Search

Pedoman Gizi Seimbang Pandemi

PEDOMAN GIZI SEIMBANG

PADA MASA PANDEMI COVID-19

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Gizi yang baik juga sangat penting untuk sebelum, selama dan setelah masa infeksi. Karena itu, menjaga pola makan yang sehat sangat penting selama masa pandemi Covid-19. Meskipun hingga saat ini belum ada makanan atau suplemen yang dapat mencegah infeksi Covid-19 ini, dengan mempertahankan pola makan gizi seimbang dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.


Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan aman tentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat agar terlindung dari infeksi virus, serta memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh. Penting juga untuk mencoba berbagai masakan dan makanan saat di rumah untuk memastikan YES Family dan keluarga tidak menjadi bosan dengan makanan yang sama.


JAGA GIZI MAKANANKU dan JAGA GAYA HIDUPKU

1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Isi piring kita sehari-hari sebaiknya terdiri dari :

  1. Makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat, dapat berupa nasi, jagung, kentang dan umbi-umbian.

  2. Lauk pauk merupakan sumber protein dan mineral. Terdiri dari lauk hewani seperti daging, ikan, ayam dan telur. Atau juga lauk nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

  3. Sayuran dan buah yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Terutama sayuran dan buah yang berwarna, banyak mengandung vitamin dan berfungsi sebagai antioksidan yaitu Vitamin A, C dan E.


2. Konsumsi Suplemen Multivitamin

Selain makanan dan minuman bergizi, suplemen multivitamin umumnya dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan. YES Family dapat berkonsultasi dengan apoteker Apotek Yes Farma dalam memilih suplemen multivitamin terbaik untuk kondisi tubuh masing-masing!


3. Batasi Asupan Lemak, Garam dan Gula Berlebih

Banyak orang yang kurang mengontrol asupan lemak, garam dan gula pada masa pandemi saat ini. Coba untuk membatasi konsumsi lemak, garam dan gula harian agar tidak berlebih. Berikut ini batasannya menurut Kementrian Kesehatan :

- Lemak : 702 kkal atau 67 gram setara dengan 5 sendok makan.

- Garam : 2.000 miligram natrium atau 5 gram setara dengan 1 sendok teh.

- Gula : 200 kkal atau 50 gram setara dengan 4 sendok makan.


4. Istirahat Cukup dan Tidur Teratur

Tidur berkualitas dan cukup istirahat sangat direkomendasikan untuk memulihkan kondisi tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur malam disarankan selama 6-8 jam sehari.


5. Hindari Merokok dan Alkohol

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan pasti berdampak buruk bagi kesehatan.


6. Aktivitas Fisik Rutin

Lakukanlah aktivitas fisik sekurang-kurangnya 30 menit secara rutin 3-5 kali dalam seminggu untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mempertahankan berat badan ideal dan mencegah kegemukan. Dengan berolahraga secara teratur, dapat meningkatkan produksi antibodi dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Karena ada protokol kesehatan dengan pembatasan fisik, berusahalah untuk bergerak agar sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, misalnya dengan berjalan kaki atau lari di sekitar rumah, berkebun atau melakukan aktivitas fisik di rumah dengan menonton dan mengikuti video olahraga.


5 KEAMANAN PANGAN

(SESUAI REKOMENDASI WORLD HEALTH ORGANIZATION)

  • Cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan cuci bahan makanan yang akan diolah.

  • Pisahkan penyimpanan serta bedakan pisau dan talenan untuk bahan makanan mentah dengan makanan matang.

  • Memasak dengan benar dan matang, terutama bahan makanan protein hewani. Jangan undercooked maupun overcooked.

  • Simpan makanan matang pada suhu yang tepat dan aman.

  • Gunakan bahan baku dan air yang aman.


CEGAH TERTULAR COVID-19

DENGAN MAKANAN BERGIZI SEIMBANG

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber terbaik berbagai vitamin, mineral dan serat yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa buruk dalam tubuh dan membantu meningkatkan imunitas tubuh. Setiap jenis sayuran dan buah juga mempunyai keunggulan zat gizi tertentu berdasarkan warnanya, antara lain :

  • Sayur dan buah berwarna hijau, banyak mengandung karoten yang baik untuk antioksidan, Vitamin C, asam folat dan mineral. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, membantu produksi sel darah merah dan menguatkan sel otak. Contohnya, daun singkong, sawi hijau, bayam, buncis, kangkung, kacang panjang, apel malang, anggur hijau dan melon.

