Search

YES! HIDUP SEHAT MERDEKA

SELAMAT HUT RI KE-75!

YES! MERDEKA = HIDUP SEHAT

Ingin sehat dan merdeka dari penyakit sampai usia tua? Mari simak tips gaya hidup sehat yang YES Family perlu terapkan dengan konsisten!

Kunci dari hidup sehat adalah motivasi dan penerapan pola hidup sehat secara konsisten. YES Family dapat mengawali hidup sehat dengan memilih menu makanan yang lebih sehat atau bisa memulainya dengan rutin berolahraga.


Apa saja inti dari gaya hidup sehat merdeka? 

1. Olahraga 3x/minggu


A. Aktivitas Fisik

Ubah gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga selama sekitar 30 menit setiap kalinya, minimal 3 kali seminggu. Dengan berolahraga, kita dapat meningkatkan kebugaran tubuh terutama untuk memelihara daya tahan tubuh. Salah satu aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan yaitu berjalan kaki. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa jalan 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat dalam mencegah penyakit.


B. Jaga Berat Badan

Obesitas akan meningkatkan resiko terkena penyakit terkait gaya hidup. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal sebaiknya dilakukan agar terhindar dari beberapa penyakit. Seseorang dikatakan memiliki berat badan ideal bila memiliki Body Mass Index (BMI) antara 18,5 - 22,9 kg/m2. Asupan kalori harian juga sebaiknya tidak melebihi kebutuhan. Cara menghitung BMI adalah berat badan (kg) / tinggi badan (m). Bila hasilnya berlebihan atau obesitas maka diskusikan dengan dokter untuk mulai program penurunan berat badan.


2. Minum 2Liter/hari

Kekurangan cairan tubuh atau sering disebut dengan dehidrasi terutama diakibatkan karena kurang minum air putih. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, sistem pencernaan, serta fungsi hati dan ginjal, dan membuat sulit fokus. Kalau sudah begitu maka tubuh lebih rentan terkena penyakit. Jadi YES Family jangan lupa untuk lebih sering minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya ya!


3. Menu Makan Sehat


A. Konsumsi Lemak Baik

Sebaiknya hindari makanan yang digoreng sebab akan meningkatkan konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang buruk bagi kesehatan. Selain gorengan, YES Family juga bisa mengurangi makan makanan yang mengandung banyak mentega atau santen. Sebaliknya, perbanyak mengkonsumsi asupan lemak baik, seperti :

✅ Lemak tidak jenuh tunggal contohnya buah alpukat

✅ Lemak tidak jenuh ganda contohnya omega-3 dan omega-6

✅ Plant stanol sekitar 2 gram perhari contohnya benecol

Lemak baik (HDL) berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.


B. Pilih Karbohidrat yang Baik

Sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung tepung, gula, dan makanan minuman yang manis. Sebagai penggantinya, perbanyaklah konsumsi karbohidrat kompleks yang baik : seperti buah, sayur dan serat lainnya. Serat sangat baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan baik untuk menjaga berat badan, mencegah sembelit, menurunkan resiko kanker kolorektal, dan membantu memelihara kesehatan usus besar melalui perannya sebagai probiotik.


C. Jangan Lupa Antioksidan

Antioksidan adalah khasiat berbagai molekul yang dapat melawan radikal bebas yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Antioksidan bisa dijumpai pada tubuh manusia, maupun berbagai makanan sehat yang banyak terkandung di berbagai buah dan sayuran, serta makanan yang bersumber dari tumbuhan lainnya. Usahakan untuk mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur yang berwarna-warni untuk mendapatkan antioksidan lengkap, seperti : kiwi, jeruk, sayuran hijau, wortel, kacang-kacangan, biji-bijian, aneka jamur

4. Cukup Istirahat


A. Tidur Malam Berkualitas

Mengontrol waktu tidur juga merupakan langkah yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Terlebih lagi, kualitas tidur yang buruk juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung. Untuk meningkatkan kualitas tidur, biasanya untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap malam.


B. Kelola Stres Dengan Baik

Saat YES Family sedang merasa stress, semua sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stress yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Nah oleh sebab itu, berusahalah untuk sebisa mungkin mengurangi segala hal yang dapat menyebabkan stres. Karena stres dapat menimbulkan gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah, dada akan terasa lebih sakit dan akan lebih susah untuk tidur.


5. Patuh Protokol Kesehatan

Kita perlu imbangi antara menjaga kesehatan bersama dengan tetap produktif secara ekonomi. Patuh disiplin kesehatan saat beraktifitas di ruang publik adalah salah satu cara pamungkas lawan COVID-19. Patuhi Protokol Kesehatan demi kesehatan kita bersama! Selain gerakan #dirumahaja dan upaya menjaga kebersihan dengan #mencucitanganpakaisabun, serta selalu #gunakanmasker saat keluar rumah, #immunebooster adalah langkah pencegahan yang baik untuk menghindari COVID-19.


6. Suplemen & Vitamin


A. Konsumsi Vitamin C

Agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga ditengah penyebaran virus Corona ini, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Makanan tinggi kandungan vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi diantaranya jeruk, jambu biji, pepaya, strawberry, dan kiwi. Faktanya jambu biji mengandung 2 kali lebih tinggi banyak vitamin C daripada buah jeruk. Cara paling baik untuk mendapatkan manfaat maksimal vitamin C dari buah adalah dengan mengonsumsinya langsung secara alami.


B. Konsumsi Suplemen Immune Booster

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan berbagai langkah, menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan. Konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuh, selain dari makanan. Suplemen yang mengandung herbal echinacea, elderberry, morinda citrifolia, phyllanthus; multivitamin yang mengandung vitamin A, B kompleks, C, D serta E dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.


C. Vitamin D Alami = Berjemur

Salah satu manfaat berjemur adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Kandungan Vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan berbagai macam penyakit. Waktu yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari yang baik adalah pada saat pagi hari.

Yuk rayakan semangat KEMERDEKAAN dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat!


Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai cara menjaga gaya hidup sehat merdeka dari penyakit, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

14 views0 comments

Recent Posts

See All