Search

YES! STEPS - SEDIAAN MATA

Updated: Sep 24, 2020

Hello YES Family!

Cara penggunaan obat yang benar sangat penting agar bisa menjamin obat yang dipakai dapat bekerja dengan optimal.

Apakah ada yang pernah merasakan kesulitan saat menggunakan obat sediaan khusus?

Sediaan khusus yang dimaksud adalah obat-obatan yang cara penggunaannya selain ditelan langsung dengan air putih.


Misalnya, sudah pakai obat mata yang diresepkan oleh dokter tetapi keluhan tidak kunjung sembuh?

Yuk dicek step by step cara penggunaannya!

Cara menggunakan obat dapat mempengaruhi efektivitas obat dalam mengatasi keluhan pada mata yang sedang dirasakan. Apapun jenis obat mata yang diberikan, kerjanya tidak akan optimal jika cara menggunakannya tidak benar.


YES! STEPS - SEDIAAN MATA


Perhatian!

Tidak disarankan untuk menggunakan obat tetes mata herbal seperti menggunakan air rebusan daun tertentu atau dengan tetesan air jeruk nipis. Karena cara tersebut tentu akan meningkatkan resiko infeksi penyakit pada mata. Jika keluhan sakit mata telah coba ditangani dengan menggunakan obat-obatan swamedikasi yang tersedia di apotek namun belum membaik, maka sebaiknya YES Family berkonsultasi lebih lanjut ke dokter ya!


Mari kita simak langkah-langkah cara penggunaan obat sediaan mata yang benar! #tanyaobattanyaapoteker


A. TETES MATA

Pemberian tetes mata bertujuan untuk obat bisa diserap dengan cepat oleh mata atau target pengobatan pada permukaan bola mata. Kelebihan obat tetes mata adalah kenyamanan penggunaan obatnya lebih baik dibandingkan salep mata. Namun, frekuensi penggunaan obat tetes mata perlu lebih sering karena lebih cepat terbilas dari mata.

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan obat tetes mata :


1. Cuci Tangan

Sebelum YES Family meneteskan obat tetes mata, pastikan bahwa YES Family sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya supaya mencegah terjadinya kontaminasi (masuknya kuman).

→ Selalu Cek Kemasan Obat Tetes Mata!

Pada saat mengambil dan membuka tutup botol, perlu diperhatikan apakah ada cacat pada kemasan obat atau tidak. Harus diingat juga bahwa lubang penetes tempat keluar obat adalah daerah steril sehingga jangan sampai bagian tersebut tersentuh oleh benda apapun, termasuk tangan, mata atau bagian tubuh lainnya.


2. Mendongak atau Berbaring

Pada saat akan meneteskan obat tetes mata, usahakan YES Family telah berada pada posisi yang nyaman, bisa dalam posisi berbaring atau mendongak. Pastikan untuk buka mata lebar-lebar dan arahkan pandangan mata ke atas.


3. Posisi Tangan (optional)

Jika perlu, posisikan tangan mengepal. Tujuannya untuk mengurangi risiko kontaminasi, karena pada ujung jari kita cenderung terdapat lebih banyak kuman!


4. Tarik Kelopak Mata Bawah

Sebelum meneteskan obat tetes mata, tarik kelopak mata bagian bawah sehingga membentuk kantung. Kantung tersebut adalah target lokasi kita meneteskan obat tetes mata.


5. Teteskan Obat

Pencet perlahan botol obat tetes mata agar dosis obat yang keluar tidak berlebihan. Teteskan pada mata yang bermasalah.


6. Posisi Tetes Mata

Dengan menggunakan tangan lain, pegang obat tetes mata dan posisikan ujung pipet obat tetes mata kira-kira berjarak 2,5 cm dari mata. Pastikan ujung pipet obat tidak menyentuh permukaan benda apapun, termasuk mata. Hal ini untuk mencegah kontaminasi. Arahkan ujung pipet obat tetes mata ke kantung bagian bawah kelopak mata.


7. Bersihkan Sisa Obat

Tutup Mata Perlahan

Setelah memastikan obat tetes telah masuk ke dalam mata, lepaskan tangan dari kelopak mata dan turunkan kepala menghadap lurus. Tutup mata selama 2-3 menit untuk memberikan waktu bagi mata YES Family untuk menyerap obatnya. Jangan berkedip terlalu kencang karena akan mendorong cairan obat keluar dari mata yang belum terserap.

Setelah itu, hapus kelebihan obat dengan menggunakan tissue kering bersih secara perlahan dan jangan lupa tutup kemasan obat agar tidak terkontaminasi oleh kuman. Dan, jangan lupa setelah itu untuk mencuci tangan.


8. Pijit Pelan

Tekan sudut mata bagian tengah dekat dengan batang hidung, pijit secara perlahan. Tujuannya supaya cairan obat mata tidak masuk ke saluran air mata yang berhubungan dengan hidung, dan agar obat tetes mata dapat tersebar merata di dalam rongga mata.


*IMPORTANT NOTES!

