Search

YES! TIPS ANAK SEHAT

VITAMIN C UNTUK ANAK SEHAT :)

Halo YES Family!

Anak yang sehat pasti membuat orang tua senang dan tenang. Nah, inti untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan meningkatkan imunitasnya. Sistem imun atau daya tahan tubuh ini nantinya akan menjadi ‘benteng’ yang melindungi si kecil dari kuman penyakit.


Dalam masa pandemi ini, kita harus selalu waspada terhadap penyakit COVID-19 yang bisa menyerang siapa saja. Penting bagi orang tua untuk mengenali langkah pencegahan dan apa saja gejala yang bisa menandakan anak terinfeksi virus Corona.


Pasalnya, gejala Covid-19 pada anak cenderung lebih ringan seperti pilek biasa atau bisa saja tanpa gejala. Hal ini diduga karena pada anak-anak, kelenjar timus (kelenjar yang terletak di tengah rongga dada, tepatnya di belakang tulang dada dan di antara paru-paru) yang terlibat dalam sistem imun tubuh masih bekerja secara maksimal.


Gejala infeksi COVID-19 pada anak bisa muncul berdasarkan penelitian saat ini, meliputi :

- Demam

- Pilek

- Radang tenggorokan atau tenggorokan kering

- Batuk

- Sesak napas

Selain itu juga, gejala pencernaan seperti muntah dan diare juga bisa disebabkan namun jarang terjadi. Walaupun umumnya ringan, gejala pada anak-anak juga bisa berkembang menjadi syok sepsis dan acute respiratory distress syndrome atau gagal napas akut yang sangat berbahaya.


Lalu bagaimana cara mencegah infeksi tersebut pada anak-anak?


Berikut ini adalah cara pencegahan COVID-19 yang bisa diterapkan demi anak sehat:

1. YES! Ayo selalu biasakan pakai masker!

Pilihlah masker yang ukurannya pas untuk anak-anak dan anjurkan si Kecil memakai masker bila berada di dekat orang yang sedang sakit. Jangan lupa untuk mengajarinya cara memakai masker yang benar dan ingatkan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh masker.


2. YES! Ayo di-imunisasi biar tetap kuat!

Jangan lewatkan jadwal imunisasi! Ada banyak jenis imunisasi pada anak yang harus dilakukan, masing - masing imunisasi tersebut punya jadwalnya sendiri dan tidak boleh dilewatkan. Jadi selalu pastikan kalau YES Family selalu membawa anak ke fasilitas kesehatan untuk melakukan imunisasi atau vaksinasi sesuai dengan jadwalnya.


3. YES! Ayo selalu jaga kebersihan tangan!

Ajarkan si Kecil untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan ia membasuh seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan, sela-sela jari, dan ujung kuku. Biasakan anak untuk mencuci tangannya secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, serta setelah batuk atau bersin. Jika sedang berada di tempat yang jauh dari wastafel, bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.


4. YES! Ayo makan makanan bergizi!

Asupan gizi yang kaya akan sayuran dan buah-buahan tinggi beta karoten, seperti wortel dan jeruk, diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak untuk melawan infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Guna membangun daya tahan tubuh yang kuat untuk mencegah infeksi virus Corona pada anak, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, pastikan makanan yang diberikan kepada si Kecil telah dimasak hingga matang.


5. YES! Ayo semangat berolahraga!

Selalu ajarkan anak untuk rutin berolahraga, kalau bisa aktivitas olahraga dilakukan bersama-sama sehingga si Kecil bisa lebih menikmatinya. Tidak hanya menjaga kebugaran saja namun berolahraga dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan virus. Pilihlah olahraga yang disukai oleh anak asalkan dapat dilakukannya secara rutin dan membuat sang anak lebih aktif untuk bergerak.


6. YES! Ayo rajin minum Vitamin C!

Dengan memberikan vitamin C pada anak akan mencegah terserangnya penyakit akibat virus ataupun bakteri. Asupan vitamin C yang cukup dapat menunjang untuk daya tahan tubuh anak yang kuat.

Tersedia berbagai produk suplemen yang kaya akan vitamin C di Apotek Yes Farma lho!

7. YES! Ajari anak untuk etika batuk dan bersin

Ajarkan anak untuk selalu menutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu ketika batuk ataupun bersin, dan jangan lupa untuk mengingatkan juga agar anak mencuci tangan setelah batuk ataupun bersin dan membuang tisu yang telah dipakai oleh anak.


8. YES! Selalu mengajarkan mandi setelah bepergian

Mandi setelah bepergian juga hal yang sangat dianjurkan, Ada baiknya untuk membersihkan segalanya sebelum menyentuh apapun, karena jika diri sendiri belum bersih, ada kemungkinan bakteri bisa menular. Selain mandi, disarankan juga untuk mencuci baju yang dipakai setelah bepergian. Hal ini dilakukan agar pakaian tersebut bersih untuk pemakaian selanjutnya.


9. YES! Menjaga kebersihan lingkungan

Anak perlu memahami betul pentingnya kebersihan lingkungan tempat tinggal karena sangat berkaitan dengan kesehatan. Tempat yang kotor akan mudah menjadi sarang penyakit.


Pencegahan infeksi virus Corona pada anak sebenarnya sama dengan cara pencegahan pada orang dewasa. Namun, perlindungan penyakit pada anak juga perlu ditambah dengan melengkapi imunisasinya. Walaupun belum ada vaksinasi khusus untuk virus Corona, pastikan si Kecil mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap dan sesuai jadwal. Agar kesehatan anak tetap optimal, lakukan kebiasaan tersebut bersama dengan pola hidup sehat untuk anak. Konsultasikan dengan dokter jika anak memiliki kondisi khusus yang lebih rentan terhadap virus untuk tindakan pencegahan yang sesuai. Menjaga kebersihan tubuh si kecil adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan agar sang buah hati terhindar dari virus corona.


Dapatkan suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anak seperti vitamin C dan penambah nafsu makan di Apotek Yes Farma! YES Family bisa berkonsultasi dengan apoteker Apotek Yes Farma untuk bersama-sama memilihkan vitamin suplemen terbaik untuk anak tersayang.


YES Family, sehat selalu :)

STAY SAFE & HEALTHY!


Say YES to a healthier you!


Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner


Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti


34 views0 comments

Recent Posts

See All