Search

QnA YES Family : "Apa itu Telefarmasi?"

Updated: May 29, 2021




YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"


Hello YES Family!

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, mau konsultasi mengenai obat? Tapi ragu-ragu untuk berkunjung ke apotek langsung?

Tenang, Apotek Yes Farma menawarkan SOLUSI!

Sekarang konsultasi obat bisa #dirumahaja lho dengan layanan TELEFARMASI oleh Apoteker Jessica Aryanti dari Apotek Yes Farma! Nah, YES Family boleh bebas bertanya apapun tentang obat, kapanpun, dimanapun, tanpa perlu mengantri, dengan praktis, aman dan mudah dapat segera mendapatkan jawaban tentang obat!

TELEFARMASI DI MASA PANDEMI COVID19

Sesuai dengan arahan pemerintah mengenai pelayanan kesehatan selama pandemi Covid-19, pelayanan kefarmasian oleh Apoteker secara tatap muka juga perlu dibatasi. Namun pelayanan kefarmasian masih tetap harus berjalan untuk memenuhi kebutuhan pasien melalui pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi.

Apa itu Telefarmasi?

Telefarmasi merupakan bentuk dari pelayanan kefarmasian dimana Apoteker dan Pasien tidak berada di lokasi yang sama namun dapat berinteraksi menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. Telefarmasi dianggap sebagai cara untuk menyampaikan produk dan perawatan farmasi melalui sarana telekomunikasi kepada YES Family dengan cara yang berbeda. Dengan cara ini YES Family dapat menerima obat-obatan dan konseling farmasi lainnya dengan nyaman di mana YES Family dapat memperoleh layanan dengan mudah. Pelayanan kefarmasiaan yang umum diberikan melalui telefarmasi antara lain :

  1. Skrining order obat

  2. Penyiapan obat

  3. Peracikan obat

  4. Pelayanan informasi obat

  5. Konseling tentang obat

  6. Pemantauan terapi obat


Manfaat Teknologi Telefarmasi dalam Pelayanan Kefarmasian Salah satu manfaat utama adalah bahwa banyak cara yang akan dinikmati banyak orang yang tinggal di daerah terpencil terutama jika YES Family yang tidak dapat memperoleh ahli dasar dalam perawatan farmasi sehingga mengurangi biaya perjalanan ke tempat lain untuk layanan yang sama. Pasien juga diberi konseling dan pemberian obat dipantau dari waktu ke waktu untuk memastikan obatnya tersedia. Untuk YES Family, operasi telefarmasi memberikan manfaat yang jelas dalam kenyamanan sederhana karena tidak harus hadir secara fisik untuk menerima layanan dari apotek atau apoteker. Tetapi YES Family juga mendapat manfaat dari peningkatan kualitas perawatan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Amankah Membeli Obat Melalui Pelayanan Telefarmasi Jarak Jauh?

Tentunya sangat aman, kok! dengan catatan layanan tersebut terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF), memiliki apoteker yang siap bertanggung jawab, dan menyediakan sediaan farmasi yang berkualitas, aman, dan memiliki efikasi. Selain itu juga, untuk YES Family pastikan juga apabila akan membeli obat secara online harus memperhatikan beberapa faktor, seperti :

  • Jangan beli obat di toko online yang belum terpercaya, apalagi jika izin apotek penyedia obatnya tidak terverifikasi dan usahakan untuk membeli obat di official store

  • Jangan membeli obat di toko online yang tidak menyediakan nomor kontak atau layanan customer service!

  • Bila YES Family punya keluhan atau kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasi dulu ke pusat layanan kesehatan sebelum membeli obat online. Obat yang dibeli bisa saja tidak cocok dengan kondisi dan tubuh YES Family!

  • Pembelian obat resep wajib melampirkan foto resep atau electronic-resep!

  • Setelah menerima obat yang dipesan, cek lagi apakah obatnya benar dan sesuai pesanan!

  • Jangan mengonsumsi obat yang sudah diterima dari toko obat online apabila YES Family meragukan keaslian produk, kelayakan kemasan, atau tanggal kadaluarsanya!

Pemanfaatan Telefarmasi di Indonesia

Peluang dari pemanfaatan teknologi telefarmasi ini cukup besar di wilayah Indonesia yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. Telefarmasi ini diterapkan agar dapat membantu pelayanan farmasi menjadi lebih baik. Teknologi telefarmasi di dalamnya menggunakan media fitur chat atau video call sehingga sudah pasti membutuhkan jaringan internet yang stabil sehingga pelayanan farmasi melalui telefarmasi bisa optimal. Kini, di Indonesia telah tersedia aplikasi buatan Indonesia yang berfungsi seperti layaknya telefarmasi seperti Halodoc, MOS Health dan GoApotik. Aplikasi tersebut dapat menghubungi ahli pelayanan kefarmasian yang profesional yang mendapatkan Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek. Dengan adanya aplikasi telefarmasi tentu akan membantu Yes Family untuk mengatasi masalah kesehatan. Dengan begitu, kini Apotek Yes Farma telah tersedia fitur telefarmasi untuk membantu Yes Family dalam mengatasi masalah kesehatan seperti alergi, demam, pilek, atau masalah kesehatan lainnya. Yes Family dapat berkonsultasi dengan Apoteker Apotek Yes Farma melalui aplikasi telefarmasi, yaitu :

Halodoc

Goapotik

MOS Health

Tokopedia

Via fitur live chat pada www.apotekyesfarma.com

Via Chat Whatsapp

Via Telepon atau Video Call

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan, vitamin, suplemen dan kesehatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner

114 views0 comments

Recent Posts

See All