Search

BIJAK MENGGUNAKAN ANTIBIOTIK

WASPADA! Penggunaan antibiotik yang sembarangan dapat mengakibatkan resistensi antibiotik!

Mungkin YES Family pernah mengonsumsi antibiotik sebagai salah satu pengobatan untuk mengatasi suatu penyakit. Namun apa yang akan terjadi bila antibiotik yang dikonsumsi sudah tidak dapat berfungsi di dalam tubuh? Hal ini mungkin saja terjadi apabila YES Family mengalami resistensi antibiotik. Bakteri dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dan jika antibiotik sudah tidak dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, maka YES Family mengalami resistensi antibiotik.


Apa itu Antibiotik?

Antibiotik adalah kelompok obat yang dapat membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit atau infeksi. Antibiotik bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri didalam tubuh YES Family. Pada dasarnya, infeksi bakteri yang tergolong ringan dapat pulih dengan sendirinya, sehingga pemberian antibiotik dirasa juga tidak perlu. Namun, ketika infeksi bakteri yang dirasakan tidak kunjung membaik, maka dokter dapat meresepkan antibiotik. Selain keparahan kondisi, terdapat juga beberapa pertimbangan lain sebelum akhirnya YES Family diresepkan antibiotik, antara lain:

  • Infeksi yang diderita yaitu infeksi yang menular

  • Terasa mengganggu dan diduga membutuhkan waktu lama untuk sembuh dengan sendirinya

  • Terdapat risiko tinggi yang menyebabkan komplikasi

Umumnya, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi penyakit akibat infeksi bakteri seperti infeksi saluran kemih, sinusitis, infeksi telinga dan pneumonia.


Antibiotik tidak akan efektif jika digunakan untuk mengobati penyakit infeksi lain selain infeksi bakteri, misalnya infeksi virus, jamur, parasit dan protozoa!


Apa itu Bakteri Resisten??

Resistensi antibiotik adalah kondisi saat bakteri penyebab penyakit telah kebal terhadap obat antibiotik yang bersangkutan. Hal ini membuat bakteri tersebut akan semakin sulit dibasmi dan akan terus tumbuh, yang menyebabkan penyakit akan menjadi sulit untuk disembuhkan.


Kenapa Bakteri menjadi Resisten?

Bakteri bisa menjadi resistensi melalui beberapa cara. Misalnya, karena gen bakteri mengalami perubahan atau bakteri mendapat gen yang resisten terhadap obat dari bakteri lain. Jadi, semakin sering dan semakin lama antibiotik digunakan, maka semakin besar risiko resistensi antibiotik sehingga antibiotik semakin tidak efektif dalam melawan bakteri. Selain itu juga, ada beberapa penyebab bakteri akan menjadi resistensi, diantaranya :

  1. Dipicu oleh penggunaan antibiotik yang salah

  2. Sering menggunakan antibiotik

  3. Konsumsi makanan yang mengandung residu antibiotik

  4. Tertular oleh pasien infeksi bakteri resisten


Apakah Resistensi Antibiotik Berbahaya?

Pastinya berbahaya, bahwa resistensi bakteri ini membuat antibiotik tidak lagi menjadi senjata ampuh untuk mengobati infeksi bakteri tersebut. Dan juga hingga saat ini, masih belum banyak ditemukan oleh penelitian terkait dengan perkembangan antibiotik untuk membunuh penyakit yang disebabkan infeksi kuman dan bakteri tersebut. Kalau sudah mengalami resistensi antibiotik, kemampuan tubuh dalam melawan penyakit infeksi pun akan lemah.

Perlu diketahui juga, bahwa resistensi antibiotik sudah menjadi ancaman bagi kesehatan dunia yang bisa menyebabkan kematian. Beberapa jenis penyakit yang diketahui sudah sulit atau bahkan tidak dapat disembuhkan akibat terjadinya resistensi antibiotik yang semakin umum. Penyembuhan untuk infeksi bakteri yang resisten menjadi lebih sulit dan biaya yang dikeluarkan untuk mengobatinya pun akan jauh lebih besar.


BIJAK MENGGUNAKAN ANTIBIOTIK

Melalui GeMa CerMat ini pemerintah membuat program penggunaan antibiotik dengan bijak oleh masyarakat dengan istilah 5T, yaitu :

1. Tidak membeli antibiotik tanpa resep dokter!


2. Tidak menggunakan antibiotik untuk penyakit lain selain infeksi bakteri!


3. Tidak menyimpan antibiotik untuk persediaan di rumah!


4. Tidak memberi antibiotik sisa pada orang lain!


5. Tanyakan pada apoteker informasi mengenai obat antibiotik!


Alasan utama mengapa antibiotik harus dihabiskan adalah untuk membasmi bakteri penyebab penyakit hingga tuntas dan mencegah terjadinya resistensi antibiotik yang berbahaya. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi antibiotik terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan dokter, baik secara langsung maupun melalui aplikasi kesehatan, agar dokter dapat meresepkan antibiotik dengan jenis dan dosis yang tepat. Jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik, agar YES Family terhindar dari efek samping yang berbahaya.



YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Art → Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti


144 views0 comments

Recent Posts

See All