Search

YES! STEPS - SEDIAAN THT

Hello YES Family!

Cara penggunaan obat yang benar sangat penting agar bisa menjamin obat yang dipakai dapat bekerja dengan optimal.

#PenggunaanObatyangBenar

Apakah ada yang pernah merasakan kesulitan saat menggunakan obat sediaan khusus?

Sediaan khusus yang dimaksud adalah obat-obatan yang cara penggunaannya selain ditelan langsung dengan air putih.

Misalnya, sudah pakai obat THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) yang diresepkan oleh dokter tetapi keluhan tidak kunjung sembuh?

Yuk dicek step by step cara penggunaannya!

Cara menggunakan obat dapat mempengaruhi efektivitas obat dalam mengatasi keluhan pada mata yang sedang dirasakan. Apapun jenis obat mata yang diberikan, kerjanya tidak akan optimal jika cara menggunakannya tidak benar.


YES! STEPS -SEDIAAN THT

Telinga, Hidung, Tenggorokan atau lebih sering disebut dengan THT memiliki fungsi penting seperti mendengar, bernapas, mencium aroma, berbicara serta menelan makanan dan minuman. Saat ada gangguan yang berkaitan dengan ketiga bagian tersebut, dianjurkan untuk menemui dokter spesialis THT.


Gangguan yang terjadi pada salah satu organ THT dapat mempengaruhi organ THT yang lain, karena karena ketiga organ ini saling berhubungan. Organ-organ ini bisa mengalami gangguan kesehatan misalnya karena infeksi, alergi, atau tumor. Dengan begitu untuk YES Family yang mengalami gangguan pada THT sebaiknya segera untuk berkonsultasi ke spesialis THT. Dan jangan lupa untuk pastikan pada saat akan menggunakan obat sedian THT tentu harus tepat agar obat yang digunakan bisa bekerja dengan optimal dalam mengatasi keluhan YES Family.


Cara menggunakan sediaan khusus THT:


A. TETES TELINGA

Obat tetes telinga bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi, serta menghilangkan kotoran pada telinga. Jika merasakan telinga bermasalah, jangan langsung menggunakan obat tetes telinga begitu saja. YES Family perlu mengetahui kondisi apa saja yang memerlukan pengobatan dengan obat tetes telinga, dan bagaimana cara pemakaiannya yang benar. Meski terkesan sepele, pemakaian obat tetes telinga (termasuk obat telinga gatal) harus memperhatikan beberapa hal saat digunakan. Cara yang salah justru akan menghilangkan manfaat yang terkandung di dalam obat ini.


Berikut ini cara menggunakan obat tetes telinga yang tepat :

1. Cuci tangan

Sebelum menggunakan sediaan tetes telinga sebaiknya YES Family untuk mencuci tangan terlebih dahulu supaya tidak terkontaminasi dengan bakteri lainnya.


2. Hangatkan botol

Selanjutnya hangatkan terlebih dahulu kemasan obat tetes telinga dengan cara menggenggamnya selama 1 sampai 2 menit, karena air dingin dapat memicu rasa pusing pada kepala apabila diteteskan ke dalam telinga. Sebelum akan digunakan kocok obat terlbeih dahulu selama beberapa detik, lalu buka tutup botol dan letakkan botol obat ditempat yang kering dan bersih. Hindari untuk menyentuh corong ujung botol tempat keluarnya obat.


3. Miringkan kepala

Kepala dimiringkan ke samping atau berbaring dengan posisi telinga berada diatas.


4. Posisi penetesan obat pada orang dewasa

Pada orang dewasa daun telinga ditarik ke atas dan ke belakang. Ambil botol obat dan mulai teteskan obat dengan memijat botol dengan perlahan, teteskan sesuai dengan dosis obat yang disarankan oleh dokter.


5. Posisi penetesan obat pada anak

Pada anak anak dibawah 3 tahun daun telinga ditarik ke bawah dan ke belakang. Ambil botol obat dan mulai teteskan obat dengan memijat botol dengan perlahan, teteskan sesuai dengan dosis obat yang disarankan oleh dokter.


