Search

YES! GOWES

Gowes di Masa New Normal

Amankah Bersepeda Saat Pandemi?

Menikmati pemandangan alam dengan menggunakan sepeda merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain itu, manfaat dalam bersepeda juga sangat banyak bagi kesehatan Yes Family. Bukan hanya sebagai alat untuk rekreasi, bersepeda juga membuat tubuh akan menjadi lebih bergerak dengan aktif untuk  menjaga kualitas kesehatan Yes Family. Bersepeda dapat dilakukan minimal 2,5 jam dalam seminggu atau 30 menit setiap sehari secara rutin memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. 

Lalu apa sajakah manfaat dalam bersepeda? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda jika dilakukan secara rutin:


1. MELATIH OTOT JANTUNG

Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Menurunnya kadar kolesterol jahat akan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal. Semakin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular Yes Family, makin rendah resiko terkenanya stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes. 

2. MERAWAT PERSENDIAN

Sendi-sendi pada lengan dan tungkai juga ikut aktif. Siku, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Pergerakan yang baik pada persendian akan membuatnya semakin fleksibel.  

3. MENJAGA BERAT BADAN

Dengan adanya bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot akan menjadi lebih optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik, dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan. 


4. MELEPAS STRESS

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh tentu saja akan mengurangi beban yang menggelayuti pikiran Yes Family. Ditambah dengan pemandangan yang dapat dinikmati saat bersepeda, maka penurunan tingkat stres dalam tubuh Yes Family akan makin terasa.

5. MEMBAKAR KALORI

Dengan bersepeda dapat membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan yang sedang dan 400 kalori per jam jika kecepatan bersepeda mencapai lebih dari 16 km/jam. Yes Family dapat membakar lemak seberat 5 kg selama setahun hanya dengan bersepeda dalam waktu setengah jam setiap hari dengan kecepatan sedang. 



Amankah bersepeda di masa transisi menuju new normal?

Bersepeda saat pandemi itu tentu aman, akan tetapi Yes Family tetap harus menerapkan protokol kesehatan dan diusahakan untuk tidak kebanyakan mampir atau berhenti lalu nongkrong-nongkrong. Hal itulah yang membuat Gowes menjadi tidak aman. Dan khususnya buat Yes Family yang suka bersepeda ramai-ramai apabila akan beristirahat harus tetap jaga jarak. Supaya mengurangi berhenti di pinggir jalan hanya untuk jajan cobalah untuk membawa persediaan air minum dari rumah. 

Lalu bagaimana tips yang harus dilakukan bersepeda agar tetap aman?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini tips aman bersepeda di tengah pandemi :


1. CEK SEPEDA

Sebelum pergi bersepeda, ada sebaiknya Yes Family untuk pastikan sepeda dalam kondisi baik. Saat pengecekan pastikan rem berfungsi dengan baik, mata rantai dan terlumasi dengan baik juga, serta cek roda dan pastikan roda tidak bergoyang, terakhir pastikan tekanan angin pada ban berada di kondisi yang pas.


2. PAKAI MASKER

Masker digunakan untuk mengurangi udara yang masuk ke paru-paru dan juga untuk mencegah potensi penularan virus Corona saat berada dijalan. Sebagaimana imbauan pemerintah, orang yang keluar rumah harus menggunakan masker. Namun mungkin penggunaan masker akan menyulitkan Yes Family untuk bernapas ketika sedang menanjak atau saat akselerasi. Untuk itu, sebaiknya gunakan masker dengan bahan tipis atau copot sejenak jika sedang menggowes kencang. 


3. JAGA JARAK

Dengan adanya jaga jarak menjadi aturan dasar dalam pencegahan penularan Covid-19. Terutama untuk para pesepeda secara bersama-sama untuk lebih amannya menghindari kerumunan. Cara lainnya dengan menghindari beberapa rute dimana berpotensi terjadinya kerumunan atau keramaian.

Sebaiknya Untuk Bersepeda Sendiri

Agar terhindar dari risiko penularan Yes Family tentu harus menghindari kerumunan termasuk saat bersepeda diluar. Hal tersebut dapat meminimalisasi risiko penularan virus. Dengan begitu selalu usahakan untuk tidak bersepeda secara berkelompok. 


4. PERLENGKAPAN PELINDUNG

Pastikan selalu menggunakan helm demi untuk keamanan saat bersepeda. Lalu gunakan pakaian yang tepat seperti menggunakan baju dengan lengan panjang agar lebih nyaman saat bersepeda. Diupayakan juga untuk menggunakan kacamata untuk mencegah debu, polusi dan kacamata pelindung dapat mengurangi risiko penularan virus. Seperti yang Yes Family ketahui, mata merupakan sebagai salah satu jalur masuk virus Covid-19 selain melalui hidung atau mulut.


Membawa Hand Sanitizer 

Untuk para pesepeda sebaiknya untuk selalu membawa hand sanitizer setiap akan bersepeda. Ini sangat menjadi salah satu upaya agar tangan tetap bersih saat sedang bersepeda. 

Bawalah Botol Air 

Yes Family tentu perlu membawa botol air minum sendiri ketika bersepeda. Oleh karena itu dengan membawa botol air minum sendiri Yes Family tidak perlu membeli minum di tempat keramaian. Dan pada saat akan berhenti Yes Family bisa mencari tempat yang sepi untuk minum dan beristirahat. 


5. PATUHI LALU LINTAS

Saat bersepeda di jalan raya, patuhilah rambu lalu lintas. Supaya aman dan sebisa mungkin bersepeda di jalur khusus bagi pengendara atau gunakan sisi kiri sebagai jalur lambat yang tidak terlalu padat kendaraan. Jangan lupa gunakan bel sepeda saat ingin memperingatkan mobil atau motor. Beri sinyal belok dengan merentangkan tangan Yes Family, jika bersepeda pada malam hari nyalakan lampu sepeda demi keamanan Yes Family. Dan bawa selalu kunci dan gembok sepeda demi keamanan saat parkir.


Membersihkan Diri Setelah Bersepeda

Selalu membiasakan untuk langsung mandi setiap kali setelah bersepeda. Untuk pakaian yang telah digunakan segera dicuci dan jangan dikenakan lagi sebelum dicuci. Demikian dengan maskernya, bersihkan stang sepeda sebelum dan sesudah digunakan, karena area itulah yang sering Yes Family pegang.

YES! GOWES YUK

Bersepeda merupakan pilihan olahraga yang simple dan menyenangkan, tidak kalah penting bersepeda sangat banyak memiliki manfaat terhadap kesehatan. Oleh karena itu, bersepeda dapat melindungi Yes Family dari penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, beberapa jenis kanker, depresi, diabetes, obesitas dan radang sendi. 


Apalagi dengan adanya pembatasan penggunaan transportasi, Yes Family bisa menggunakan sepeda menuju ke tempat yang ingin dituju sekaligus untuk membakar kalori. Bersepeda sambil memperhatikan lingkungan sekitar, aktivitas orang-orang atau memperhatikan kerlap-kerlip lampu kota dapat memberikan mood positif dan menghilangkan penat pikiran. Yuk coba Bersepeda! Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol keamanan dan kesehatan ya di tengah pandemi COVID-19 ini!


YES Family, sehat selalu :)

STAY SAFE & HEALTHY!


Say YES to a healthier you!


Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

22 views0 comments

Recent Posts

See All