasi sedentari adalah gaya hidup yang dominan memiliki kegiatan fisik hanya berupa duduk dan berbaring di luar waktu tidur.  Gaya hidup tersebut tentunya mengeluarkan energi yang rendah dan menyebabkan pola masyarakat kian berubah. Pola hidup sedentari juga memiliki faktor resiko terhadap berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, resistensi insulin dan obesitas. 


Menurut hasil penelitian, dampak dari perilaku sedentari seperti obesitas, justru semakin mudah menyerang anak-anak. Dan bukan hanya itu saja, penyakit lainnya seperti kolesterol, stroke, jantung dan penyakit kronis lainnya juga semakin mengalami peningkatan jumlah pada usia dewasa maupun lanjut usia tiap tahunnya. 


Apa sajakah contoh dari perilaku MAGER?

Contoh yang sering dilakukan yaitu dengan menggunakan teknologi yang semakin praktis menciptakan pola hidup sehat masyarakat semakin menurun atau lebih ditekankan menjadi males gerak atau sering disebut dengan istilah mager. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari perilaku malas gerak (mager) :

DON'T! JANGAN DILAKUKAN!

  1. Berbaring atau duduk dalam waktu yang cukup lama seperti menggunakan komputer dengan lama.

  2. Perubahan kebiasaan seperti orang pergi ke toko, warung atau minimarket yang hanya berjarak beberapa dari tempat tinggalnya menggunakan motor.

  3. Menghabiskan waktu bersantai dengan menonton tv dan bermain games.

  4. Pekerjaan rumah secara total diserahkan kepada pembantu.

  5. Kurang berolahraga, jarang bergerak atau beraktivitas fisik.

  6. Memakai lift padahal akses tangga ada.

Kegiatan tersebut dapat mengakibatkan menurunnya fungsi otot yang bisa menurunkan keefisienan dalam melakukan pekerjaan, berkurangnya kualitas hidup, mudah lelah, dan kesulitan untuk bergerak. Bukan hanya itu saja, masyarakat juga akan lebih cenderung mengkonsumsi makanan atau minuman berenergi tinggi (lemak, protein, dan karbohidrat) dan rendah serat. 

Bagaimana solusinya? Apa saja tips ANTI-MAGER?

Solusi yang tepat supaya tubuh menjadi lebih sehat dan tidak menimbulkan beberapa macam penyakit akibat dari males gerak (mager), dengan begitu simak bagaimana YES Family bisa terhindar dari perilaku sedentari antara lain :

DO! LAKUKAN!

  1. Selalu melakukan peregangan ditengah aktivitas duduk dengan senam sedikit supaya otot tidak merasa tegang.

  2. Melakukan berjalan kaki apabila akan ke tempat yang tidak jauh dari rumah seperti minimarket dan toko lainnya.

  3. Tetap aktif bergerak selama di rumah.

  4. Melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.

  5. Berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

  6. Lebih memilih untuk naik tangga di bandingkan dengan naik lift.

Selain itu juga, solusi lainnya adalah dengan menjauhi makanan junk food, rokok dan alkohol. Dapat juga melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui kesehatan tubuh YES Family. Namun solusi tersebut akan berjalan apabila YES Family memiliki kemauan untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat. Dengan melakukan aktivitas fisik tentu akan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan mempengaruhi kualitas hidup YES Family

Nah YES Family, daripada terlalu malas gerak (mager), yuk bergerak! Mari pakai waktu untuk lebih produktif! Hal - hal kecil yang mungkin selama ini terabaikan bisa menjadi solusi sehat untuk YES Family sekeluarga tentunya. 


Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai tips ANTI-MAGER, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :) STAY SAFE & HEALTHY! Say YES to a healthier you! Salam sehat, APOTEK YES FARMA Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung (022) 42825938 Whatsapp: 085759811288 www.apotekyesfarma.com apotekyesfarma.bdg@gmail.comFB, IG, Youtube : apotekyesfarma Tokopedia.com/apotekyesfarma Goapotik.com/penjual/apotek-142 Halodoc partner MOSHealth partner

Special thanks to : Article → Friska Ayuningtyas Editor → apt. Jessica Aryanti

30 views0 comments

Recent Posts

See All