6. Menekan bagian 'penutup' telinga

Tetap miringkan kepala YES Family atau tetap berada dalam posisi tidur selama 2 hingga 5 menit sambil menekan bagian depan telinga yang menonjol untuk mendorong obat ke dalam telinga. Apabila membutuhkan tetesan untuk berikutnya maka tunggu selama 5 menit sebelum meneteskan obat pada telinga lainnya.


7. Tutup kembali botol dan bersihkan area telinga

Tutup botol secara rapat-rapat dan hindari agar obat tidak menyentuh benda apapun untuk menjaga kesterilan isi obat. Bersihkan sisa obat yang menempel bibir botol dengan menggunakan tisu kering atau cotton bud dan jangan lupa setelah itu untuk mencuci tangan kembali.


NOTES:

Ketika pertama kali meneteskan obat tetes telinga, tidak jarang saluran telinga akan terasa nyeri dan panas. Namun apabila setelah pemberian obat telinga menjadi gatal, bengkak dan nyeri, segera konsultasikan ke dokter. Pastikan obat tetes telinga yang dipakai sesuai dengan keperluan. Jika ingin mengobati infeksi telinga akibat bakteri, maka pakailah obat tetes telinga yang berperan sebagai antibiotik, bukan obat yang sekadar mengatasi rasa sakit saja karena tidak akan efektif. Untuk antibiotik, pastikan sudah mengantongi resep dokter sebelum menggunakannya.



B. SEMPROT HIDUNG

Obat semprot hidung mengandung oxymetazoline yang dapat meringankan ketidaknyamanan pada hidung, seperti hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, alergi, infeksi, dan sinusitis. Cara kerja obat semprot ini adalah dengan mempersempit pembuluh darah di saluran hidung. Obat ini bekerja dengan cepat dan bertahan cukup lama, sehingga hanya perlu digunakan 2 kali sehari. Selain efeknya bisa dirasakan lebih cepat dibandingkan obat minum, obat semprot hidung ini memiliki kelebihan lain yaitu tidak menyebabkan rasa kantuk. Oleh karena itu, dapat digunakan bahkan di saat sedang bekerja.


Berikut ini cara menggunakan obat semprot hidung yang tepat :

1. Bersihkan hidung

Bersihkan hidung dengan menghembuskan udara keluar dengan lembut untuk mengeluarkan lendir dari hidung pada saat akan menggunakan obat. Sebelum akan menggunakan tetes hidung sebaiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi dengan bakteri pada saat menggunakan semprot hidung.


2. Kocok obat dan buka tutup botol obat

Kocok secara perlahan obat selama 10 menit.


3. Buka tutup botol obat

Setelah itu buka tutup botol. Sebelum digunakan YES Family bisa menyemprotkannya terlebih dahulu ke udara untuk memastikan obat tersebut tidak rusak.


4. Pegang botol obat

Pegang botol dengan posisi ibu jari di bagian bawah sedangkan telunjuk dan jari tengah di bagian atas wadah obat. Lalu masukan obat kedalam hidung secara perlahan.


5. Posisi penyemprotan obat pada hidung bagian kanan

Tekan pompa dengan telunjuk dan jari tengah hingga cairan keluar. Pada saat yang sama hirup cairan tersebut ke dalam lubang hidung.


6. Posisi penyemprotan obat pada hidung bagian kiri

Bila diperlukan semprot hidung bagian kiri dengan tekan pompa dengan telunjuk dan jari tengah hingga cairan keluar. Pada saat yang sama hirup cairan tersebut ke dalam lubang hidung.


7. Posisi penyemprotan obat pada hidung untuk anak anak

Untuk anak-anak tentu akan membutuhkan bantuan pada saat menggunakan obat semprot hidung dengan begitu YES Family melakukannya dengan cara tekan pompa dengan telunjuk dan jari tengah hingga cairan keluar. Pada saat yang sama hirup cairan tersebut ke dalam lubang hidung secara perlahan.


8. Pertahankan posisi tegak dan agak menengadah

Selanjutnya YES Family tetap pada posisi tegak agar obat dapat mengalir ke kerongkongan dan mulai bernapas melalui mulut. Tutup botol secara rapat-rapat dan hindari agar obat tidak menyentuh benda apapun untuk menjaga kesterilan isi obat. Hindari untuk membersihkan hidung selama beberapa menit setelah menggunakan semprotan.


