Search

CERPEN : KOLONEL ANTIBIO vs KUMAN JAHAT

Updated: Mar 19, 2021

Perumpamaan tentang Cara Kerja Obat

ANTIBIOTIK melawan BAKTERI

& Terjadinya Resistensi Antibiotik


KOLONEL ANTIBIO vs KUMAN JAHAT


Apakah YES Family tahu mengenai infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri (Kuman Jahat)?

Kalau dalam sebuah cerita dapat diibaratkan bahwa tenggorokan YES Family itu adalah bagaikan sebuah istana mewah yang di dalamnya tentu memiliki pasukan prajurit sebagai penjaga keutuhan dan keamanan istananya. Nah, sang prajurit tersebut adalah antibiotik. Namun dengan adanya bakteri atau si Kuman Jahat yang berperan sebagai musuh mereka, tentu prajurit antibiotik akan menyerang musuh.


Saat kita terkena infeksi tenggorokan akibat bakteri...

Pada hari itu adalah hari yang sangat tidak mudah untuk dilalui oleh seluruh prajurit istana tentunya, karena pada hari itulah hari terakhir pasukan Kolonel Antibio masih bisa menjaga keamanan benteng istana mereka. Bakteri yang sangat jahat, geng Kuman Jahat datang bergerombol ke istana yang menyebabkan seluruh prajurit Kolonel Antibio berjuang dalam peperangan yang sengit.


Saat peperangan tersebut berlangsung, banyak kerusakan yang ditimbulkan pada bangunan istana disana dan disini, sehingga kita dapat merasakan sakit saat menelan, demam atau gejala radang tenggorokan lainnya.

Untuk dapat membunuh dan mengalahkan bakteri tersebut dapat digunakan sebuah obat...YES! Antibiotik!


Inilah kisah perjuangan salah satu pahlawan kita dari pihak antibiotik yaitu Kolonel Antibio!

Aku tak menyangka akan mendapat tugas seberat ini. Tugas yang tak akan mudah untukku selesaikan. Menjaga keamanan benteng istana memang tidak akan mudah. Pada hari itu, alarm di dalam istana berbunyi pertanda ada musuh yang sedang menyelinap masuk ke dalam istana.


Kolonel Antibio : "Gawat ada musuh yang sedang bersembunyi di dalam istana dan mereka pasti akan menyerang kita secara diam-diam".

Lalu seluruh prajurit pun dengan sigap menelusuri siapa yang masuk ke dalam istana. Tidak lama kemudian Kolonel Antibio menemukan penyusup istana yang merupakan musuh bebuyutannya yaitu geng Kuman Jahat. Serangan musuh bakteri ini akan sangat berbahaya bagi ketenteraman istana.

Kolonel Antibio : "Itu dia musuh kita! Cepat ayo kita serang!"

Kuman Jahat : "Ugh...Oh no! Kita tidak aman, mereka sudah mengetahui keberadaan kita."

Kolonel Antibio : "Prajurit, basmi semua bakteri itu!"

Kuman Jahat : "Tidaak...ayo kita lari, kita sembunyi!"


Saat itu, padahal Kolonel Antibio merasa percaya diri dengan kekuatan militer prajurit antibiotik untuk dapat membunuh semua musuh. Namun, suatu hal yang tidak diinginkan pun terjadi...Ketika kita tidak minum obat antibiotik sampai habis, hal tersebut menyebabkan Kolonel Antibio jadi kewalahan lho! Kekurangan pasukan antibiotik pun membalikkan keadaan...

Bagaikan harimau kehilangan taringnya, Kolonel Antibio harus berjuang keras dalam keadaan kekurangan pasukan.

Kolonel Antibio : "Tidaaak! Kemana teman-temanku?! Padahal musuh kita belum habis!"


Di lain sisi, dari tempat persembunyiannya, si Kuman Jahat mengamati keadaan...

Kuman Jahat : "Lihat prajurit antibiotik dia hanya sendirian hahaha, ini kesempatan kita untuk menyerang dia balik."

Anggota geng : "Iya bos! Ini kesempatan kita buat balas dendam!"

Kuman Jahat : "Benar, kita kan sudah tau pola serangan Kolonel Antibio, kita bisa buat sistem pertahanan yang lebih kuat. Aku ada ide!"


Di tempat persembunyiannya, geng Kuman Jahat membuat mekanisme resistensi. Mereka menempa tameng, membuat helm dan sistem pertahanan lainnya...

Ternyata, strategi pertahanan geng Kuman Jahat berhasil. Tameng mereka membuat serangan pasukan antibiotik tidak ampuh. Saat Kolonel Antibio mencoba menebas si Kuman Jahat, helm buatannya sukses menahan serangan sehingga pasukan antibiotik yang tersisa pun menjadi panik. Bakteri resisten menjadi tidak terkalahkan...


Sekumpulan bakteri yang membuat sistem pertahanan mereka dengan lebih kuat inilah yang dinamakan BAKTERI RESISTEN yang menyebabkan RESISTENSI ANTIBIOTIK, karena bakteri sudah menjadi lebih kuat dibandingkan dengan antibiotik maka antibiotik pun jadi terpukul mundur.

Pasukan Antibiotik : "Gawat musuh bakteri jadi resisten! Serangan kita tidak efektif lagi nih. Bagaimana pun kita menyerang, ini tidak mempan! Huhuu..."

Kolonel Antibio : "LAPOR! MAYDAY, JENDERAL ANTIBIO! Kita butuh pasukan lain yang lebih kuat untuk menyerang bakteri resisten."


Akhirnya, si Kuman Jahat dapat mengalahkan Kolonel Antibio akibat kondisi resistensi antibiotik. Pasukan antibiotik Kolonel Antibio kalah... Bakteri yang sudah menjadi resisten itu semakin menjadi-jadi dalam merusak bangunan istana dan berniat untuk mengambil alih istana kerajaan. Apakah Jenderal Antibio menerima pesan darurat dari Kolonel Antibio untuk menghentikan si Kuman Jahat??

PESAN MORAL:

Jadi, gunakanlah ANTIBIOTIK dengan bijak untuk melindungi kita semua dari kuman resisten!


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Art → Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

87 views0 comments

Recent Posts

See All