Search

YES! HARI KESEHATAN NASIONAL

Updated: Nov 13, 2020

SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL!

- 12 NOVEMBER 2020 -

Hari Kesehatan Nasional (HKN) dirayakan setiap tanggal 12 November. Pada awalnya, hari peringatan ini diadakan untuk menyadarkan tentang betapa pentingnya membangun kesehatan dalam masyarakat dimulai sejak dini. Selain itu juga, HKN mengajak masyarakat untuk melakukan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat.

Perayaan Hari Kesehatan Nasional tahun ini bertemakan "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat" dengan sub-tema "Tetap Menjaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19". Kedua tema tersebut bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang sehat serta tidak merasakan putus asa dalam memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Terdapat juga beberapa upaya kesehatan untuk menjamin kualitas dalam kesehatan.

UPAYA KESEHATAN :

1. Promotif (Promosi Kesehatan)

Promotif merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara kesehatan. Dalam upaya ini ditandai dengan adanya upaya dalam penyampaian informasi yang dilakukan di setiap kegiatan dengan melibatkan kehadiran masyarakat, seperti posyandu, sekolah, kunjungan rumah ke rumah melalui metode penyuluhan atau konseling dan penyebaran brosur yang berisikan tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama pada masa Pandemi Covid-19.

2. Preventif (Pencegahan Penyakit)

Preventif merupakan suatu upaya pengendalian sosial yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Dalam upaya preventif ini dibagi menjadi 2 jenis diantaranya :

Preventif pada masa sebelum sakit

  1. Mempertinggi nilai kesehatan, seperti menjaga pola makan yang sehat dan rajin berolahraga secara teratur.

  2. Memberikan perlindungan khusus terhadap suatu penyakit, seperti memakai masker saat sakit dan mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

Preventif komplikasi pada masa sakit

  1. Mengenal dan mengetahui jenis penyakit pada tingkat awal, serta mengadakan pengobatan secara tepat dan segera.

  2. Pembatasan kecacatan dan berusaha untuk menghilangkan gangguan kemampuan bekerja yang diakibatkan oleh suatu penyakit.

Contoh dari upaya preventif ini adalah melakukan imunisasi kepada bayi, anak balita dan juga ibu hamil untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit yang berbahaya. Tindakan preventif dilakukan dengan mengajak YES Family patuh melaksanakan protokol kesehatan, menerapkan social distancing atau menjaga jarak dengan mengurangi kerumunan terutama pada saat Pandemi Covid-19 dan minum multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


3. Kuratif (Pengobatan Penyakit)

Kuratif merupakan upaya pengobatan terefektif dan terefisien dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera. Dalam upaya ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh penderita. Contohnya seperti swamedikasi di Apotek Yes Farma dan periksakan ke dokter. Swamedikasi adalah pemilihan dan penggunaan obat dari diri sendiri untuk diri sendiri dan tanpa pengawasan medis.


4. Rehabilitatif (Pemulihan Kesehatan)

Rehabilitatif merupakan upaya tertentu yang dilakukan agar penderita dimungkinkan mengalami tahap kembali seperti semula sebelum menderita penyakit dan dimungkinkan untuk dikembalikan ke tengah-tengah masyarakat lagi. Contoh untuk tahap rehabilitatif adalah :

  1. Lembaga kemasyarakatan seperti pembinaan khusus narapidana

  2. Lokalisasi wanita tuna susila seperti wanita dengan resiko penyakit menular

  3. Pembinaan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS)

  4. Rumah sakit khusus kejiwaan

Peningkatan dalam pemahaman masyarakat akan pentingnya hidup sehat juga diharapkan semakin meningkat. Dengan adanya perayaan Hari Kesehatan Nasional ini tentunya bisa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk terus melakukan yang terbaik guna tercapainya peningkatan kualitas kesehatan di negeri ini. Nah sudah siapkah YES Family untuk ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini? Ingat, dengan YES Family berpartisipasi dan memberikan dukungan tentunya sangat berharga demi tercapainya masyarakat indonesia yang lebih sehat.

Ayo tetap semangat melaksanakan upaya-upaya kesehatan!

YES! SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL!

Jadi, sangat penting ya untuk menerapkan upaya-upaya kesehatan! Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai informasi seputar kesehatan dan CARA PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

28 views0 comments

Recent Posts

See All