NOTES:

Obat semprot hidung ini sebaiknya untuk tidak digunakan dalam jangka panjang. Jika gejala pada hidung belum saja membaik atau justru bertambah parah, hentikan pengobatan dan diskusikan dengan dokter spesialis alergi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.



C. TETES HIDUNG

Obat tetes hidung atau nasal drop biasa digunakan untuk mengatasi masalah hidung buntu atau tersumbat yang disebabkan oleh kondisi seperti flu, sinusitis, demam, dan alergi. Obat tetes hidung bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah di hidung sehingga mengurangi pembengkakan dan penyumbatan. Gunakan obat ini sesuai petunjuk pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter.


Berikut ini cara menggunakan obat semprot hidung yang tepat :

1. Bersihkan hidung

Bersihkan hidung dengan menghembuskan udara keluar dengan lembut untuk mengeluarkan lendir dari hidung pada saat akan menggunakan obat.


2. Cuci tangan

Sebelum akan menggunakan tetes hidung sebaiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi dengan bakteri pada saat menggunakan tetes hidung.


3. Hangatkan botol

Selanjutnya hangatkan terlebih dahulu kemasan obat tetes telinga dengan cara menggenggamnya selama 1 sampai 2 menit, karena air dingin dapat memicu rasa pusing pada kepala apabila diteteskan ke dalam telinga. Periksa dan pastikan kemasan obat tidak rusak terutama pada penetes obat tidak retak atau juga pecah. Dan usahakan untuk tidak menyentuh bagian ujung botol obat agar tidak terkontaminasi.


4. Posisi : Berdiri tegak

Pada posisi berdiri pegang botol atau pipet di atas lubang hidung YES Family dan tekan perlahan jumlah tetes hidung dengan benar dan menutup salah satu lubang hidung. Hati-hati agar tidak menyentuh hidung dengan botol obat atau pipet obat tersebut.


5. Posisi : Duduk

Setelah obat diteteskan YES Family duduk dengan cara kepala ditarik dan ditempatkan diantara dua paha.


6. Posisi : Berbaring

Apabila pada posisi berbaring kepala dimiringkan ke belakang dengan di ganjal bantal di bawah bahu agar kepala tetap tegak.


7. Semprotkan obat

Semprotkan obat saat berbaring dengan cara memiringkan kepala ke belakang lalu teteskan obat pada lubang hidung, lalu biarkan obat dapat tersebar dalam hidung. Tetap jaga kepala YES Family kebelakang selama beberapa menit untuk memungkinkan tetesan obat akan mengalir kebagian belakang hidung.


8. Bersihkan sisa obat dan cuci tangan

Bersihkan ujung pipet atau botol dengan menggunakan air hangat lalu segera untuk tutup botol. Selanjutnya tahap terakhir cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Dan apabila akan keluar rumah upayakan untuk menggunakan masker supaya tidak terjadi alergi kembali.


NOTES:

Obat tetes hidung biasanya hanya memberikan bantuan sementara. Jangan menggunakannya untuk jangka panjang karena dapat meningkatkan risiko efek samping. Dan untuk YES Family yang akan menggunakan obat tetes hidung ini sebaiknya untuk tetap berkonsultasi sebelumnya dengan dokter.



Perlu diketahui bahwa gangguan pada telinga, hidung dan tenggorokan jangka panjang memerlukan penanganan yang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya untuk segera berkonsultasi pada dokter spesialis THT. Pastikan YES Family menggunakan obat sesuai dengan anjuran dokter ya!


Nah!

Jadi, sangat penting ya untuk memahami cara pakai obat sediaan THT dengan benar agar obat dapat berfungsi optimal! Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai informasi CARA PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR, boleh silakan menghubungi Apoteker Apotek Yes Farma melalui layanan Telefarmasi!

Sehat selalu, YES Family :)

STAY SAFE & HEALTHY!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

440 views0 comments

Recent Posts

See All