Search

YES! Tips Sehat saat Lebaran



Selamat hari Lebaran, sahabat YES! Selamat menikmati momen Lebaran yang penuh dengan sukacita. Selain adanya tradisi maaf-maafan dan mudik, momen lebaran juga tidak terlepas dari makanan khas yang penuh kelezatan.


Meskipun banyak makanan lezat, Anda tetap perlu memerhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi. Sebab, makanan khas lebaran cenderung mengandung banyak karbohidrat dan lemak yang bisa memengaruhi kesehatan.


Tips Lebaran Sehat

Kabar baiknya, Anda masih bisa kok menikmati semua makanan yang dihidangkan saat lebaran tanpa perlu mengkhawatirkan kesehatan. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips lebaran sehat berikut ini, yuk!


Perhatikan Variasi Makanan

Agar berat badan tidak meningkat tajam, Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang Anda konsumsi. Berikut adalah rekomendasi para ahli terkait jumlah asupan makanan untuk orang dewasa:

  • Karbohidrat: 45 – 60 persen dari total kalori harian.

  • Lemak: 20 – 25 persen dari total kalori harian.

  • Protein: 10 – 20 persen dari total kalori harian.

  • Serat: Lebih dari 25 gram per hari.

  • Gula: 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari.

  • Garam: 5 gram atau setara dengan 1 sendok makan per hari.

Jika kesulitan untuk menghitungnya, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi dan menggunakan piring kecil. Lalu, Anda bisa mengisi piring tersebut dengan jenis makanan yang sesuai dengan rekomendasi para ahli.


Kendalikan Nafsu Makan

Makanan lezat memang tak boleh disia-siakan. Tapi, Anda tetap perlu mengendalikan nafsu makan saat berkunjung ke banyak rumah di momen lebaran. Setidaknya, Anda bisa mengatur strategi agar tidak “kalap” saat melihat banyak makanan lezat yang disajikan. Diantaranya dengan makan di rumah sebelum berkunjung ke rumah orang lain, menghabiskan waktu dengan mengobrol, dan cara lain yang bisa mengalihkan keinginan Anda untuk mencicipi semua makanan yang disajikan.


Penuhi Piring dengan Sayur

Untuk mencegah makan berlebih, Anda bisa memenuhi piring dengan makanan bersayur (misalnya lontong sayur dan sayur labu). Sebab, sayuran mengandung banyak serat yang bisa membantu Anda kenyang lebih cepat sehingga mencegah makan berlebih. Jika menu sayur banyak mengandung santan, Anda bisa mengurangi kuah bersantan tersebut karena santan mengandung lemak jenuh yang tinggi.


Hindari Bagian Daging yang Berlemak

Ada banyak menu makanan berbahan dasar daging saat lebaran. Meskipun rasanya lezat, daging cenderung tinggi akan lemak jenuh. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari bagian daging yang berlemak jika tidak ingin kolesterol tubuh meningkat. Caranya cukup dengan memilih bagian daging yang tidak banyak mengandung lemak, seperti bagian dada ayam dan menghindari makan kulit ayam.


Berhenti Sebelum Kenyang

Salah satu alasan mengapa kita cenderung makan berlebihan saat acara tertentu atau hari raya adalah karena kita biasanya mengabaikan rasa kenyang. Saat hari raya, makan termasuk dalam acara sosial, di mana kita bisa makan sambil duduk, berdiri, bahkan sambil mengobrol. Ini menyebabkan Anda tidak menanggapi sinyal kenyang yang diberikan oleh otak. Anda kemudian cenderung makan berlebihan melebihi jumlah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, mungkin karena saat Anda selesai makan perbincangan di meja makan masih berlanjut sehingga Anda menambah porsi makan Anda, atau Anda tidak sadar mengambil berbagai camilan yang disediakan karena makanan tersebut tersedia di hadapan Anda.

Sebelum makan, cobalah untuk mengisi piring Anda dengan makanan yang benar-benar ingin Anda konsumsi dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu makan dengan perlahan. Ketika Anda sudah selesai, jauhkan piring kosong dari hadapan Anda untuk mencegah Anda mengambil makanan lagi. Kunyah permen karet mint bebas gula dan minum segelas air, ini dapat mencegah Anda mengalami lapar palsu.


Waspadai Minuman Mengandung Gula

Minuman berwarna-warni tentu menarik untuk dilihat. Sirup dan soda merupakan jenis minuman yang umum disajikan saat Idul Fitri. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi jenis minuman tersebut karena biasanya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Dalam satu sendok makan sirup mengandung 53 kalori yang hampir seluruhnya berasal dari karbohidrat.

Selain itu dalam satu sendok makan sirup juga mengandung 10 gram gula pasir. Soda pun tidak jauh berbeda, tiap porsinya mengandung pemanis, terlebih lagi soda diet yang biasanya menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula. Batasi konsumsi minuman tersebut untuk mencegah Anda menimbun kalori tanpa Anda sadari.

Hindari softdrink atau minuman manis lainnya. Jika ada es puter tersaji, ambillah dalam porsi kecil. Akan lebih baik jika Anda memilih minum air putih, susu rendah lemak, yoghurt, atau susu kedelai untuk menambah kalsium dan protein bagi tubuh.

Setelah menyantap menu Lebaran yang kaya lemak anda bisa menetralisirnya dengan minum teh, jus jeruk, atau kopi hitam.


Let's Say YES to a Healthier You!

Itulah beberapa tips sehat dalam menyambut Lebaran yang bisa Anda coba terapkan.

Setelah lebaran berlalu, kembalilah ke pola makan sehat dan seimbang, kurangi jumlah makanan dan batasi makanan yang telah banyak disantap selama lebaran. Jangan lupa juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan, jalan kaki, untuk membakar kalori makanan yang sudah diasup tubuh. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda dalam menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat.


Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf Apotek Yes Farma libur dari hari Rabu, 13 Juni 2018 hingga Minggu 17 Juni 2018, dan akan buka kembali untuk melaksanakan pelayanan kefarmasian di Apotek Yes Farma pada hari Senin, 18 Juni 2018. Namun, apabila ada yang ingin ditanyakan atau dikonsultasikan tentang pengobatannya, di saat Lebaran atau kapanpun, feel free to ask our pharmacist, silakan untuk menghubungi kami lewat fitur chat pada website ini. Kami akan senang kalau ada yang bisa kami bantu.


Happy holiday! Semoga sehat selalu & may God bless you always :)


Salam sehat,

Apotek Yes Farma

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

www.apotekyesfarma.com


30 views0 comments

Recent Posts

See All