Search

YES! REMINDER : HARI PENGLIHATAN SEDUNIA

Updated: Oct 8, 2020

WORLD SIGHT DAY 2020 : HOPE IN SIGHT

Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day diperingati pada tanggal 8 Oktober 2020, dengan tema Internasional "Hope in Sight" dan tema Nasional "Mata Sehat Indonesia Maju".

Menjaga kesehatan mata agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting, karena dapat menghindarkan YES Family dari risiko berbagai macam penyakit pada mata bahkan hingga hilang penglihatan. Menjaga kesehatan mata sejak dini adalah kunci mata tua yang lebih sehat.


Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia. Namun, sayangnya kesehatan mata sering diabaikan, padahal hal sederhana juga bisa berdampak. Bila sampai terjadi gangguan pada fungsi penglihatan, produktivitas pasti terganggu. Oleh karena itu, mata sehat adalah modal untuk tetap produktif setiap hari, sebaiknya rutin cek kesehatan mata secara berkala, meski tak ada keluhan. Dengan begitu, bila ada gangguan pada mata, itu bisa terdeteksi sedini mungkin dan dapat mendapatkan penanganan yang paling sesuai.


CARA MENJAGA KESEHATAN MATA 

Istirahat dapat membantu memulihkan tubuh yang lelah, begitu juga pada mata. Namun, bila sudah istirahat mata tetap saja terasa lelah, mungkin YES Family perlu mengevaluasi kebiasaan aktivitas setiap harinya.  Mata lelah biasanya ditandai dengan pegal di sekitar mata, terasa kering hingga penglihatan menjadi buram pada beberapa orang. Selain mata lelah, masih banyak gangguan pada mata yang bisa muncul apabila YES Family tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan mata dengan baik.


Agar penglihatan tetap prima, lakukan tips berikut ini:


Rutin memeriksakan mata

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga usia lanjut, dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali. Rutin memeriksakan mata dapat mendeteksi dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu. Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti glaukoma dan katarak. Sedangkan anak-anak harus diperiksa, setidaknya dua tahun sekali, untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan belajarnya.


Jangan terlalu lama menggunakan perangkat elektronik

Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika YES Family bekerja atau belajar di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata YES Family terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

Rutin cek gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol

Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol Anda. Menjaga kadar glukosa darah, tekanan darah dan kolesterol Anda tetap normal dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata dan seluruh tubuh Anda.


Asupan vitamin mata

Asupan makanan sehari-hari ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mata. Biar indra penglihatan ini selalu sehat, cobalah untuk rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E, asam lemak omega 3, zinc dan lutein. Terdapat juga kandungan nutrisi yang dapat dikonsumsi seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk. Jika perlu, bisa juga menggunakan vitamin mata berupa obat tetes mata. Selain itu, cara menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Bila mata sudah terasa gatal atau menjadi merah dapat diatasi dengan obat tetes untuk iritasi mata ringan dan jika perlu juga dikompres. Jika YES Family merasa terkena seperti butiran pasir di mata, maka bilas dengan cairan khusus pencuci mata atau cairan irigasi mata.

Dengan begitu, YES Family harus tetap menjaga kesehatan mata sedini mungkin. YES Family pun dapat mengonsumsi suplemen untuk kesehatan mata untuk menjaga mata agar dapat ternutrisi meski lebih sering menggunakan gadget atau komputer lainnya. Yuk, jaga mata agar tetap sehat dengan mengikuti tips-tips di atas. Apabila YES Family memiliki masalah tentang keluhan pada mata sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata,

YES! SELAMAT HARI PENGLIHATAN SEDUNIA!

Jadi, sangat penting ya untuk menjaga kesehatan mata! Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai informasi seputar kesehatan dan CARA PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

33 views0 comments

Recent Posts

See All