Search

YES! TIPS : STAY SAFE & HEALTHY

DI TENGAH PANDEMI?

DI MUSIM HUJAN? DI MUSIM LIBURAN?

STAY SAFE & HEALTHY!

Saat ini adalah waktu yang rentan sehingga kita harus melakukan upaya kesehatan yang ekstra dalam menghadapi pandemi Covid-19, musim hujan dan musim liburan. Musim hujan mengundang banyak penyakit. Tapi tenang, jangan terlalu khawatir YES Family! Yuk simak beberapa tips berikut agar stay safe & healthy!


Di musim hujan seperti sekarang ini, tentunya YES Family perlu melakukan cara maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh. Cuaca dingin karena hujan biasanya mudah mengembangkan berbagai penyakit. Penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri ataupun kelelahan karena padatnya aktivitas memang tak kenal musim. Temperatur udara yang tidak menentu pun menjadi sebuah tantangan, terutama kita yang tinggal di daerah tropis. Dan penyakit yang umumnya terjadi adalah demam berdarah (dengue fever), batuk, pilek dan flu. Oleh karena itu, kita perlu lebih memberikan perhatian lebih dalam usaha pemeliharaan kesehatan.


YES! TIPS : STAY SAFE & HEALTHY

Ketika sistem imunitas atau daya tahan tubuh berfungsi secara normal, dengan begitu akan mendeteksi substansi asing yang mengancam tubuh seperti bakteri, virus ataupun parasit. Daya tahan tubuh akan bekerja dengan menghancurkan "benda asing" yang menjadi ancamannya. Berikut ini beberapa tips untuk memperkuat daya tahan tubuh agar kita tetap fit:

1. Jaga Pola Makan

Agar tubuh tetap sehat, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menerapkan pola makan teratur. Ikuti pedoman gizi seimbang dan atur menu makanan agar selalu bervariasi. Ingat; pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak kurang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, mari tetap bijak dalam memilih apa yang kita makan dan penuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Berikut berbagai makanan sehat saat musim hujan yang baik dikonsumsi :

  1. Karbohidrat kompleks : Nutrisi ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu YES Family lebih fit. Karbohidrat kompleks merupakan makanan yang terdiri dari serat dan pati yang dirangkai dalam rantai panjang dan kompleks. Makanan karbohidrat kompleks menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan utuh yang tidak diproses, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks hadir dalam makanan seperti roti dan pasta. Gandum, nasi merah dan makanan yang masih mengandung serat adalah karbohidrat kompleks.

  2. Bawang putih dan jahe : makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  3. Sayuran dan buah-buahan : kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi.

  4. Makanan yang mengandung probiotik : dapat melindungi tubuh dari infeksi dan baik untuk kesehatan pencernaan, misalnya yogurt, keju, tempe dll.


2. Lakukan Olahraga

Hampir semua orang memang mager alias malas gerak untuk berolahraga saat musim hujan datang. Tapi itu salah! Mari tetaplah konsisten berolahraga dan cukup beraktivitas fisik sebagai cara ampuh dalam menjaga kesehatan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja dengan optimal. Sebuah studi mengatakan, olahraga 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan. Ada beragam olahraga yang menunjang kesehatan tubuh seperti yoga, pilates, body combat, aerobik dll. yang bisa dilakukan di rumah aja lho! Pilih jenis olahraga yang YES Family enjoy dalam melakukannya, yang tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan, yang bisa dilakukan di space yang tidak terlalu luas dan praktis. Durasi olahraga yang direkomendasikan minimal 3x seminggu, yang masing-masing setidaknya selama 20 menit berkeringat.

3. Cukup Istirahat

Tips sehat saat musim hujan lainnya adalah cukup istirahat, menerapkan pola tidur yang berkualitas. Tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh YES Family kembali prima setelah melakukan aktivitas seharian. Waktu tidur malam yang disarankan adalah minimal 7-8 jam. Berikut ini tips tidur malam berkualitas:

  • Membuat dan mengikuti jadwal tidur harian.

  • Melakukan hal yang menenangkan sebelum tidur, seperti berdoa, membaca atau melakukan latihan pernapasan.

