Search

YES! Pilates for Asthma

Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Asma Sedunia. Peringatan Hari Asma Sedunia bertujuan agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit asma di seluruh dunia dan cara menanggulanginya. Olahraga Pilates merupakan salah satu cara penanganan penyakit asma yang efektif diantara jenis olahraga lainnya.


YES! Pilates by Apotek Yes Farma with Svarga e-motion sanctuary:

Asma?

Asma merupakan penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menyebakan dada terasa sesak dan sulit bernapas. Akibatnya, keterbatasan pernapasan tersebut dapat mengganggu aktivitas pengidap asma. Di sisi lain, olahraga sangatlah penting untuk siapapun, termasuk pengidap asma. Meskipun beberapa jenis olahraga bisa memicu kambuhnya asma, namun ada beberapa olahraga yang bisa pengidap asma lakukan dengan aman.


Asma & Olahraga?

Bila asma kambuh setelah berolahraga, kondisi ini disebut exercise-induced asthma (EIA). Kenapa bisa kambuh? Asma yang kambuh disebabkan oleh olahraga yang terlalu lama, atau jika terlalu banyak mengeluarkan tenaga secara fisik. Ketika EIA terjadi pada pengidap asma, otot di sekitar jalur udara dalam tubuh akan berubah akibat suhu dan kelembapan, dan bereaksi dengan kontraksi, sehingga jalur udara tersebut menyempit. Kondisi ini menyebabkan pengidap asma mengalami gejala seperti batuk, dada terasa sesak, kelelahan yang berlebihan dan tidak biasa serta sesak napas atau mengi. Gejala EIA ini umumnya dimulai dalam 5-20 menit setelah olahraga dimulai, atau 5-10 menit setelah olahraga selesai. Meskipun olahraga bisa membuat asma kambuh, bukan berarti pengidap asma jadi tidak berolahraga. Pengidap asma harus lebih selektif memilih olahraga yang aman bagi pernapasan dan penyakit asma. Salah satu olahraga yang baik bagi pengidap asma adalah Pilates.


Pilates for Asthma

1.) Walaupun penyakit asma adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, melakukan latihan pernapasan seperti pada olahraga Pilates dapat mengurangi frekuensi kejadian gejala kambuh dan ketergantungan penderita terhadap inhaler serta obat-obatan asma lainnya.

2.) Gerakan Pilates mendorong terjadinya pergerakan pada tulang rusuk yang berdampak pada pengoptimalan kerja paru-paru yang bekerja dalam proses pernapasan.

3.) Gerakan Pilates dapat memperkuat otot-otot di bagian perut yang bertugas mendorong udara keluar sehingga memperbaiki mekanisme proses pernapasan.

4.) Gerakan Swan dan Seated Spine juga dapat membentuk ruang lebih di dada untuk tempat menampung udara.

5.) Pilates dapat meningkatkan koordinasi, fleksibilitas, mobilitas sendi-sendi tubuh, stamina dan juga kekuatan tubuh.

6.) Pilates termasuk jenis olahraga pikiran dan tubuh. Seorang penderita asma juga bisa menjernihkan pikiran, lebih fokus dan cenderung terhindar dari hal-hal penyebab kambuhnya gejala asma seperti stress.

7.) Pilates sangat baik untuk membentuk postur tubuh yang berpengaruh baik bagi proses pernapasan pada penderita asma.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pengidap asma sebelum melakukan olahraga:

✓ Lakukan pemanasan kurang lebih selama 15 menit agar paru-paru mengatur masuknya oksigen ke dalam tubuh.

✓ Tutup mulut dan hidung dengan masker jika cuaca dingin untuk menghangatkan udara sebelum masuk ke paru-paru.

✓ Selesai berolahraga, lakukan pendinginan kurang lebih selama 15 menit dengan baik dan benar.

Semoga infonya dapat bermanfaat :) Ayo jaga kesehatan pernapasan kita yang salah satu caranya adalah dengan olahraga Pilates!


Say YES to a healthier you!


Salam sehat,

Apotek Yes Farma

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com


#apotekyesfarma #hariasmasedunia #pilatesforasthma #throwback #grandopening #happybirthday #pharmacy #business #bisnisapotek #apotekbandung #stayhealthy #farmasi #apotek #apoteker #tanyaobattanyaapoteker #likeforlike #infobandung #pharmacist #healthcare #pharmaceuticalcare #farmasiklinik #farmasikomunitas #obat #vitamin #suplemen #resep #sehat #healthy #pharmacyindonesia #manajemen #wirausaha #praktikapoteker

39 views0 comments

Recent Posts

See All