Jika harus menggunakan lebih dari satu jenis obat tetes mata, berikan jarak waktu sekitar 5 menit sebelum meneteskan obat kedua. Jika terlalu cepat diberikan maka obat yang pertama tidak akan efektif sehingga YES Family harus mengulangnya.

Pada kondisi penyimpanan obat tetes mata yang tepat, obat tetes mata boleh digunakan HINGGA 1 BULAN SETELAH KEMASAN DIBUKA karena setelahnya kemungkinan obat tersebut telah terkontaminasi. Setelah 1 bulan, jangan menggunakannya lagi! Untuk sediaan obat tetes yang minidose : per botolnya boleh digunakan maksimal 1 minggu setelah kemasan dibuka!


B. PENCUCI MATA

Obat yang paling tepat untuk dapat mengembalikan kesegaran pada mata, membersihkan mata dari kotoran atau debu adalah larutan pencuci atau pembersih mata.

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan larutan pencuci mata :


1. Cuci Tangan

Sebelum YES Family meneteskan obat tetes mata, pastikan bahwa YES Family sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya supaya mencegah terjadinya kontaminasi (masuknya kuman).

Lepas Lensa Kontak

Jika YES Family sedang menggunakan lensa kontak, maka wajib untuk lepaskannya terlebih dahulu. Karena lensa kontak akan menghalangi larutan menyebar pada mata.

Bersihkan Kelopak Mata

Sebelum menggunakan larutan pencuci mata pastikan juga kelopak mata YES Family bersih, terutama dari sisa kosmetik agar zat yang ada pada make-up tidak tercampur dengan kandungan larutan sehingga mata terhindar dari efek samping yang akan membahayakan mata.


2. Isi Wadah Eyebath

Bersihkan Eyebath

Ini adalah salah satu yang membedakan obat tetes mata dengan larutan pembersih mata, dalam larutan pembersih mata seperti Y-Rins dan Rohto Eye Flush ada sebuah wadah (eyebath atau eyecup) yang nantinya digunakan untuk menuangkan larutan dan mengaplikasikan larutan pencuci pada mata. Sebelum digunakan, pastikan YES Family telah membersihkan dahulu wadah tersebut agar steril dari kontaminasi zat lain seperti debu.

Setelah dibersihkan, isi wadah eyebath dengan larutan pencuci mata sampai dirasa cukup, usahakan untuk tidak terlalu penuh karena nanti wadah akan langsung diaplikasikan ke mata. Biasanya yang direkomendasikan adalah isi sekitar 5 ml atau sesuai garis batas petunjuk pada eyebath.


3. Tundukan Kepala & Dekatkan Eyebath ke Kelopak Mata

Selanjutnya pada saat akan menggunakan larutan pencuci mata, pastikan posisi kepala sedikit menunduk ke depan dan dekatkan eyebath ke kelopak mata YES Family.


4. Tempelkan Eyebath pada Mata

Sesuaikan posisi agar eyebath menempel dengan baik pada mata supaya larutan pembersih dapat mengalir bebas ke seluruh permukaan mata.


5. Kedipkan Mata

Kedipkan mata beberapa kali sambil tekan-tekan perlahan bagian bawah eyebath agar cairan mengalir dengan optimal untuk membersihkan mata dalam posisi sedikit menunduk atau sedikit mendongak, tanpa perlu khawatir cairan tumpah.


6. Lakukan Selama Kurang Lebih 30 Detik

Putar pandangan YES Family untuk membuat larutan tersebar dengan merata sehingga membersihkan dan menyegarkan seluruh bagian permukaan bola mata. Jika perlu, YES Family juga bisa sambil menggerakan kepala sedikit.


7. Larutan Pencuci Mata Bekerja

Setelah merasa cukup untuk membersihkan mata, lepas eyebath dari kelopak mata, lalu pejamkan mata beberapa detik dan bersihkan larutan yang mungkin terkena wajah dan sekitar kelopak mata dengan menggunakan tissue.

Buang Larutan Eyebath

Larutan yang dituang di eyebath hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Oleh karena itu, buang larutan yang tersisa pada eyebath lalu bersihkan eyebath tersebut.


8. Simpan pada Kotak Obat

Penyimpanan obat juga dapat berpengaruh terhadap kualitas obat. Simpan obat pada kotak obat atau tempat pada suhu ruang terkontrol yang terhindar dari cahaya matahari langsung dan terhindar dari lembab.


*IMPORTANT NOTES!

Selain membersihkan mata, setelah menggunakan obat pencuci mata YES Family akan merasakan mata kembali lebih segar dan meringankan iritasi ringan yang mungkin sering dialami dari radiasi gadget dan laptop. Larutan pencuci mata bisa digunakan pagi atau malam hari. Pada kondisi penyimpanan yang tepat, larutan pencuci mata dapat digunakan HINGGA 1 BULAN (MAKSIMAL 3 BULAN) SETELAH KEMASAN DIBUKA. Jangan gunakan larutan pencuci mata jika terdapat perubahan warna, kekeruhan atau terdapat partikel di dalam larutan pencuci mata tersebut, karena dikhawatirkan sediaan obat telah terkontaminasi!


