Search

YES! IMMUNE BOOSTER

YES FAMILY, AYO SIMAK TIPS BERIKUT INI MENGENAI CARA UNTUK MENINGKATKAN SISTEM IMUN!


KUNCI SEHAT PADA NEW NORMAL :

Selain gerakan #dirumahaja dan upaya menjaga kebersihan dengan #mencucitanganpakaisabun, serta selalu #gunakanmasker saat keluar rumah, #immunebooster adalah langkah pencegahan yang baik untuk menghindari Covid-19.

Immune Booster bisa berasal : baik secara alami dari nutrisi makanan, maupun dari suplementasi multivitamin, herbal, mineral yang diperlukan tubuh kita.


Merebaknya pandemi virus Covid-19 ini menyebabkan masyarakat harus mengkonsumsi berbagai vitamin dan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tidak hanya yang sedang sakit tetapi kini orang yang sehat pun tentunya perlu mengonsumsi suplemen. Dengan begitu immune booster sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan tubuh. 

Apa saja Immune Booster yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun?


1. IMMUNE BOOSTER! FOOD

Makanan sehat yang bernutrisi seimbang dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi.

Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh diantaranya :


Pepaya

Dalam pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang mampu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga dapat terhindar dari penyakit infeksi seperti flu. Pepaya juga sangat baik untuk sistem pencernaan karena adanya enzim papain pada buah ini membuat protein menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh. Dan dengan rutin mengkonsumsi pepaya juga akan menghindari dari penyakit kanker dan menjaga jantung agar tetap sehat. Likopen senyawa antioksidan dalam buah pepaya berperan dalam menangkal radikal bebas.

Bawang Putih 

Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin yaitu bawang putihZat ini mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Selain itu juga, bawang putih mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus dan parasit. Serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap optimal.


Brokoli

Kandungan vitamin C yang terdapat pada brokoli dapat membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai macam infeksi. Terdapat juga kandungan kalsium serta mineral dalam brokoli yang mudah diserap oleh tubuh dan sangat bermanfaat dalam pertumbuhan tulang pada anak-anak serta yang rentan terkena osteoporosis.  


Jahe

Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini yang membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Tak hanya itu saja, jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti mual, muntah, sembelit dan perut kembung. 


Paprika

Paprika mengandung antioksidan, lutein dan zeaxanthin serta aneka vitamin untuk menjaga kesehatan mata seperti vitamin A dan vitamin E. Paprika juga mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Selain itu juga manfaat paprika lainnya adalah untuk membantu mengatasi berbagai kondisi jantung dan pembuluh darah serta menurunkan kolesterol tinggi. Paprika juga sering digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi perut kembung, sakit perut, diare dan kram perut.


Lemon

Lemon mengandung vitamin C dengan jumlah yang tinggi dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Lemon juga menurut penelitian mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan nutrisi pada lemon terlihat berpotensi memiliki sifat antikanker.


Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk ternyata mengandung kalium, folat dan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi jeruk dapat membantu meningkatkan fungsi saraf otak. Buah jeruk tidak mengandung mineral natrium sehingga berpotensi dalam menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Bayam

Sayuran ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B Kompleks, vitamin K dan vitamin E. Sedangkan mineral yang terkandung pada bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalium, potasium dan sodium. Bayam juga mengandung serat dan antioksidan. Dengan mengkonsumsi bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. IMMUNE BOOSTER! VITAMIN

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, YES Family juga penting mengonsumsi vitamin untuk menjaga agar sistem imun tetap sehat dan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit. Beberapa jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh diantaranya :


Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang berfungsi untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh seperti mata, kulit, organ reproduksi dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti hati sapi, susu, keju, yoghurt, telur, buah mangga, sayur bayam dan wortel.

Vitamin B kompleks

  1. Vitamin B1 atau Thiamin adalah salah satu vitamin yang berguna dalam merubah karbohidrat menjadi energi untuk tubuh, terutama untuk otak dan sistem saraf. Vitamin B1 dapat dijumpai dalam berbagai makanan seperti sereal, daging sapi, kacang-kacangan dan telur.

  2. Vitamin B6 atau Pyridoxine adalah nutrisi yang sangat penting bagi fungsi darah, kulit dan sistem saraf pusat dan dapat mengatasi mual saat hamil. Vitamin ini dapat diperoleh dari ubi jalar, ati ayam, daging ayam atau sapi, ikan salmon dan tuna, alpukat dan pisang.

  3. Vitamin B9 atau Asam Folat adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh, salah satunya dalam memproduksi sel darah merah dan juga untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Vitamin ini dapat diperoleh dari bayam, brokoli, kentang, sereal, dan kacang-kacangan. 

  4. Vitamin B12 atau Cobalamin adalah vitamin yang bermanfaat untuk pertumbuhan protein, sel darah dan jaringan. Vitamin B12 secara alami banyak terkandung pada ikan, kerang, daging, susu dan keju.


Vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid adalah nutrisi pembentuk kolagen yaitu zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi vitamin C bermanfaat pada beberapa keadaan seperti batuk dan flu yang ternyata bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C dapat diperoleh secara alami di berbagai jenis buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, cabai, brokoli, paprika dll.

Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan untuk menjaga kesehatan jantung, otak dan otot. Vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Selain itu terdapat juga pada makanan seperti jamur, kuning telur dan ikan.

Vitamin E

Vitamin E atau Alfa Tokoferol adalah jenis vitamin yang digunakan untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah dan otak. Sumber vitamin E adalah dari minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Selain itu juga, dapat diperoleh dari buah dan sayuran seperti bayam, brokoli dan kacang-kacangan.

3. IMMUNE BOOSTER! SUPLEMEN

Suplemen dapat membantu YES Family memastikan telah terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Suplementasi yang diperlukan sebagai tambahan nutrisi di luar asupan makanan bisa berasal dari Produk Herbal atau Mineral :


HERBAL

Obat herbal umumnya terdiri dari kandungan ramuan natural buah, sayur atau rempah yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terdapat beberapa jenis herbal yang sering digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya :


Herbal : Echinacea

Bunga Echinacea purpurea memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga echinacea bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri dengan cara diseduh sebagai teh. Bunga ini juga bisa menjadi obat pencahar yang melancarkan masalah pencernaan YES Family yang menimbulkan efek menenangkan pada pencernaan.

Contoh produk herbal mengandung Echinacea purpurea yang tersedia di Apotek Yes Farma : Imboost (all varian), Imunos, Fituno.


Herbal : Elderberry

Ada berbagai manfaat dari buah Elderberry hingga dijadikan suplemen untuk mengatasi flu dan pilek. Elderberry kaya akan vitamin C yang menjadi sumber utama dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga, ekstrak buah elderberry memiliki efek positif untuk kesehatan jantung, pembuluh darah dan kolesterol. Kandungan buah ini juga dapat mengatasi rasa sakit, bengkak, sakit gigi, luka dan memar.

Contoh produk herbal mengandung Elderberry yang tersedia di Apotek Yes Farma : Imboost Force.


Herbal : Mengkudu

Buah mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit seperti pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol dan tekanan darah. Manfaat mengkudu lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan scopoletin yang ada di dalam buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antijamur dan antihistamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Contoh produk herbal mengandung Mengkudu yang tersedia di Apotek Yes Farma : Fituno.

Herbal : Meniran

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), meniran (Phyllanthus niruri) menjadi salah satu herbal yang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi saat ini virus corona kian merebak, meniran menjadi salah satu yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Contoh produk herbal mengandung Meniran yang tersedia di Apotek Yes Farma : Stimuno.


MINERAL

Mineral sangat berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Selain diperlukan dalam menjaga daya tahan tubuh, mineral juga menjadi bahan baku kinerja enzim, membantu proses pembentukkan tulang dan gigi, merawat fungsi otak, mencegah nyeri otot dan menyalurkan oksigen ke dalam tubuh. Berikut ini beberapa mineral yang esensial dalam proses kerja sistem daya tahan tubuh :


Mineral : Zinc

Zinc adalah mineral yang berperan aktif dalam pertumbuhan, perkembangan serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc banyak terdapat pada daging sapi, daging ayam dan kacang-kacangan. Zinc bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta berperan penting dalam tumbuh kembang pada anak.


Mineral : Magnesium

Magnesium merupakan mineral alami yang berperan dalam perkembangan tulang, menggerakan otot dan pengatur sistem saraf. Rendahnya kadar magnesium dalam tubuh dapat disebabkan oleh malnutrisi, diare kronis, tingginya kadar kalsium dalam darah dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Beberapa makanan yang mengandung magnesium tinggi adalah coklat hitam, pisang, tahu, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan dan alpukat.

Mineral : Kalsium

Sumber kalsium yang paling umum dikenal adalah susu. Hampir seluruh kalsium dalam tubuh tersimpan di tulang dan gigi. Terdapat beberapa makanan yang mengandung kalsium seperti ikan sarden, salmon, brokoli, bayam, susu kedelai, kacang merah dan almond. Kalsium berperan dalam sistem imun dan agar dapat bekerja efektif diperlukan Vitamin D. Salah satu sumber Vitamin D terbaik adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Untuk menjaga daya tahan tubuh sehari-hari, selain makan makanan yang bergizi seimbang, YES Family juga bisa mengonsumsi berbagai produk immune booster berupa multivitamin, suplemen dan herbal yang sudah tersedia di Apotek Yes Farma!

YES Family juga dapat berkonsultasi dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk bersama-sama memilih produk immune booster yang terbaik untuk Anda!

Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai immune booster, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

34 views0 comments

Recent Posts

See All