  • Sayur berwarna putih, sayuran yang tidak berpigmen namun tetap bermanfaat bagi tubuh. Sayuran jenis ini mengandung Vitamin E, kalsium dan zat allicin yang dapat mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti tauge, bunga kol, dan sawi putih.

  • Sayur dan buah berwarna ungu, juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin. Sayur dan buah ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, melindungi kerusakan otak, dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih atau juga menjaga kesehatan jantung. Contohnya seperti, terong ungu, kol ungu, delima, ubi ungu dan blueberry.

  • Sayur dan buah berwarna merah, mengandung antioksidan, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C dan zat flavonoid. Sayur dan buah ini berfungsi untuk melindungi pembuluh darah, kesehatan jantung, mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan hati, seperti bayam merah, lobak merah, semangka, apel, tomat, strawberry dan anggur merah.

  • Sayur dan buah berwarna kuning/oranye, juga mengandung berbagai vitamin dan antioksidan, terutama Vitamin A, Vitamin B kompleks dan karoten. Yang berfungsi untuk meningkatkan indera penglihatan, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan hati. Contohnya, wortel, labu kuning, jagung, pisang, jeruk, pepaya dan mangga.


TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

LINDUNGI KELUARGA DARI COVID-19

DENGAN VITAMIN MINERAL

Vitamin A

Berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, memberi perlindungan terhadap infeksi dengan cara menjaga permukaan kulit dan jaringan pada mulut, lambung, usus dan sistem pernafasan. Bahan makanan dengan kaya akan Vitamin A, yaitu wortel, kuning telur, brokoli, bayam, susu dan sereal.

Vitamin E

Berfungsi sebagai antioksidan yang tugasnya menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Meningkatkan konsumsi Vitamin E seperti, sayuran hijau, almond dan minyak sayur kacang hijau.

Vitamin C

Melindungi tubuh dari infeksi dengan cara merangsang pembentukan antibodi dan kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung Vitamin C adalah pepaya, jeruk, strawberry, tomat, jambu biji dan kiwi.

Zinc

Membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bekerja dengan baik dan membantu dalam penyembuhan luka. Zinc dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti daging tanpa lemak, ayam, makanan laut (kerang), hati ayam, telur, keju, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Vitamin B6, Asam Folat, Selenium dan Zat Besi (Fe)

Tubuh membutuhkan zat besi (Fe) dan selenium untuk pertumbuhan sel kekebalan tubuh. Sementara itu, Vitamin B6 dan asam folat mempengaruhi produksi dan aktivitas sel kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung Vitamin B6, asam folat, selenium dan zat besi diantaranya seperti daging ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, sereal, biji-bijian dan bawang putih.


TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

LINDUNGI KELUARGA DARI COVID-19

DENGAN POLA HIDUP SEHAT

  • Tidur yang cukup atau istirahat selama 6-8 jam setiap harinya.

  • Olahraga dan terpapar cukup sinar matahari, dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Selain berolahraga, usahakan untuk terpapar sinar matahari dengan berjemur setiap pagi selama 15 menit.

  • Pola hidup bersih dan sehat, contoh perilaku hidup sehat dan bersih seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu menerapkan etika batuk dan bersin, hindari menyentuh area wajah (mata, hidung dan mulut), mengganti baju/mandi segera setelah sesampai nya dirumah, dan rutin membersihkan benda-benda yang sering disentuh.

  • Jaga jarak fisik dari orang lain, dengan menjaga jarak minimal 1 meter pada kondisi apapun, selalu untuk menggunakan masker pada saat diluar rumah, dan upayakan untuk menghindari kerumunan atau bepergian ke tempat umum dan wisata.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur, pilihlah buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin khususnya, Vitamin A, Vitamin C, mineral, serat dan antioksidan yang sangat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Untuk menghadapi situasi ini, diperlukan adanya pedoman gizi seimbang pada masa Pandemi Covid-19. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu kunci agar tidak tertular virus Covid-19. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap prima. Selain itu, YES Family juga dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Semoga infonya bermanfaat! Stay safe & healthy!


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan, vitamin, suplemen dan kesehatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

37 views0 comments

Recent Posts

See All