Search

YES! GIGI SEHAT

MENJAGA KESEHATAN GIGI

SELAMA PANDEMI COVID-19

Selain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, YES Family juga wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi Covid-19 ini. Terlebih lagi disaat-saat pandemi Covid-19 yang tengah mewabah, kondisi ini membuat intensitas seseorang untuk mengunjungi dokter dibatasi. Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut juga bertujuan agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, sangat penting agar kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.


Apa saja langkah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut?


Walaupun umumnya sakit gigi tidak mengancam nyawa, namun sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi dan diobati, karena bisa saja disebabkan oleh hal yang berbahaya, seperti pembusukan gigi.


Ada beberapa cara menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi Covid-19 sebagai berikut:

1. Menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari.

2. Membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss.

3. Mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari.

4. Gunakan obat kumur/mouthwash antiseptik atau kumur air garam.

5. Mengurangi makanan, minuman atau cemilan manis.

6. Hindari merokok.


Menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut yang sehat, tentu akan membantu agar sistem kekebalan tubuh mampu bertahan untuk melawan segala jenis kuman dan penyakit yang akan menyerang. Bahkan pada saat mengalami sakit gigi karena gigi berlubang atau gusi bengkak, YES Family tentu akan merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan, minum, atau juga terkadang mengganggu pada saat bicara.


PENANGANAN AWAL UNTUK NYERI GIGI


Munculnya rasa sakit dan menusuk pada gigi memang tidak mengenal waktu, bahkan pada saat tengah malam sekalipun. Oleh karena itu, YES Family dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meredakannya sementara waktu sebelum berkunjung ke dokter gigi apabila nyeri tak kunjung bisa mereda :

1. Kunjungi Apotek Yes Farma untuk berkonsultasi dengan Apoteker mengenai obat untuk penanganan awal sakit gigi.

2. Mengonsumsi obat pereda nyeri (analgesik) untuk menghilangkan rasa sakit gigi untuk sementara waktu. Pilih obat pereda nyeri yang termasuk golongan obat bebas (OTC/Over the Counter) atau golongan Daftar Obat Wajib Apotek (DOWA) yang diberikan oleh apoteker.

3. Berkumur dengan cairan kumur/mouthwash antiseptik atau air garam.

4. Apabila terasa bengkak, kompres dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain atau handuk bersih pada pipi.

5. Jika nyeri pada gigi tidak kunjung sembuh selama beberapa hari, dianjurkan segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

6. Selalu rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut.


Jangan biarkan sakit gigi mengganggu aktivitas YES Family. Cobalah untuk melakukan beberapa langkah diatas untuk tetap menjaga kesehatan pada area gigi dan mulut. Tidak perlu menunggu munculnya masalah pada gigi untuk memeriksakan diri atau membersihkan karang gigi ke dokter gigi. Pemeriksaan rutin sudah dapat dilakukan sejak dini. Pada anak berusia 6-12 bulan, pemeriksaan gigi sudah dapat dilakukan sejak gigi pertama muncul. Kemudian, anak remaja hingga dewasa, pemeriksaan gigi dapat dilakukan dengan rutin setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan tak hanya dilakukan untuk memantau kesehatan mulut dan gigi, hal tersebut juga dilakukan guna mendeteksi adanya masalah pada gigi dan mulut, sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan tepat.


Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai cara menjaga kesehatan gigi atau ingin menanyakan info seputar penanganan awal sakit gigi, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!


Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

51 views0 comments

Recent Posts

See All