C. SALEP MATA

Untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada mata, YES Family perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mata. Salep mata termasuk golongan obat keras yang memerlukan resep sesuai petunjuk dokter. Dokter akan memberikan jenis salep mata yang sesuai dengan gejala yang dirasakan masing-masing pasien. Kelebihan salep mata adalah obat lebih lama bekerja di dalam mata, sehingga frekuensi penggunaan salep mata biasanya tidak perlu sesering obat tetes mata. Namun, pada saat penggunaan salep mata biasanya pengguna akan merasa pandangannya sedikit buram sebentar. Agar salep mata bekerja dengan optimal, berikut ini beberapa langkah dapat YES Family lakukan sebelum dan selama pemakaian salep mata :


1. Cuci Tangan

Sebelum YES Family meneteskan obat tetes mata, pastikan bahwa YES Family sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya supaya mencegah terjadinya kontaminasi (masuknya kuman).

→ Selalu Cek Kemasan Obat Salep Mata!

Pada saat mengambil dan membuka tutup tube salep mata, perlu diperhatikan apakah ada cacat pada kemasan obat atau tidak. Harus diingat juga bahwa lubang tempat keluar obat adalah daerah steril sehingga jangan sampai bagian tersebut tersentuh oleh benda apapun, termasuk tangan, mata atau bagian tubuh lainnya.


2. Posisi yang Nyaman di Depan Cermin

Posisikan wajah dengan nyaman di depan cermin. Cermin diperlukan agar tube salep dapat diarahkan dengan akurat, hati-hati jangan sampai menusuk mata. Arahkan pandangan mata sedikit ke atas sambil melihat cermin.


3. Tarik Kelopak Mata Bawah

Tarik kelopak mata bagian bawah hingga membentuk kantung kecil. Lalu pencet salep mata secara perlahan sampai salep keluar hingga kira-kira sepanjang 1 cm pada kantung bagian bawah mata tersebut.


4. Oleskan Salep Mata

Setelah salep mata dioleskan pada kantung bagian bawah mata, angkat tube salep mata sedikit ke atas sehingga salep mata terputus. Selalu diperhatikan agar ujung tube salep mata tidak menyentuh area mata ataupun permukaan lainnya, supaya salep tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kuman.


5. Bersihkan Sisa Obat

Tutup Mata Perlahan

Setelah salep masuk ke dalam mata, pejamkan mata sekitar 2-3 menit untuk memastikan salep mata menyebar keseluruh bagian mata. Setelah itu, hapus kelebihan obat dengan menggunakan tissue kering bersih secara perlahan.


6. Tutup Tube Salep Mata

Jangan lupa tutup kemasan obat salep mata dengan rapat agar tidak terkontaminasi oleh kuman. Dan, jangan lupa setelah itu untuk mencuci tangan.


7. Pijit Pelan

Tekan sudut mata bagian tengah dekat dengan batang hidung, pijit secara perlahan. Tujuannya supaya obat mata tidak masuk ke saluran air mata yang berhubungan dengan hidung, dan agar obat salep mata dapat tersebar merata di dalam rongga mata.


8. Simpan pada Kotak Obat

Penyimpanan obat juga dapat berpengaruh terhadap kualitas obat. Simpan obat pada kotak obat atau tempat pada suhu ruang terkontrol yang terhindar dari cahaya matahari langsung dan terhindar dari lembab.


*IMPORTANT NOTES!

Jika harus menggunakan lebih dari satu jenis obat sediaan mata, berikan jarak waktu sekitar 5 menit sebelum meneteskan atau mengoleskan obat kedua. Jika terlalu cepat diberikan maka obat yang pertama tidak akan efektif sehingga YES Family harus mengulangnya.

Pada kondisi penyimpanan obat salep mata yang tepat, obat salep mata boleh digunakan HINGGA 1 BULAN SETELAH KEMASAN DIBUKA karena setelahnya kemungkinan obat tersebut telah terkontaminasi. Setelah 1 bulan, jangan menggunakannya lagi!

Apabila YES Family harus memakai obat tetes mata dan salep mata, maka sebaiknya menggunakan obat tetes mata terlebih dahulu, lalu tunggu lima menit, setelah itu baru menggunakan salep mata. Jangan mengoleskan salep mata pada saat sedang menggunakan lensa kontak mata!


Bagi YES Family yang menggunakan lensa kontak, hindari memakai obat mata saat lensa kontak sedang dikenakan. Sebaiknya lepas dahulu lensa kontak sebelum menggunakan obat tetes jenis apapun. Direkomendasikan untuk tidak menggunakan lensa kontak terlebih dahulu selama pengobatan mata berlangsung!


Nah!

Jadi, sangat penting untuk memahami cara pakai obat sediaan mata dengan benar agar obat dapat berfungsi optimal! Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai informasi CARA PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!


Say YES to a healthier you!


Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner





Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti


716 views0 comments

Recent Posts

See All