Search

TAK KENAL MAKA TAK KEBAL

Updated: Dec 4, 2020

Tak Kenal Maka Tak Kebal!

Vaksin merupakan cara perlawanan tubuh untuk kenal, lawan dan kebal dari penyebab penyakit seperti virus dan bakteri. Proses pengembangan vaksin diawasi dengan ketat melalui uji praklinis dan klinis secara lengkap agar vaksin yang dihasilkan aman dan efektif. Vaksinasi juga tak hanya untuk diri sendiri, orang yang belum bisa untuk divaksinasi seperti bayi, anak-anak, lansia atau orang dengan penyakit tertentu dapat terlindungi apabila mayoritas masyarakat lainnya sudah divaksinasi.



Mengapa vaksinasi itu penting?

Vaksinasi itu penting bagi seluruh masyarakat karena dapat menyelamatkan jiwa, melindungi diri, keluarga bahkan masyarakat lainnya dari berbagai penyakit menular yang berbahaya. Dan manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya pencegahan penyakit menular.


Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin juga dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi. Vaksin mengandung virus atau bakteri, baik yang masih hidup ataupun yang sudah dilemahkan. Vaksinasi dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minus, atau melalui uap (aerosol).


Manfaat vaksin bagi tubuh:

Mencegah Penyebaran Penyakit

Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit yang cukup serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit. Contohnya, kasus kematian pada bayi dan anak-anak akibat wabah penyakit campak dan pertusis (batuk rejan) yang dahulu pernah menggemparkan dunia. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ditemukan vaksin untuk kedua penyakit tersebut.


Melindungi dari risiko kematian dan cacat

Pemberian vaksin terbukti dapat menurunkan resiko seseorang terkena berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan kematian maupun kecacatan. Misalnya, pemberian vaksin cacar pada anak-anak dapat membantu mencegah dari terjangkit cacar di kemudian hari. Begitu pula dengan pemberian vaksin campak dan rubella yang dapat membantu menurunkan risiko penularan virus tersebut dari ibu hamil kepada janin dalam kandungan maupun kepada bayi yang baru lahir.


Menghemat waktu dan biaya

Pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat suatu penyakit. Pemberian vaksin dapat membantu YES Family terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit yang berkepanjangan tak hanya merugikan dari segi finansial namun juga waktu.

Efek Samping Vaksin:

Pada dasarnya, vaksinasi itu aman untuk dilakukan. Dan efek samping setelah YES Family divaksin yang sering muncul pun bersifat minor dan sementara, misalnya pada tempat penyuntikan atau demam ringan. Beberapa anak juga dapat mengalami demam pasca vaksinasi, namun ada juga beberapa anak yang tidak mengalami demam. Hal yang perlu YES Family perhatikan adalah jika demam terjadi sangat tinggi, dan dapat diberikan obat penurun demam untuk mencegah terjadinya kejang demam. Efek samping berat sangat jarang terjadi dan hanya muncul pada orang-orang tertentu saja.


Hal yang perlu untuk ditekankan adalah manfaat vaksin jauh lebih besar daripada efek samping yang mungkin saja terjadi. Meski demikian, vaksinasi tidak selalu dapat mencegah penyakit, namun dapat meringankan tingkat keparahan suatu penyakit. Vaksinasi tetap dibutuhkan untuk melindungi diri YES Family dan orang disekeliling YES Family. Dengan vaksinasi, kemungkinan tertular penyakit menjadi lebih kecil dan apabila YES Family terjangkit penyakit tersebut keparahan yang dirasakan akan lebih ringan dibandingkan orang yang tidak divaksin sama sekali.

YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Art → Jesslyn Aryanti

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti




Referensi: https://covid19.go.id/p/masyarakat-umum/tak-kenal-maka-tak-kebal- https://www.alodokter.com/manfaat-vaksin-penting-untuk-mencegah-penularan-penyakit

https://www.rspermata.co.id/articles/read/seberapa-pentingkah-vaksinasi-itu

20 views0 comments

Recent Posts

See All