Search

YES! WASPADA KOLESTEROL

Hari Raya Idul Adha

adalah salah satu hari besar umat Muslim yang dirayakan di seluruh dunia. Momentum ini biasanya identik dengan berkumpulnya keluarga untuk makan-makan olahan daging kurban, seperti rendang, sate, gulai, tongseng, dan lain-lain. Sebenarnya tidak masalah dengan olahan tersebut, karena protein daging sebenarnya juga dibutuhkan oleh tubuh. Namun untuk kalangan usia tertentu, ada baiknya makanan tersebut dibatasi. Makan olahan daging kurban dapat menyebabkan naiknya kolesterol dan berat badan karena jika dilihat dari kandungan gizinya, mengandung lemak tinggi, khususnya lemak jenuh, dan kolesterol jahat (LDL) yang membuat berat badan naik. Sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol tubuh agar terhindar dari penyakit mematikan seperti stroke atau serangan jantung.

Oleh karena itu, yuk mari kita simak tips menjaga kadar kolesterol berikut ini!


TIPS MENJAGA KADAR KOLESTEROL


Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Ada berbagai cara untuk menjaga kolesterol, intinya adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Cara ini dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol dengan baik.


2 JENIS KOLESTEROL

Secara sederhana, kolesterol dalam tubuh diangkut oleh 2 macam lipoprotein, yaitu HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein). HDL biasanya disebut sebagai kolesterol baik yang membawa kelebihan kolesterol dari pembuluh darah atau bagian tubuh lainnya ke hati untuk dieliminasi. HDL ini ibarat 'cleaning service' yang membersihkan tumpukan lemak yang tidak diinginkan ini. Sedangkan, LDL biasanya disebut sebagai kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah. LDL ini bertugas untuk menumpuk lemak di pembuluh darah, yang jika berlebihan bisa berbahaya karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah dapat berakibat pada penyakit stroke atau serangan jantung yang membahayakan tubuh.

Kolesterol total yang tinggi dapat terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (>200 mg/dl). Adapun, batasan kadar HDL atau kolesterol baik yang normal dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih. Sedangkan, LDL atau kolesterol jahat sebaiknya berada pada tingkat yang rendah atau dapat ditoleransi tubuh, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Apabila terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi memang biasanya tidak memberikan tanda dan gejala apapun, namun dapat diketahui melalui tes darah. Kemungkinan YES Family memiliki kolesterol tinggi juga dipengaruhi oleh riwayat keluarga.


Apa saja tips yang tepat agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi?


Kolesterol tinggi biasanya dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Secara simple, terdapat dua tips yaitu, cara menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan cara meningkatkan kolesterol baik (HDL) ::


Tips Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

1. Berolahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara rutin agar berat badan tidak mudah naik. Menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu cara supaya mencegah naiknya kolesterol jahat. Oleh sebab itu, jagalah berat badan YES Family agar tetap ideal dengan rutin berolahraga. Usahakan untuk melakukannya setiap hari atau juga lima hari dalam seminggu. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah 30 menit dalam satu minggu. Sebagai awal, cobalah olahraga aerobik seperti jogging atau bersepeda.

2. Terapkan pola dan menu makan sehat

Makanan juga perlu dikurangi asupannya adalah lemak jenuh dan lemak trans karena pasalnya semakin banyak lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi, maka semakin tinggi juga kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Guna untuk menjaga kolesterol tetap normal, YES Family perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak trans seperti : Gorengan, Junk Food, Kue-kue manis, Es krim, Cemilan kemasan, Mentega, Kerupuk dsb.

3. Minum obat sesuai anjuran dokter

Salah satu cara yang terbukti ampuh adalah mengkonsumsi obat sesuai dengan yang telah dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter akan menyarankan obat kolesterol dan juga suplemen untuk menurunkan kolesterol agar tetap di batas normal. Minumlah obat kolesterol sesuai anjuran dokter dan jangan hentikan penggunaan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. Bila ada sesuatu yang belum YES Family pahami mengenai obat kolesterol, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter. Dengan begitu, YES Family mungkin akan berhasil menjaga kolesterol tetap pada angka normal.

Tips Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

1. Mengkonsumsi makanan yang berpotensi meningkatkan HDL

Dengan mengkonsumsi makanan yang baik tentu akan meningkatkan kadar kolesterol baik seperti kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang kenari dan almond makanan tersebut juga dapat menurunkan berbagai komplikasi kolesterol, seperti serangan jantung. Dan juga dapat mengkonsumsi oatmeal yang mengandung serat yang baik untuk meningkatkan HDL. Selain oatmeal juga serat yang baik untuk kolesterol juga bisa ditemukan pada makanan kacang merah dan susu kedelai yang mampu meningkatkan HDL.

Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mencegah berbagai macam penyakit yang umumnya menjadi komplikasi pada kolesterol tinggi. Jenis sayuran yang bisa dikonsumsi YES Family adalah sayuran hijau misalnya bayam. Sayuran ini dapat melindungi pembuluh darah arteri dari tumpukan kolesterol. YES Family juga disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau setiap harinya. Dan juga bisa mengkonsumsi buah sebagai alternatif pengganti asupan lemak misalnya alpukat, anggur, dan apel.

Selain mengkonsumsi makanan tersebut tak kalah dengan makanan yang kaya akan kandungan Omega-3 yang dapat dipercaya membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, ikan gabus, makarel, tuna, dan sarden.


2. Berhenti merokok

Jika YES Family masih sering merokok, ini saat yang tepat untuk berhenti melakukan kebiasaan sehat yang satu ini. Kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Merokok juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti tekanan darah dan diabetes. Jika ini terjadi, resiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.


3. Pilih minum air putih

Apabila YES Family merasa haus ketika sedang berada diluar rumah, selalu pilih air putih dibandingkan dengan soft drink atau minuman manis lainnya. Dengan mengkonsumsi minuman manis dapat meningkatkan kadar trigliserida di dalam darah. Kolesterol dan trigliserida memang berbeda tapi saat terbiasa meminum minuman manis kadar kolesterol baik (HDL) akan cenderung rendah. Membawa minuman sendiri merupakan salah satu cara juga yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi saat berada diluar rumah.


Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai cara mengontrol kadar kolesterol atau ingin menanyakan info penggunaan obat kolesterol, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!


Nah dengan begitu, tetap menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal ya YES Family. Apalagi akan menjelang Hari Raya Idul Adha tentu akan banyak olahan daging seperti daging kambing dan daging sapi. Kedua daging tersebut sangat digemari oleh warga Indonesia. Kandungan kolesterol dalam daging kambing memang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Terlepas dari cara mengolah dan memasak kedua daging tersebut juga penting.


Itulah beberapa tips untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang bisa dilakukan oleh YES Family, dengan tentunya sambil menjalani pengobatan dari dokter. Dan jangan lupa, untuk periksalah kadar kolesterol secara rutin sesuai anjuran dokter.


Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

28 views0 comments

Recent Posts

See All