  • Mematikan alat-alat elektronik. Sebaiknya mematikan lampu.

  • Tidur di kamar yang nyaman.

  • Menghindari alkohol dan kafein yang bisa mengganggu tidur.

4. Siap Sedia Payung & Jas Hujan

Pada saat musim pancaroba perkiraan cuaca kadang tidak sesuai dengan yang akan terjadi karena perubahan iklim yang cepat. Nah, tidak ada salahnya untuk YES Family selalu siap sedia membawa peralatan "siap hujan" seperti payung, jaket dengan hoodie, sepatu anti air dan jas hujan. Beberapa peralatan ini, bisa YES Family bawa di dalam tas atau disimpan di tempat kerja. Jangan sampai kehujanan ya! Hujan-hujanan dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memicu gejala demam, flu dan sebagainya.


5. Patuh Protokol Kesehatan

Bakteri dan virus akan lebih tak terkendali saat musim hujan. YES Family dapat terpapar dari berbagai cara misalnya menyentuh gagang pintu atau bangku yang terdapat kuman menular. Risiko paparan pandemi Covid-19 juga masih sangat tinggi. Jadi, jangan lengah! Selalu patuhi protokol kesehatan! 3M dan 3T adalah kunci utama penanganan Covid-19. Kita perlu untuk terus untuk menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun). Sedangkan, Pemerintah terus menjalankan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) dengan dukungan semua lapisan masyarakat. 3M dan 3T adalah satu paket upaya yang tidak dapat dipisahkan untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Pastikan selalu memakai masker dengan benar, jika perlu juga gunakan face shield! Pastikan selalu menjaga jarak satu sama lain! Hindari kerumunan dan tempat ramai apalagi tourist sites! Sebaiknya mempertimbangkan dengan bijaksana jika ingin travelling ya, prioritaskan kesehatan dan keamanan YES Family! Pastikan untuk melindungi diri dengan rajin mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air! Lakukan hal ini pada saat sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah dari toilet dan setelah memegang benda apapun yang dipakai secara bersamaan.

6. Konsumsi Suplemen & Vitamin

Suplemen dan Vitamin tambahan sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menangkal kuman penyebab penyakit, YES Family memerlukan tambahan Vitamin C. Selain dari buah, Vitamin C juga dapat diperoleh dari suplemen, karena Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat meningkatkan sel pertahanan tubuh. Selain Vitamin C, YES Family juga memerlukan Zinc, Vitamin D dan multivitamin lainnya yang berperan dalam mempertahankan fungsi sistem imunitas.

Nah, sekarang YES Family sudah tau kan apa saja yang harus dilakukan dan yang perlu disiapkan dalam menghadapi musim ini? Semoga YES Family bisa melewati musim ini dengan stay safe & healthy, tanpa harus diganggu oleh kuman penyakit dan banjir. Semoga YES! Tips kali ini bermanfaat :)

ENJOY YOUR HOLIDAY!


YES! GRATIS LAYANAN TELEFARMASI

"Tanya Obat Tanya Apoteker!"

Yuk manfaatkan layanan TELEFARMASI dengan Apoteker Apotek Yes Farma untuk konsultasi seputar obat-obatan, vitamin, suplemen dan kesehatan secara online! Layanan TELEFARMASI dengan memanfaatkan teknologi sosial media ini GRATIS lho! YES Family dapat memilih aplikasi yang paling nyaman untuk Anda sesuai kesepakatan dengan apoteker kami.

YES! Silakan hubungi kontak kami untuk info lebih lanjut mengenai layanan TELEFARMASI!!

Say YES to a healthier you!

Salam sehat,

APOTEK YES FARMA

Jl. Mekar Wangi No. 2-B, Bandung

(022) 42825938

Whatsapp: 085759811288

www.apotekyesfarma.com

apotekyesfarma.bdg@gmail.com

FB, IG, Youtube : apotekyesfarma

Tokopedia.com/apotekyesfarma

Goapotik.com/penjual/apotek-142

Halodoc partner

MOSHealth partner

KlikDokter partner

GrabHealth / Good Doctor partner




Special thanks to :

Article → Friska Ayuningtyas

Editor → apt. Jessica Aryanti

31 views0 comments

Recent Posts

See All