Search

YES! PHARMACIST ROLE IN COMMUNITY


Suatu kesempatan dan kehormatan untuk Apotek Yes Farma sehingga dapat bekerja sama dalam memfasilitasi penelitian mengenai 'Pengaruh Intervensi Apoteker Klinis pada Kepatuhan Pasien Hipertensi di Apotek Yes Farma'. Penelitian ini diselenggarakan oleh mahasiswa internasional Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, Dhayanee Vengadesan. Supervisor pada penelitian ini adalah Dr. Lia Amalia, S.Si., M.Si., Apt., juga dibimbing oleh Co-Supervisor apt. Cindra Tri Yuniar, S.Farm., M.Si. yang merupakan dosen ITB, serta apt. Jessica Aryanti, S.Farm. selaku Apoteker Pengelola di Apotek Yes Farma.

Hasil penelitiannya pun menarik dan sangat penting penerapannya demi keberhasilan terapi pasien. Mari kita simak berikut ini!

ABSTRAK


Apoteker memainkan peran penting dalam pemberian layanan kesehatan. Selama bertahun-tahun, peran mereka telah berkembang tidak hanya berorientasi pada produk tetapi juga berorientasi pada pasien. Penggunaan obat antihipertensi adalah komponen kunci dari pendekatan jangka panjang untuk mengendalikan kadar BP. Efektivitas pengobatan antihipertensi sudah mapan dan telah dikuantifikasi dalam hal pengurangan keseluruhan risiko relatif stroke dan kejadian penyakit kardiovaskular lainnya serta biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah. Ketidakpatuhan pengobatan adalah masalah beragam, bertanggung jawab untuk meningkatkan masalah kesehatan medis dan publik yang penting seperti hasil terapeutik yang memburuk, tingkat rawat inap yang lebih tinggi, dan peningkatan biaya perawatan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak intervensi apoteker klinis pada kepatuhan obat antihipertensi pada pasien hipertensi dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan obat antihipertensi di antara pasien hipertensi. Ini adalah studi prospektif berdasarkan kuesioner di antara pasien yang mengunjungi Apotek Yes Farma dan menganalisis tekanan darah dan jenis obat antihipertensi yang dikonsumsi yang dilakukan dari 1 Maret hingga 14 Maret 2020. Berdasarkan hasil tersebut, sebagian besar pasien memiliki kepatuhan terhadap obat antihipertensi sedang. sebelum intervensi apoteker. Kepatuhan pasca intervensi tidak dapat ditentukan. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa intervensi apoteker dapat secara signifikan meningkatkan kepatuhan pengobatan dan kontrol tekanan darah pada pasien yang diobati dengan agen antihipertensi.


Kata kunci : Apoteker Komunitas, Intervensi, Kepatuhan Pengobatan, Hipertensi, Pengobatan Antihipertensi, Kuesioner.


Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

20 views0 comments

Recent Posts

See All